Pengaruh Kompetensi Literasi Media Digital terhadap Penegakan Nilai Multikultural Generasi Milenial di Kabupaten Bulukumba

  • Muhammad Syahdarul Awal Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
    (ID)
  • Muliadi Mau Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
    (ID)
  • Arianto Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin
    (ID)

Abstract

Research is to determine the influence of Digital Media Literacy Competencies on the Enforcement of Multicultural Values of the Millennial Generation in Bulukumba Regency. The research was conducted using quantitative research. The population of this study is the millennial generation in Bulukumba Regency. Sample determination was carried out using a purportive cluster random sampling technique. The sample size was determined using the Slovin technique at an error rate of 1 percent. The results of the research reveal that the influence of media literacy skills on upholding the multicultural values of the millennial generation in Bulukumpa District, Bulukumba Regency is in the low category. From the results of the regression equation Y= 0.471 + 0.173X 1 + 0.233X 2 + 0.186X 3, the magnitude of the effect is 65.5%. This influence is categorized as low and is 34.5% influenced by other factors. Therefore, activities to increase the digital media literacy skills of the millennial generation must be carried out continuously.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Literasi Media Digital Terhadap Penegakan Nilai Multikultural Generasi Milenial di Kabupaten Bulukumba. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah generasi milenial di Kabupaten Bulukumba penetapan sampel dilakukan dengan dengan Teknik purporsif cluster random sampel. Besarnya sampel ditetapkn dengan Teknik slovin pada tingkat kesalahan 1 persen. Hasil penelian mengungkapan adanya pengaruh kemampuan literasi media terhadap penegakan nilai multikultural generasi milineal di Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba terkategori rendah. Dari hasil persamaan regresi Y= 0,471 + 0,173X1 + 0,233X2 + 0,186X3, besarnya pengaruhnya sebesar 65,5 %. Pengaruh tersebut dikategorikan rendah dan sebesar 34,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Oleh karena itu kegiatan peningkatan kemampua literasi media digital kepada generasi milineal harus dilakukan secara berkesinambungan.

References

Alfyonita, D., Nasionalita, K., Sos, S., Prodi, S., Komunikasi, I., & Komunikasi, F. (2019). Konstruksi Identitas Generasi Millennial Di Kota Bandung Dalam Media Sosial Instagram Identity Construction Of Millennial Generation In Bandung On Instagram. Openlibrary Telkom University (Issue Communication Science). Https://Openlibrary. Telkomuniversity. Ac. Id/Pustaka/147559/Konstruksi-Identitas-Generasi-Millennial-Di-Kota-Bandung-Dalam-Media-Sosial-Instagram. Html, 10(1).

Deal, J., Altman, D., & Rogerlberg, S. (2020). Millenials at work: what we know and whar we need to do (if Anything). Journal of Business & Psychology, 25(1), 191–199.

Deroo, M. (2021). Seeking truth about Muslims: Critical media literacies in an era of islamophobia. Journal of Media Literacy Education, 13(3), 49–61.

Djamal, S. M. (2017). Penerapan Nilai-nilai Ajaran Islam dalam Kehidupan Masyarakat di Desa Garuntungan Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Adabiyah, 17(2), 161–179.

Kementrian Agama, R. I. (2012). al-Quran dan Terjemahan. Kementerian Agama RI.

Kurnia, N., Nurhajati, L., & Astuti, I. S. (2020). Kolaborasi Lawan (Hoax) Covid 19: Kampanye, Riset dan Pengalaman Japelidi di Tengah Pandemi (1st ed.). Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM. https://www.lspr.edu/lppm/wp-content/uploads/2021/06/Ebook-KolaborasiJapelidi-LawanHoaksCOVID19-2020.pdf

Mahfud, C. (2013b). Pendidikan multikultural.

Nasionalita, K., & Nugroho, C. (2020). Indeks literasi digital generasi milenial di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 32–47.

Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 33–43.

Setiawan, A. R. (2020). Lembar kegiatan literasi saintifik untuk pembelajaran jarak jauh topik penyakit coronavirus 2019 (COVID-19). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 28–37.

Shihab, M. Q. (2007). Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an, cet. Jakarta: Lentera Hati.

Statistik, B. P. (2018). Statistik gender tematik: profil generasi milenial Indonesia. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, 171.

Tajibu, K. (2020). Pasang Ri Kajang in Developing Youth Character of Environmental Love in Tana Toa Kajang. Jurnal Adabiyah, 20(1), 131–152.

Tilaar, H. A. R., & Hapsari, S. D. (2004). Multikulturalisme: Tantangan-tantangan global masa depan dalam transformasi pendidikan nasional. Gramedia Widiasarana Indonesia (Grasindo).

Published
2024-05-01
How to Cite
Muhammad Syahdarul Awal, Mau, M., & Arianto, A. (2024). Pengaruh Kompetensi Literasi Media Digital terhadap Penegakan Nilai Multikultural Generasi Milenial di Kabupaten Bulukumba. Jurnal Diskursus Islam, 12(1), 15-23. https://doi.org/10.24252/jdi.v12i1.45500
Section
Artikel
Abstract viewed = 111 times