PEMBINAAN PERILAKU MODERASI BERAGAMA GURU PAI DAN KEPALA SEKOLAH SMA NEGERI 1 PASAR WAJO KABUPATEN BUTON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpisikan pembinaan perilaku moderasi beragama yang dilakukan oleh Guru PAI dan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pasarwajo Kabupaten Buton. Jenis penelitian yang digunakan adalah (field research) atau penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskripitif. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu fenomenologis, sosiologis, pedagogis. Sumber data terdapat dua yaitu primer dan sekunder. Adapun metode pengambilan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data, pengujian keabsahan data dan pengambilan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku moderasi beragama peserta didik di SMA Negeri 1 Pasarwajo Kabupaten Buton secara umum sangat baik dan telah memenuhi indikator moderasi beragama, hal ini dilihat dari: sikap toleransi peserta didik (saling menghargai dan menghormati perbedaan), sikap komitmen kebangsaan (cinta kepada tanah air), akomodatif budaya lokal (peserta didik aktif mengikuti kegiatan-kegiatan kebudayaan baik lokal maupun nasional), sikap anti kekerasan, (peserta didik tidak terlibat dalam pertikaian antara muslim dan non muslim, non muslim merasa aman dan nyaman bersekolah di SMA Negeri 1 Pasarwajo). Adapun strastrategi kepala sekolah dan guru PAI dalam membina perilaku moderasi beragama peserta didik SMA Negeri 1 Pasarwajo Kabupaten Buton, yaitu: kolaborasi (antar kepala sekolah, guru PAI dan guru mata pelajaran lain), integrasi nilai-nilai moderasi beragama (penyisipan nilai-nilai moderasi dalam pembelajaran PAI dan pelajaran lain), kegiatan ekstrakurikuler (menyelenggarakan kegiatan tentang moderasi beragama), penerapan metode dalam pembelajaran (metode ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, simulasi peran, dan memberi teladan tentang sikap yang moderat dalam beragama). Implikasi dari penelitian ialah penelitian ini dapat memberi dukungan sekaligus masukkan kepada kepala sekolah dan Guru PAI SMA Negeri 1 Pasarwajo untuk meningkatkan kolaborasi dan strategi serta metode dalam mebina perilaku moderasi beragama.
References
Fahri Muhammad, Zainuri Ahmad, “Moderasi Beragama di Indonesia”, Intizar . ISSN 1412-1697, e-ISSN 2477-3816 (Vol.25,No. 2, 2019).
Himawan Furqon Ulya, BBC News Indonsia (2019), https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-47801818, (diakses pada 14 september 2023).
Kamaruddin Amin. “Mengaopa Moderasi Beragama”, Kementrian Agama Republik Indonesia, kemenag.co.id (2023).
Kementerian Agama RI. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI 2019).
Mahmudi, “Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam Tinjauan Epistemologi, Isi, dan Materi”, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 2, No. 1, Mei 2019).
Rudi Ahmad Suryadi. “Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam”, Taklim (Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 20 No. 1 – 2022).
Suhendra Ryan Hadi. CNN Indonesia (2019). https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191117163821-32-449096/imparsial-temukan-31-kasus-intoleransi-selama-setahun, diakses pada 14 september 2023.
Syahroni Muhammad Irfan, Toriqularif Muhammad, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Islam, Jurnal Al-Musthafa , (ISSN: 2798-1800, Vol. 2 No. 1 Bulan September 2021).
INFORMAN
La Rahmani, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pasarwajo, Wawancara. 20 Januari 2024.
Muh. Qiran Al-Jafir. S, Peserta Didik SMA Negeri 1 Pasarwajo. Wawancara, 18 januari 2024.
Sahril Ramadhan, Guru PAI SMA Negeri 1 Pasarwajo, Wawancara. 18 Januari 2024.
Sahril Ramadhan, Guru PAI SMA Negeri 1 Pasarwajo, Wawancara. 18 Januari 2024.
Septian Toding Linggi Allo, Peserta Didik SMA Negeri 1 Pasarwajo, Wawancara, 22 Januari 2024.
Copyright (c) 2024 La Kaisar Andera, Syahruddin Usman, Muhammad Yahdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).