PERAN DOSEN WANITA UIN ALAUDDIN DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

  • Laela Safriani
    (ID)
  • Aisyah Kara
    (ID)
  • Kurniati Kurniati
    (ID)

Abstract

Tulisan ini akan mendeskripsikan peran dosen wanita UIN Alauddin Makassar dalam mewujudkan keluarga sakinah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan pandangan dosen wanita UIN Alauddin Makassar tentang keluarga sakinah dan kontribusinya dalam mewujudkan keluarga sakinah. Lokasi penelitian ini di UIN Alauddin Makassar. Sumber data diambil hasil wawancara dengan beberapa dosen wanita di UIN Alauddin Makassar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam bentuk peneliti sebagai instrumen utama, panduan wawancara, serta alat pendukung lainnya seperti kamera dan alat tulis. Teknik pengolahan data mulai pengumpulan data, reduksi data, mengatur data, dan memverifikasi data. Uji validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dosen wanita UIN Alauddin Makassar memandang keluarga sakinah sebagai sebuah keluarga yang bukan saja telah mapan secara rohani, ekonomi, dan sosial, melainkan juga telah mampu berkontribusi terhadap lingkungan sekitar bahkan masyarakat. Hal ini sejalan dengan konsep keluarga sakinah III plus menurut Kementerian Agama.Hambatan dalam usaha mempertahankan kesakinahan rumah tangga yaitu terbatasnya waktu untuk berkumpul bersama keluarga, dan kesibukan atau padatnya jam kerja diluar rumah, dan kedua hal ini saling berkaitan satu sama lain. Guna mengatasi hambatan tersebut para dosen wanita UIN Alauddin Makassar memilih untuk bersikap positif dan memanfaatkan secara maksimal waktu yang ada untuk keluarga, dan senantiasa membangun komunikasi dengan keluarga baik itu di dalam rumah maupun di luar rumah. Kontribusi dosen wanita UIN Alauddin Makassar terhadap pembentukan keluarga sakinah melalui empat aspek, yakni aspek agama, ekonomi, sosial, dan psikologis. Kontribusi mereka di aspek agama ditunjukkan melalui keterlibatan mereka dalam kegiatan-kegiatan agamis di dalam rumah tangga. Di aspek ekonomi, kontribusi mereka sangat nyata karena mereka telah menjadi salah satu pilar ekonomi rumah tangga. Di aspek sosial, mereka telah berhasil menaikkan status sosial rumah tangga dengan profesi mereka sebagai pendidik. Di aspek psikologis, segala konsekuensi positif dari profesi mereka sebagai pendidik telah membebaskan rumah tangga mereka dari perasaan inferior (minder) dan menghadirkan rasa bersyukur.

References

Albaki, Rohi Ba’. Kamus Al Mawarid Arab-Indonesia. Edisi Revisi. Beirut: Dār al ‘Ilm Limālayin, 1995.

al-Bukhari, Muhammad bin Ismail Abu Abdillah. Sahih al-Bukhari. Cet.I; t.t: Dār Tuq al-Najah, 1422 H.

Dachlan, Aisjah. Membina Rumah Tangga Bahagia dan Peranan Agama dalam Rumah Tangga. Jakarta: Jamum, 2004.

Dahlan, Abdul Aziz. Enslikopedia Hukum Islam, Edisi IV. Cet. I; Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeven, 1996.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi IV. Cet. I; Jakarta: Gramedia Pustaka Utama , 2008.

Ensiklopedi Islam. Edisi 4. Jakarta:PT. Ichtiar Baru Van Hoeven.

Fanani, Bahrudin. Wanita Islam dan Gaya Hidup Modern. Jakarta: Pustaka Hidayah, 1993.

Kaur, Amrit. Kaum Perempuan dan Ketidakadilan sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Kementerian Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT.Adhi Aksara Abadi Indonesia, 2011.

Mubarok, Achmad. Psikologi Keluarga dari Keluarga Sakinah Hingga Keluarga Besar. Jakarta: Bina Rena Pariwara, 2005.

Mulyati, Sri. Relasi Suami Isteri dalam Rumah Tangga. Jakarta: PSW UIN Syarif Hidayatullah, 2004.

Munajat, Makhrus Study Islam di Perguruan Tinggi. Cet. I; Yogyakarta: Pesantren Nawesea Press, 2008.

Muri’ah, Siti. Nilai-nilai Pendidikan Islam dan Wanita Karier. Semarang: Rasail Media Group, 2011.

Scott, Chyntia D. et. Al., Take This Work and Love it. Menlo Park: Crisp Publications, 1997.

Shihab, M. Quraish. Perempuan. Jakarta: Lentera Hati,2006.

Steers, Richard M. and Lyman W. Porter. Motivation and Work Behavior. New York: Mc. Graw Hill Inc, tth.

Surya, Muhammad. Bina Keluarga. Semarang: Aneka Ilmu, 2003.

Taman, Muslich dan Aniq Faridah, 30 Pilar Keluarga Samara Kado Membentuk Keluarga Sakinah Mawaddah wa Rahmah. Jakarta: Pustaka Al Kautsar, 2007.

Sumber Wawancara

Andi Rasdiyanah, Mantan Rektor UIN Alauddin.

Nila Sastrawati, ketua Jurusan Hukum Pidana dan Ketatanegaraan

Ramsiah Tasruddin, Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi FDK

Nirwana, Ketua Jurusan/Dosen Fakultas Usuluddin UIN Alauddin Makassar.

Ismawati, Sekjur/Dosen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.

Sitti Aisyah Chalik, Lektor/Dosen, Fakultas Tarbiyah UIN Alauddin Makassar.

Kamsinah, Ketua Jurusan PBI, Fakultas Tarbiyah UIN Alauddin Makassar.

Rusnawati, Dosen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.

Published
2016-08-30
How to Cite
Safriani, L., Kara, A., & Kurniati, K. (2016). PERAN DOSEN WANITA UIN ALAUDDIN DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Jurnal Diskursus Islam, 4(2), 271-284. https://doi.org/10.24252/jdi.v4i2.7383
Section
Artikel
Abstract viewed = 563 times