PENGARUH PENERAPAN METODE READING ALOUD TERHADAPKETERAMPILAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI MAMAJANG 1 KOTA MAKASSAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh penerapan metode reading aloud terhadap
keterampilan membaca peserta didik kelas III SD Negeri Mamajang I Kota Makassar. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode reading aloud terhadap keterampilan
membaca peserta didik sebelum dan setelah diajar dengan metode reading aloud dan
pengaruh penerapan metode reading aloud terhadap keterampilan membaca peserta didik
kelas III SD Negeri Mamajang I Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah Untuk
mengetahui keterampilan membaca peserta didik sebelum penerapan metode reading aloud
kelas III SD Negeri Mamajang I Kota Makassar. Penelitian pre-eksperimen ini menggunakan
desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas III SD Negeri Mamajang I Kota Makassar yang berjumlah 29
peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh.
Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes membaca, dan lembaran
observasi. Teknik analisis data yang digunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh keterampilan membaca peserta didik setelah
diajar dengan metode reading aloud
Article Details
References
Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan
(Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan
R&B). Bandung: Alfabeta.
Susanto. 2013. Teori Pelajar Pembelajaran.
Jakarta: Kencana.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20
Tahun 2003.
Ustianingsih & Riwayanti. 2016. Pengaruh
Metode Reading Aloud terhadap
Kemampuan Membaca Pemahaman
Mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang”,
Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. 3 (2).