STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MELAKSANAKAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BATANG HARI

  • Amrizal Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batang Hari, Indonesia
    (ID)
  • Sukatin Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batang Hari, Indonesia
    (ID)
  • Zahratul Afiyah Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batang Hari, Indonesia
    (ID)
  • Sadratul Hikmah Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batang Hari, Indonesia
    (ID)
  • Julia Fitri Institut Agama Islam (IAI) Nusantara Batang Hari, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Strategi, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah, Sistem Penjaminan Mutu Internal

Abstrak

Tulisan ini dibuat untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam melaksanakan sistem penjaminan mutu internal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah, wakil kepala sekolah, dan tenaga pendidik. Strategi yang dilakukan kepala madrasah dalam pemetaan mutu adalah membuat dokumen evaluasi diri sekolah melalui perencanaan pemenuhan mutu diantaranya membangun visi, misi, rencana kerja madrasah, mensosialisasikan kepada stakeholder, membentuk lembaga tim penjaminan mutu. Strategi yang dilakukan Kepala Madrasah dalam pelaksanaan rencana pemenuhan mutu dengan mengimplementasikan rencana kerja madrasah dan pelaksanaan evaluasi dilakukan dengan memonitoring dan mengevaluasi secara berkala seperti pertiga bulan, semester, dan pertahun serta berkelanjutan. Strategi dalam menetapkan standar mutu baru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Batang Hari adalah dengan meningkatkan kualitas SDM, kualitas lulusan, serta kualitas sarana dan prasarana. Dengan adanya sistem penjaminan mutu internal di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 diharapkan dapat tercapainya tujuan sistem pendidikan nasional.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ano Suharna. (2016). Evaluasi Pendidikan dalam Perspektif Islam. Jurnal Qathruna, 3(2), 49–68.

Apandi, I. (2019). Kepala Sekolah Kreatif dan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Samudra Biru.

Apandi, I. (2020). Pesan-Pesan untuk Nadiem Makarim Sumbangsih Pemikiran Seorang Warga Negara dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Samudra Biru.

Asmani, J. M. (2012). Tips Aplikasi Manajemen Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Bahri, A. F., Yuliana, Putra, E., Lubis, A. H. A. A., Ginting, N. S. B., Ulwan, M. N., … Utami, S. R. R. (2023). Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan Madrasah. Medan: UMSU Press.

Dono, B. E. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa. Bogor: Guepedia Publisher.

Fatah, N. (2012). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hidayatuloh, D. (2022). Model SPMI DANI Berbasis Employability Skills. Bandung: Indonesia Emas Group.

Januar, S. (2021). Pemetaan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 Studi Komparatif: Status & Jenjang Pendidikan. Samarinda: Gunawana Lestari.

Januar, S. (2022). Mutu Pendidikan. Samarinda: Gunawana Lestari.

Masyitoh, M. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan Perspektif QS. Ar-Ra’du Ayat 11 Dan Impelemtasinya Dalam Pengelolaan Madrasah. JUMPA: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 40–50.

Pancaningrum, E., & Sari, D. P. (2014). Strategi Pencapaian Standar Mutu dan Pengaruhnya terhadap Hasil Penjualan di Pasar Eropa. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 16(1), 47–54. https://doi.org/10.9744/jmk.16.1.47-54

Peraturan Pemerintah. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Retrieved from www.regulasip.id website: https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Permendikbudristek. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 28 tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved from peraturan.go.id website: https://peraturanpedia.id/peraturan-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan-nomor-28-tahun-2016/

Permendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Evaluasi Sistem Pendidikan. Retrieved from peraturan.go.id website: https://peraturan.go.id/id/permendikbudristek-no-9-tahun-2022

Rahminawati, N. (2021). Sistem Penjaminan Mutu Internal dalam Peningkatan Kualitas Sekolah Dasar. JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(3), 212–219. https://doi.org/10.17977/um027v4i32021p212

Rozi H., N., Syafria, Buyung, & Asmarni, T. (2023). Manajemen Strategi dan Mutu Pendidikan Islam. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Sani R., A., & A, M. (2017). Best Practices: Pengelolaan dan Pengawasan Sekolah. Tangerang: Tira Smart.

Siswopranoto, M. F. (2022). Standar Mutu Pendidikan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v6i1.372

Suryadi, A. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Sukabumi: Jejak Publisher.

Utomo. (2021). Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan. Sukabumi: Nusa Putra Press.

Wildani. (2022). Perencanaan Satuan Pendidikan Madrasah. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Diterbitkan
2024-01-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 89 times