English
Abstrak
Di zaman modern seperti sekarang, orang berkompetisi untuk mempercantik diri karena hal ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap wanita. Bahkan kondisi ini berlaku juga pada pria. Selain karena alasan pribadi seperti mempercantik diri, pertimbangan lain karena pekerjaan yang menuntut sseorang untuk berpenampilan menarik. Saat ini, banyak produk kecantikan yang diproduksi dan mudah di dapatkan dari pasar online maupun offline. Untuk mempromosikan produk mereka, setiap perusahaan membutuhkan teknik pemasaran tertentu untuk menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya bahasa yang digunakan beberapa iklan dari produk kecantikan asal Indonesia dalam memasarkan brand-nya. Ada total 10 iklan dari 5 brand produk kecantikan asal Indonesia yang diinvesitigasi dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan note-taking sebagai instrumen dan menerapkan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari beberapa gaya bahasa yang terdapat dalam iklan tersebut, gaya bahasa hiperbola paling banyak ditemukan dengan 33 kali kemunculan. Hiperbola adalah jenis kiasan yang mengandung dampak melalui penggunaan, atau bahkan pengulangan yang berlebihan yang disengaja. Gaya bahasa ini seringkali dengan berani melebih-lebihkan klaim untuk menekankan sesuatu. Oleh karena itu, sebagian besar merk kecantikan lokal yang diteliti dalam penelitian ini menggunakan teknik hiperbolik untuk mengiklankan produknya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Asher, R. E. (1994). The Encyclopedia of Language and Linguistics. Oxford: Pergamon Press.
Chaika, E. (1982). Language The Society Mirror. Massachusetts: New House Publisher.
Djubair, Rahmat Aidil. 2022. "Relationship of AIDA Model towards Data Analytics Capabilities, Marketing Strategies and Digital Marketing Performance on Small and Medium Enterprises (S.M.E.s)." International Journal of Social Science and Education Research Studies 02(10):559–64. doi: 10.55677/ijssers/v02i10y2022-07.
Dwi, Ananda, Putri Caesary, L. A. Sunra, and Yunitari Mustikawati. 2022. “LANGUAGE STYLE AT ADVERTISEMENT IN CNN Journal of English Literature and Linguistic Studies.” 1(1):1–12.
Gaw, W. .. 1961. Advertising: Methods and Media. San Fransisco: Advertisement Worth.
Hanindo. 2022. “Pilihan Platform Terbaik Untuk Advertising Lebih On Point.” PT Hanindo Mitra Lestari. Retrieved May 25, 2023 (https://www.hanindo.co.id/post/pilihan-platform-terbaik-untuk-advertising-lebih-on-point).
Indra and Hamzah. (2018). "E-Journal of English Language & Literature AN ANALYSIS OF LANGUAGE STYLE OF TEENAGERS FOUND IN FACEBOOK STATUS." E-Journal of English Language and Literature 7(1):98–105.
Jamil, Resa Ferara, and Nasrum. 2018. “Language Style Used in J . K. Rowling’s Harry Potter.” Elite Journal 05(02):190–200.
Keraf, Gorys. 2008. Diksi Dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, P. (1997). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall International, Ltd.
Lambert, V.A., & Lambert, C. E. 2012. “Qualitative Descriptive Research: An Acceptable Design.” Pacific Rim International Journal of Nursing Research 16(4):255–56.
Leech, G. N., & Short, M. H. (1981). Style in Fiction. London: Longman.
Nurgiyantoro, B. 2009. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.
Permatasari, Sonia Niken, and Made Frida Yulia. 2016. "An Analysis of the Language Style of the Utterances in Magnum Advertisements." L.L.T. Journal: A Journal on Language and Language Teaching 16(1):31–40. doi: 10.24071/llt.v16i1.280.
Public. 2020. "Global Digital Ad Trends 2020."
Rahayu, Nisi Nispi, and Aseptiana Parmawati. 2020. "The Analysis of Language Style and the Illocutionary Act Found in Teen Lit Novel ' The Perfect Husband' Written By Indah Riyana." PROJECT (Professional Journal of English Education) 3(3):408. doi 10.22460/project.v3i3.p408-413.
Ramdhani, Muhammad Iqbal, Yanti Purnama Sari, and Shynta Amalia. 2020. “Available Online at : Http://Ijer.Ftk.Uinjambi.Ac.Id/Index.Php/Ijer Language Style in ‘ What A Girl Wants ’ Movie Available Online at : Http://Ijer.Ftk.Uinjambi.Ac.Id/Index.Php/Ijer.” 5(2):75–79.
Ratnawati, Ratnawati, Rosmiaty Rosmiaty, and Nurfaizah Nurfaizah. 2021. “Exploring Language Style in Makassar Cultural Tourism.” E.L.T. Worldwide: Journal of English Language Teaching 8(1):18. doi: 10.26858/eltww.v8i1.20272.
Robinson, R. S. (2014). "Purposive Sampling." Pp. 5243–45 in Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research, edited by A. C. Michalos. Dordrecht: Springer Netherlands.
Salsabila, Lilian, and Pradnya Permanasari. 2022. “An Analysis of Language Style Used in ‘The Princess Switch’ Movie and Its Implications in Teaching Speaking.” Jurnal Lingua Idea 13(1):37. doi: 10.20884/1.jli.2022.13.1.5700.
Syukri, Masyitah, Herawati, and Sukmawaty. 2019. “Gaya Bahasa Fitzgerald Dalam The Great Gatsby.” Jurnal Ilmu Budaya 7(2):223–30.
Tarigan, H. .. 1985. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Team, CFI. 2023. “AIDA Model The Attention, Interest, Desire, and Action Model in Advertising.” Corporate Finance Institute. Retrieved (https://corporatefinanceinstitute.com/resources/management/aida-model-marketing/).
Telkomsel DigiAds. (2021). "Digital Advertising Indonesia 2020 Is Still Growing Rapidly." Https://Digiads.Id/. Retrieved (https://digiads.id/en/digital-advertising-indonesia-2020-masih-berkembang-pesat).
Wang, B., & Becky Loo. (2019). "The Hierarchy of Cities in Internet News Media and Internet Search: Some Insights from China." Cities 84:121–33. doi 10.1016/j.cities.2018.07.013.
Weilbacher, W. M. 1984. Advertising. 2nd ed. New York: Macmillan Publishing.
Wuwur, Fransiska Inapaska. 2021. “Language Style Used By Katy Perry and the Hosts in Exclusive Interview on Tonight Show.” Jurnal Ilmiah Spectral 7(2):63–74. doi 10.47255/spectral.v7i2.74.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Once an article was published in the journal, the author(s) are:
granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship.
permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work.
continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA 4.0 license
receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.