STUDENT'S RECEPTION TOWARD SHAKESPEARE’S SELECTED CONTEMPORARY PLAYS
Abstrak
Resepsi sastra adalah genre sastra yang mengkaji teks sastra dengan mempertimbangkan pembaca sebagai pemberi sambutan atau tanggapan. Peneliti memilih untuk menganalisis resepsi sastra dalam lakon Shakespeare yaitu “Romeo and Juliet” dan “Macbeth” sebagai sumber data yang menarik untuk dikaji dan dianalisis lebih dalam karena sulitnya pembaca dalam menanggapi sebuah karya sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan pembaca terhadap dua lakon karya Shakespeare. Sumber data penelitian ini adalah teks respon pembaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori Resepsi dari Iser dengan instrumen berupa studi dokumentasi dan observasi karena penelitian ini ditinjau dengan mencatat dan menandai bagian-bagian yang dianggap penting dan bermanfaat bagi pembaca. Berdasarkan hasil penelitian ini, terlihat jelas adanya respon pembaca dalam drama-drama karya Shakespeare. Kemudian hasil penelitian berupa angket berisi sembilan pertanyaan dengan jawaban atau tanggapan yang sangat baik dalam membawakan kedua drama karya Shakespeare.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Estetik Wolfgang Iser. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.29240/estetik.v2i01.677
Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. 2017.
Azmi, M. N. L. (2015). East Meets West: The Reader Response Theory in Thriller Fictions. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 174. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.626
Endraswara, S. (2021). Posthumanisme Pembelajaran Sastra Alternatif. Jurnal Pembelajaran Sastra, 2(02). https://doi.org/10.51543/hiskimalang.v2i02.41
Esser, B., Raskatov, J. A., & Gleiter, R. (2007). DFT calculations on [6.8] cyclacenes and CpCo-capped [4.8] cyclacenes. Organic Letters, 9(20). https://doi.org/10.1021/ol701763b
Hidayat, A. (2012). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(February).
Iser, W. (1978). The Act of Reading: A Theory of Aesthetic Response.
Lestari, D. (2019). Literary Reception Analysis Rajaa’s Against Banat Ar Riyadh Alsanea. IAIN Salatiga.
Lestari, R. (2017). Literary Reception Analysis Novel Hafalan Shalat of Delisa By Tere Liye. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Marjuni, N., Bungawati, A., & Kunci, K. (n.d.). The Perception of Makassar’s Teenagers Toward Korean Drama And Music (Case Study on Makassar Korean Lovers Community).
Miller, J. E., & Rosenblatt, L. M. (1980). The Reader, the Text, the Poem: The Transactional Theory of the Literary Work. The English Journal, 69(3). https://doi.org/10.2307/816013
Muin, Abd., Rauf, Masykur., Hidayat, A. Nur. (2016). The Onomatopeia in Robert Vendetti’s Comic “The Flash.” Elite: English and Literature Journal, 3, 74–88.
Pradopo, R. D. (1994). Prinsip-Prinsip kritik Sastra. Cet. V.
Pradopo, R. D. (1999). Semiotika: Teori, Metode, Dan Penerapannya Dalam Pemaknaan Sastra. Jurnal Humaniora, Vol.11 No.
Ratna, N. K. (2009). Stilistika: Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. In Stilistika : Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya.
Rauf, M. (2017a). Polite Expressions Used by Teachers in Teaching English in The Classroom. English and Literature Journal (Elite Journal), 2(Polite Expression in Teaching Learning Process), 139–157.
Rauf, M. (2017b). Polite Expressions Used by Teachers in Teaching English in The Classroom. English and Literature Journal (Elite Journal).
Suarnaningsih, R., & Junaid, S. (2020). Audience Response to Racism in Hidden Figures Movie. In The Audience Response of Racism Elite Journal (Vol. 7, Issue 1).
Sudjana, N. (2012). Teknik Penentuan Populasi dan Sampel. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2018). Sampel Arikunto. Hilos Tensados, 1.
Tambunan, D. A. (2020). Analysis of Literary Receptions of Film Ajari Aku Islam. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Once an article was published in the journal, the author(s) are:
granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship.
permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work.
continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA 4.0 license
receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.