Genre_Based SFL Analysis of Academic Writing in English: Investigating Linguistic Features and Genre Conventions in Student's Essay
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis berbasis genre dan linguistic sistemik fungsional (SFL) terhadap penulisan akademik di perguruan tinggi, dengan fokus pada fitur linguistik dan konvensi genre dalam esai mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian kualitatif. Secara khusus, studi menggunakan desain penelitian studi kasus, di mana fokusnya adalah pada satu kasus terbatas (dalam hal ini, esai mahasiswa dalam penulisan akademik di perguruan tinggi). Metode penelitian melibatkan pengumpulan dan analisis data melalui pemeriksaan sistematis dan terperinci dari fitur linguistik dan konvensi genre dari esai mahasiswa yang difokuskan pada bagaimana mahasiswa membangun koherensi dan koherensi dalam penulisan akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan berbasis genre untuk menyelidiki bagaimana mahasiswa menggunakan bahasa untuk mencapai tujuan komunikasi dalam penulisan akademik. Studi ini menggunakan data korpus dari esai mahasiswa untuk mengeksplorasi pola dan struktur wacana akademik dalam berbagai genre, serta mengidentifikasi fitur linguistik dan koherensi dan koherensi yang membedakan setiap genre dan peneliti menerapkan wawancara kepada mahasiswa dengan enam pertanyaan terkait dengan penelitian utama. Hasil studi menunjukkan bahwa penulisan akademik di perguruan tinggi ditandai oleh sejumlah fitur linguistik khas dalam setiap genre, yang mencerminkan konvensi dan harapan yang berbeda dalam berbagai genre akademik. Studi ini memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang bagaimana mahasiswa menggunakan bahasa untuk menyampaikan ide dan argumen mereka dalam berbagai genre akademik, serta memberikan wawasan tentang fitur linguistik dan koherensi dan koherensi penulisan yang penting untuk penulisan akademik yang berhasil di perguruan tinggi.
Kata Kunci: SFL, Fitur Linguistik, kepaduan dan kohesi, Esai.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Accurso, K., & Gebhard, M. (2020). SFL praxis in the U.S. teacher education: a critical literature review. Language and Education, 0(0), 1–21. https://doi.org/10.1080/09500782.2020.1781880
Accurso, K., & Levasseur, J. (2022). Building Science Teacher Disciplinary Linguistic Knowledge with SFL (Issue November). Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-19-5351-4_5
Basmenj, H. B. (2020). Development of graduate students ’ academic writing abilities through genre-based instruction.
Cahyono, S. P. (2018). Teaching L2 writing through the use of Systemic Functional Linguistics (SFL). Indonesian JELT: Indonesian Journal of English Language Teaching, 13(1), 53–72. https://doi.org/10.25170/ijelt.v13i1.1450
CHEN, F. (2021). Exploring Students’ Perceptions and Attitudes towards Genre-based Pedagogy Developed in Persuasive Writing Teaching: The Systemic Functional Linguistics Perspective. Arab World English Journal, 12(4), 243–258. https://doi.org/10.24093/awej/vol12no4.17
Fitriana, W. (2021). Indonesian Journal of Functional Linguistics AN ANALYSIS OF STUDENT’S LITERARY RESPONSE TEXT USING SFL. Indonesian Journal of Functional Linguistics, 1(2), 99–108. https://doi.org/10.17509/ijsfl.v1i2.43980
Gardner, S. (2012). Genres and registers of student report writing: An SFL perspective on texts and practices. Journal of English for Academic Purposes, 11(1), 52–63. https://doi.org/10.1016/j.jeap.2011.11.002
Gebhard, M., Chen, I. A., & Britton, L. (2014). “Miss, nominalization is a nominalization:” English language learners’ use of SFL metalanguage and their literacy practices. Linguistics and Education, 26(1), 106–125. https://doi.org/10.1016/j.linged.2014.01.003
Kadwa, M. S., & Alshenqeeti, H. (2020). International Journal of Linguistics, Literature and Translation (IJLLT) The Impact of Students’ Proficiency in English on Science Courses in a Foundation Year Program. International Journal of Linguistics, Literature and Translation (IJLLT), 3(11), 55–67. https://doi.org/10.32996/ijllt
Kim, M. J. (2016). Metacognitive Genre Awareness as Cognitive Tool for Improving Expository Essay in EFL : Using SFL Genre Based Instruction. 1–78.
Moore, J. (2019). Choice and constraint: Using SFL genre theory to teach primary-grade students to write arguments about literature. Journal of Writing Research, 10(3), 429–464. https://doi.org/10.17239/jowr-2019.10.03.02
Risdianto, F., & Maret, U. S. (2022). Vol 11, No 2 (2018): REGISTER JOURNAL. 11(2).
Rodliyah, R. S., & Liani, A. E. (2022). SFL analysis: An investigation of students’ use of cohesive devices in exposition text. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 12(1), 243–254. https://doi.org/10.17509/ijal.v12i1.46596
Zhang, T., & Zhang, L. J. (2021). Taking stock of a genre-based pedagogy: Sustaining the development of efl students’ knowledge of the elements in argumentation and writing improvement. Sustainability (Switzerland), 13(21). https://doi.org/10.3390/su132111616
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Once an article was published in the journal, the author(s) are:
granted to the journal right licensed under Creative Commons License Attribution that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship.
permitted to publish their work online in third parties as it can lead wider dissemination of the work.
continue to be the copyright owner and allow the journal to publish the article with the CC BY-NC-SA 4.0 license
receiving a DOI (Digital Object Identifier) of the work.