Genre_Based SFL Analysis of Academic Writing in English: Investigating Linguistic Features and Genre Conventions in Student's Essay

  • Mutakhirani Mustafa IAIN Syekh Nurjati Cirebon
    (ID)
  • Syihabuddin Education University of Indonesia
    (ID)
  • Irma Syahriani ITEB Bina Adinata
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis berbasis genre dan linguistic sistemik fungsional (SFL) terhadap penulisan akademik di perguruan tinggi, dengan fokus pada fitur linguistik dan konvensi genre dalam esai mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian kualitatif. Secara khusus, studi menggunakan desain penelitian studi kasus, di mana fokusnya adalah pada satu kasus terbatas (dalam hal ini, esai mahasiswa dalam penulisan akademik di perguruan tinggi). Metode penelitian melibatkan pengumpulan dan analisis data melalui pemeriksaan sistematis dan terperinci dari fitur linguistik dan konvensi genre dari esai mahasiswa yang difokuskan pada bagaimana mahasiswa membangun koherensi dan koherensi dalam penulisan akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan berbasis genre untuk menyelidiki bagaimana mahasiswa menggunakan bahasa untuk mencapai tujuan komunikasi dalam penulisan akademik. Studi ini menggunakan data korpus dari esai mahasiswa untuk mengeksplorasi pola dan struktur wacana akademik dalam berbagai genre, serta mengidentifikasi fitur linguistik dan koherensi dan koherensi yang membedakan setiap genre dan peneliti menerapkan wawancara kepada mahasiswa dengan enam pertanyaan terkait dengan penelitian utama. Hasil studi menunjukkan bahwa penulisan akademik di perguruan tinggi ditandai oleh sejumlah fitur linguistik khas dalam setiap genre, yang mencerminkan konvensi dan harapan yang berbeda dalam berbagai genre akademik. Studi ini memberikan kontribusi pada pemahaman kita tentang bagaimana mahasiswa menggunakan bahasa untuk menyampaikan ide dan argumen mereka dalam berbagai genre akademik, serta memberikan wawasan tentang fitur linguistik dan koherensi dan koherensi penulisan yang penting untuk penulisan akademik yang berhasil di perguruan tinggi.

Kata Kunci: SFL, Fitur Linguistik, kepaduan dan kohesi, Esai.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Accurso, K., & Gebhard, M. (2020). SFL praxis in the U.S. teacher education: a critical literature review. Language and Education, 0(0), 1–21. https://doi.org/10.1080/09500782.2020.1781880

Accurso, K., & Levasseur, J. (2022). Building Science Teacher Disciplinary Linguistic Knowledge with SFL (Issue November). Springer Nature Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-19-5351-4_5

Basmenj, H. B. (2020). Development of graduate students ’ academic writing abilities through genre-based instruction.

Cahyono, S. P. (2018). Teaching L2 writing through the use of Systemic Functional Linguistics (SFL). Indonesian JELT: Indonesian Journal of English Language Teaching, 13(1), 53–72. https://doi.org/10.25170/ijelt.v13i1.1450

CHEN, F. (2021). Exploring Students’ Perceptions and Attitudes towards Genre-based Pedagogy Developed in Persuasive Writing Teaching: The Systemic Functional Linguistics Perspective. Arab World English Journal, 12(4), 243–258. https://doi.org/10.24093/awej/vol12no4.17

Fitriana, W. (2021). Indonesian Journal of Functional Linguistics AN ANALYSIS OF STUDENT’S LITERARY RESPONSE TEXT USING SFL. Indonesian Journal of Functional Linguistics, 1(2), 99–108. https://doi.org/10.17509/ijsfl.v1i2.43980

Gardner, S. (2012). Genres and registers of student report writing: An SFL perspective on texts and practices. Journal of English for Academic Purposes, 11(1), 52–63. https://doi.org/10.1016/j.jeap.2011.11.002

Gebhard, M., Chen, I. A., & Britton, L. (2014). “Miss, nominalization is a nominalization:” English language learners’ use of SFL metalanguage and their literacy practices. Linguistics and Education, 26(1), 106–125. https://doi.org/10.1016/j.linged.2014.01.003

Kadwa, M. S., & Alshenqeeti, H. (2020). International Journal of Linguistics, Literature and Translation (IJLLT) The Impact of Students’ Proficiency in English on Science Courses in a Foundation Year Program. International Journal of Linguistics, Literature and Translation (IJLLT), 3(11), 55–67. https://doi.org/10.32996/ijllt

Kim, M. J. (2016). Metacognitive Genre Awareness as Cognitive Tool for Improving Expository Essay in EFL : Using SFL Genre Based Instruction. 1–78.

Moore, J. (2019). Choice and constraint: Using SFL genre theory to teach primary-grade students to write arguments about literature. Journal of Writing Research, 10(3), 429–464. https://doi.org/10.17239/jowr-2019.10.03.02

Risdianto, F., & Maret, U. S. (2022). Vol 11, No 2 (2018): REGISTER JOURNAL. 11(2).

Rodliyah, R. S., & Liani, A. E. (2022). SFL analysis: An investigation of students’ use of cohesive devices in exposition text. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 12(1), 243–254. https://doi.org/10.17509/ijal.v12i1.46596

Zhang, T., & Zhang, L. J. (2021). Taking stock of a genre-based pedagogy: Sustaining the development of efl students’ knowledge of the elements in argumentation and writing improvement. Sustainability (Switzerland), 13(21). https://doi.org/10.3390/su132111616

Diterbitkan
2023-06-24
Abstrak viewed = 541 times