Analisis Kesalahan Penggunaan Simple Past Tense dalam Cerita Pendek oleh Siswa Bahasa Asing

  • Faras Seruni Lampung University
    (ID)

Abstrak

Tenses adalah elemen penting dalam bahasa Inggris. Dalam menulis atau mengucapkan kalimat dalam bahasa Inggris, siswa harus mempertimbangkan jenis tenses apa yang akan digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa kelas XI dalam menulis cerpen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini tes tertulis. Penelitian deskriptif kualitatif melibatkan tiga puluh satu siswa kelas sebelas Sekolah Menengah Atas. Untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa, peneliti menggunakan tes tertulis dan kemudian dianalisis secara kualitatif. Terdapat seratus dua puluh delapan kesalahan yang dilakukan oleh siswa dan ditemukan tujuh jenis kesalahan penghilangan, enam belas kesalahan untuk jenis penjumlahan, seratus kesalahan yang dilakukan pada salah formasi dan lima kesalahan pada salah susun. Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa membuat kesalahan dalam jenis misformation dan siswa memiliki kesadaran yang rendah dalam menggunakan kata kerja pada simple past tense saat menulis cerita pendek.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Agustina, D. (2013). STUDENTS’ BASIC PROBLEMS IN LEARNING ENGLISH: MASTERING VOCABULARY AND GRAMMAR. Vidya Karya, 28(1).

Brown, H. Douglas. (1980). Principles of Language Learning and Teaching. Prentice-Hall Inc.

Burns, N., & Grove, S. K. (2003). Understanding_Nursing_Research. Saunders.

Fadzilyna. (2013). Errors in Using the Past Tense Made by 8th Graders of MTsN Model Trenggalek. Universitas Negeri Malang.

Fitria, T. N. (2021). Grammatical Error Analysis of English Abstracts Translation in Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam (JIEI) Journal. LITE: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 17(2), 117–126. https://doi.org/10.33633/lite.v17i2.5050

Halim, S. (2018). The Ability of Student in Mastering Simple Past Tense at Politeknik Negeri Ujung Pandang Politeknik Negeri Ujung Pandang IDEAS Journal of Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature. 6(2), 107–113.

Hasibuan, A., & Simatupang, T. M. (2018). STUDENTS’ ERRORS IN USING LEXICOGRAMMATICAL FEATURES IN WRITING RECOUNT TEXT (A Study at the X Grade Students of SMA Negeri 4 Padangsidimpuan 2016/2017 Academic Year). Elite : English and Literature Journal, 5(1), 22–34. https://doi.org/10.24252/elite.v5i1a3

Hutauruk, B. S., Sinaga, Y. K., & Sitinjak, G. (2022). TLEMC (TEACHING & LEARNING ENGLISH IN MULTICULTURAL CONTEXTS) ERROR ANALYSIS OF THE STUDENTS IN WRITING A RECOUNT TEXT (A CASE STUDY AT GRADE III IN ENGLISH DEPARTMENT UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN). 6(1). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/tlemc/index

Iftanti, E. (2016). IMPROVING STUDENTS’ WRITING SKILLS THROUGH WRITING JOURNAL ARTICLES. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 8(1), 1–14. https://doi.org/10.21274/ls.2016.8.1.1-14

Ikan, J., No, T., Banyuwangi, K., Java, E., & Rahmatika, C. A. (2018). A Content Analysis On the Quality of Short Stories in Short Stories For Children’s Published By Children’s Book Trust. http://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/lunar

Ilmiah, I. (2017). AN ANALYSIS OF GRAMATICAL ERROR IN WRITING RECOUNT TEXT. Elite : English and Literature Journal, 3(1), 9–20. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/elite/article/view/3390

James, C. (2013). Errors in Language Learning and Use: Exploring Error Analysis. Routledge.

Lubis, R. F. (2014). Simple Past Tense In Recount Text........Rayendriani Fahmei Lubis 33 SIMPLE PAST TENSE IN RECOUNT TEXT (Vol. 01, Issue 01).

Makassar, S., & Febri Indriani, D. (2019). AN ERROR ANALYSIS OF WORD ORDER USED IN SHORT STORY MADE BY THE TWELFTH GRADE STUDENTS AT SMA GUNUNG.

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosadakarya.

Nadya, M., & Muthalib, K. A. (2021). Error analysis of the students’ English written descriptive text. English Education Journal, 12(2), 196–217. https://doi.org/10.24815/eej.v12i2.19552

Napratilora, M., & Yanti, S. (2019). TENSES UNDERSTANDING IN USING THE ENGLISH LANGUAGE. EJI (English Journal of Indragiri) : Studies in Education, Literature, and Linguistics, 3(1), 29–38. https://doi.org/10.32520/eji.v3i1.466

Richards, Jack. C. (1974). Error Analysis: Perspectives on Second Language Acquisition. Longman.

Ruminar, H. (2018). EnJourMe (English Journal of Merdeka) : Culture, Language, and Teaching of English Grammatical Errors in ESP students’ Presentation across proficiency levels. In English Journal of Merdeka) : Culture, Language, and Teaching of English (Vol. 3, Issue 1).

Setiyadi, Ag. B. (2018). Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing. Graha Ilmu.

Siddiq, A. (2013). THE USE OF SEMANTIC MAPPING TECHNIQUE TO IMPROVE WRITING SKILLS IN THE DESCRIPTIVE TEXT.

Diterbitkan
2023-06-24
Abstrak viewed = 377 times