Media Pembelajaran Pengenalan Abjad di Taman Kanak-Kanak Kharisma

Main Article Content

Sukmawaty Sukmawaty
Abd. Munir S
Junaedy Junaedy

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah membuat media pembelajaran abjad berbentuk animasi yang lebih interaktif dan membuktikan bahwa media pembelajaran tersebut lebih interaktif dibandingkan dengan pengajaran manual pada umumnya. Untuk mendukung penelitian ini, maka digunakan software Adobe Flash yang dapat menghasilkan tampilan animasi yang interaktif bagi anak-anak dan didukung dengan bahasa pemograman Action Script untuk membangun sistem game ini. Metode pengujian, penulis menggunakan metode Black Box. Pengujian black box berkaitan dengan pengujian yang dilakukan pada interface perangkat lunak. Hasil dari penelitian ini, penulis telah berhasil membangun sebuah media pembelajaran interaktif yang dapat memudahkan dalam memperkenalkan abjad pada anak agar dapat membaca dengan mudah dan dengan mengimplementasikan software Adobe Flash penulis dapat membuat animasi yang interaktif dan dinamis, sehingga requirenment dalam penelitian ini terpenuhi.

Kata kunci: media pembelajaran interaktif, flash, pengenalan abjad

Abstract: Purpose of this study is to make learning the alfabet media more interactive animated form and prove that the media is more interactive learning than teaching manual in general. To support this research, the use of Adobe Flash software that can generate animated interactive display for children and supported by the programming language ActionScript to build this gaming system. Testing method, the authors use the Black Box. Black box testing deals with testing done on the software interface. The results of this study, the authors have managed to build an interactive learning media that can make it easier to introduce the alfabet to children in order to be able to read with ease and with implementing software Adobe Flash authors can create interactive animations and dynamic, so requirenment in this study fulfilled.

Keywords: interactive learning media, flash, introduction alfabet

Article Details

How to Cite
[1]
S. Sukmawaty, A. Munir S, and J. Junaedy, “Media Pembelajaran Pengenalan Abjad di Taman Kanak-Kanak Kharisma”, INSYPRO, vol. 3, no. 1, May 2018.
Section
Vol. 3, No. 1

References

Asolihin. 2013. Cara Belajar Membaca dan Menulis dengan Bermain untuk Anak PAUD dan TK. Retrieved from https://paud-anakbermainbelajar.blogspot. com/2014/01/cara-belajar-membaca-dan-menulis-dengan.html
Pranowo, G. 2011. Pengertian Media Pembelajaran. Kreasi animasi interaktif dengan ActionScript 3.0 pada Flash CS5. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sadiman, Arief dkk. (2009). Media Pendidikan : Pengertian, Pegembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sunyoto, A. 2010. Adobe Flash = Rich Multimedia Application. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tebuwung, Aini. 2013. Tahapan Perkembangan Membaca Pada Anak Usia Dini. Retrieved from http://khurotulaini.guru-indonesia.net/artikeldetail-41351.html
Wahana Komputer. 2010. ShortCourse Adobe Flash CS4. Yogyakarta: Penerbit Andi.