RANCANG BANGUN APLIKASI E-PRAKERIN PADA SMKN 3 LUWU BERBASIS WEB

Isi Artikel Utama

Ulva Ulva
Rosmiati Rosmiati
Sukmawati Sukmawati

Abstrak

Abstrak – Teknologi informasi yang berkembang begitu pesat menuntut semua bidang dalam kehidupan manusia memanfaatkan teknologi untuk membantu kegiatan sehari-hari manusia. Begitupun dengan bidang pendidikan harus mengikuti momentum perkembangan era penggunaan teknologi yang semakin maju yang akan memberikan kemudahan bagi semua pihak. SMKN 3 Luwu merupakan sekolah menengah kejuruan yang bekerjasama  dengan industri melalui program praktik kerja industri atau yang biasa disebut dengan prakerin selama pendidikan. SMKN 3 Luwu membutuhkan sebuah aplikasi yang mendukung dalam pengelolaan prakerin. Proses pendaftaran Prakerin bagi SMKN 3 Luwu masih dilakukan dengan cara siswa mendatangi panitia pelaksana Prakerin untuk mengajukan lokasi atau tempat di mana mereka ingin melakukan prakerin nantinya hal ini dianggap tidak efesien dengan melihat pemanfaatan teknologi saat ini yang bisa dimanfaatkan untuk megefesienkan waktu pendftaran bagi siswa yang ingin melakukan Prakerin. Saat ini penggunaan teknologi informasi (komputer dan internet) sudah disesuaikan dengan kebutuhannya dalam meningkatkan kinerja admin pada sekolah tertentu. Metodologi pengembangan sistem informasi yang digunakan yaitu model Waterfall. Sistem informasi dirancang dan dibangun berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrogaman PHP MyAdmin dan MySQL sebagai databasenya. Dengan dirancang dan dibangunnya aplikasi ini maka akan mempermudah siswa dan panitia dalam proses pendaftaran prakerin.

Rincian Artikel

Bagian
Vol.9, No.2 (November 2024)