Pengembangan E-LKPD Hiwar Berbasis Website Wizer.me Pada Pembelajaran Bahasa Arab Peserta Didik MTs Barana Jeneponto
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD Hiwar berbasis website Wizer.me guna mendukung pembelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas 7 di MTs Barana Jeneponto. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Keabsahan produk diuji oleh para ahli materi dan media, menunjukkan tingkat validitas yang sangat baik, dengan skor rata-rata validasi mencapai [93%]. Kepraktisan E-LKPD ini diuji melalui uji coba terbatas dan diperoleh skor kepraktisan sebesar [53%] untuk penilaian guru dan penilaian peserta didik dengan nilai rata-rata (55,44), mengindikasikan kemudahan penggunaan baik bagi guru maupun siswa. Selain itu, efektivitas produk juga diukur melalui uji coba lapangan yang melibatkan siswa kelas 7, di mana hasil post-test menunjukkan peningkatanpemahaman dan keterampilan bahasa Arab, khususnya dalam aspek Hiwar (percakapan) dengan nilai efektivitas sebesar [92,92]. Dengan demikian, E-LKPD berbasis Wizer.me ini terbukti valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Arab di MTs Barana Jeneponto, serta diharapkan mampu menjadi alternatif media pembelajaran inovatif yang memanfaatkan teknologi digital secara optimal.
References
Basrina, Yulya, Nila Afryansih, and Trina Febriani, ‘Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Wizer . Me Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Darussalam Aryojeding’, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 8.1 (2023), h.31-38
Candisa, K.S.P Wahyu dan I.M, ‘Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5.2 (2021), h. 301-311
Firtsanianta, Hanny, Imroatul Khofifah, and Universitas Muhammadiyah Surabaya, ‘Efektivitas E-LKPD Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik’, Conference of Elementary Studies, 2022, h. 141-150
Hamidah, Latifah Winda, Program Studi, Pendidikan Bahasa, Fakultas Ilmu Budaya, and Universitas Brawijaya, ‘Keefektifan Wizer . Me Sebagai Media Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Teks Cerita Pendek Di SMP Negeri 1 Singosari’, Jurnal Ilmu- Ilmu Kependidikan, 3.2 (2023), h.188-196
Harjanto, Arif, Andi Rustandi, and Joyce Anasthasya Caroline, ‘Implementasi Model Pengembangan 4D Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasi Online Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Di SMK Negeri 7 Samarinda’, Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen Basis Data, 5.2 (2022), h.12
Indriani, Sevina, Nafida Hetty Marhaeni, and Riska Kurniati, ‘Efektivitas Penggunaan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Segiempat Dan Segitiga’, Jurnal Pendidikan Tabusai, 6.1 (2022), h.3959-3966
Maylinda, Riana, and Sri Haryani, ‘Kelayakan Dan Kepraktisan Bahan Ajar Untuk Program Pengayaan Berbantuan Schoology Pada Materi Larutan Penyangga’, CiE: Chemistry in Education, 10.1 (2021), 68–74
Rokhmad, Oleh, and Sri Wahyuningsih, ‘Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja’, Jurnal Manajemen Dan Bisnis Aliansi, 2014, h.51-58
Safitri, ‘Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer.Me Pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II’, Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4.1 (2022), 22–29
Sari, Ayu Arum, and Dyah Purwaningsih, ‘Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dengan Liveworksheet Pada Materi Asam Asa’, 2019, h. 13-26
Azhari, Azhar, and Huda, ‘Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik ( E-LKPD ) Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Kelas X Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Batang Natal’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.1 (2022), h. 2646-2657
Basrina, Yulya, Nila Afryansih, and Trina Febriani, ‘Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Wizer . Me Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Darussalam Aryojeding’, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 8.1 (2023), h.31-38
Candisa, K.S.P Wahyu dan I.M, ‘Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5.2 (2021), h. 301-311
Firtsanianta, Hanny, Imroatul Khofifah, and Universitas Muhammadiyah Surabaya, ‘Efektivitas E-LKPD Berbantuan Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik’, Conference of Elementary Studies, 2022, h. 141-150
Hamidah, Latifah Winda, Program Studi, Pendidikan Bahasa, Fakultas Ilmu Budaya, and Universitas Brawijaya, ‘Keefektifan Wizer . Me Sebagai Media Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Teks Cerita Pendek Di SMP Negeri 1 Singosari’, Jurnal Ilmu- Ilmu Kependidikan, 3.2 (2023), h.188-196
Harjanto, Arif, Andi Rustandi, and Joyce Anasthasya Caroline, ‘Implementasi Model Pengembangan 4D Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasi Online Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Di SMK Negeri 7 Samarinda’, Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen Basis Data, 5.2 (2022), h.12
Indriani, Sevina, Nafida Hetty Marhaeni, and Riska Kurniati, ‘Efektivitas Penggunaan E-LKPD Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Segiempat Dan Segitiga’, Jurnal Pendidikan Tabusai, 6.1 (2022), h.3959-3966
Maylinda, Riana, and Sri Haryani, ‘Kelayakan Dan Kepraktisan Bahan Ajar Untuk Program Pengayaan Berbantuan Schoology Pada Materi Larutan Penyangga’, CiE: Chemistry in Education, 10.1 (2021), 68–74
Rokhmad, Oleh, and Sri Wahyuningsih, ‘Validitas Dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja’, Jurnal Manajemen Dan Bisnis Aliansi, 2014, h.51-58
Safitri, ‘Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer.Me Pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II’, Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4.1 (2022), 22–29
Sari, Ayu Arum, and Dyah Purwaningsih, ‘Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) Dengan Liveworksheet Pada Materi Asam Asa’, 2019, h. 13-26