Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI )  [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian  di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial dalam ruang lingkup pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan / atau kuantitatif di bidang pendidikan dasar yang terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan Februari dan Agustus. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup pendidikan dasar.

Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah J(IPMI)  terdaftar pada: 

 

Call for Papers Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

2019-12-19

Dewan Redaksi Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah mengundang para Peneliti, Akademisi, dan Praktisi untuk memberikan kontribusi dalam bentuk naskah hasil penelitian di bidang pendidikan dasar yang akan diterbitkan pada bulan Februari dan Agustus.

Deadline Pengiriman Naskah:

Vol. 7 No. 1 Januari 2025

Vol. 7 No. 2 Juli 2025

Vol. 6 No. 2: AGUSTUS (2024)

Published: 2024-07-29

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBASIS LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS

Selfiyanti Selfiyanti, St. Syamsuduha, Suarti Suarti

106-115

 This article have been read 57 times,  downloaded 102 times

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA MENGHITUNG DENGAN STIK ICE CREAM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II

Nurfajriah Nurfajriah, Rosdiana Rosdiana, Fajri Basam

116-126

 This article have been read 50 times,  downloaded 88 times

DIAGNOSIS KESULITAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS III

Gamriati Gamriati, Muhammad Amri, Saprin Saprin, M Mirza Fatahullah

127-132

 This article have been read 42 times,  downloaded 64 times

ANALISIS PENGGUNAAN DIKSI DAN TANDA BACA PADA TEKS DESKRIPTIF PESERTA DIDIK KELAS V SDN 1 ARAWA KABUPATEN SIDRAP KECAMATAN WATANG PULU

Ulul Azmi Ahmad, Marjuni marjuni, Andi Halimah

133-141

 This article have been read 43 times,  downloaded 55 times

KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU KELAS

Ramlah Dewi, Andi Halimah, Muhammad Shabir U, Rosdiana Rosdiana

142-151

 This article have been read 46 times,  downloaded 103 times

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA HERBARIUM TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV

Nurafni Andriani, M. Rusdi, Suhardiman Suhardiman, Fajri Basam

152-162

 This article have been read 46 times,  downloaded 230 times

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) PADA PEMBELAJARAN IPS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI MANJALLING KABUPATEN GOWA

Nurazizah Nurazizah, Hamdan Juhannis, Immawati Nur Aisyah Rivai

163-170

 This article have been read 45 times,  downloaded 49 times

PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI

Fitrani Azis, Muhammad Shabir U, Andi Halimah

171-182

 This article have been read 35 times,  downloaded 48 times

PENGARUH PENERAPAN METODE SAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS I SD NEGERI 15 JOLLE

Ruswana Rustam, Dahlia Patiung, Immawati Nur Aisyah Rivai

183-191

 This article have been read 36 times,  downloaded 46 times

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN METODE SIMAK UCAP ULANG TERHADAP HASIL BELAJAR

Fadeliah Asri, Hamsiah Djafar, Immawati Nur Aisyah Rivai, Sabaruddin Garancang

192-199

 This article have been read 35 times,  downloaded 83 times
View All Issues