POLA PEMBINAAN GURU DALAM PENYEBUTAN HURUF HIJAIYAH PADA KELAS I DI MI GUPPI BORONG PA’LA’LA

Main Article Content

Suriani Suriani
A. Marjuni
Hamka Hamka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahu pola pembinaan guru, 2)
Mengetahui Penyebutan Huruf Hijaiyah pada peserta didik pada kelas I di MI
Guppi Borong Pa’la’la, 3) faktor pendukung dan menghambat pembinaan Guru
dalam penyebutan huruf hijaiyah pada peserta didik kelas I di MI Guppi Borong
Pa’la’la. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian kualitatif deskritif, menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil
penelitian ini menunjukkan: 1) Pola pembinaan yang dilakukan oleh Guru yaitu
mengunakan pola pembinaan kecakapan, pembinaan penyegaran dan
pembinaan lapangan. Juga Metode Iqra’ dan media permainan kartu huruf,
permainan Bongkar pasang dan lirik Lagu sebagai alat yang digunakannya. 2)
penyebutan huruf hijaiyah pada peserta didik kelas I di MI Guppi Borong
Pa’la’la masih dalam kategori rendah dan masih dalam tahap pembinaan, 5
orang peserta didik yang sudah mampu Menyebutkan huru hijaiyah dengan
baik dan 20 orang yang belum bisa menyebutkan huruf hijaiyah dengan baik
dari jumlah peserta didik 25 orang). 3) Faktor Pendukung pembinaan guru
dalam penyebutan huruf Hijaiyah peserta didik kelas I di MI Guppi Borong
Pa’la’la diantaranya, sarana prasarana sekolah, Pemberian metode dan media,
keterlibatan Orang tua di rumah

Article Details

How to Cite
Suriani, S., Marjuni, A., & Hamka, H. (2020). POLA PEMBINAAN GURU DALAM PENYEBUTAN HURUF HIJAIYAH PADA KELAS I DI MI GUPPI BORONG PA’LA’LA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 1(1). https://doi.org/10.24252/jipmi.v1i1.12035
Section
Artikel

References

Afrizal.2017. Metode Penelitian Kualitatif.
Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Jurnal Ilmiah Madrasah Ibtidaiyah, 01 (1), Februari 2019 (16-28)
Suriani, A. Marjuni, Hamka


Bungin Burham. 2015. Analisis Data Penelitian
Kualitatif. Jakatra: PT. Rajagrafindo
Persada.
Depertemen Agama Repoblik Indonesia.2009.
Al-Qur’an dan Terjemahannya disertai
Tanda-tanda Tajwid Dengan Tafsir
Singkat. C.VQur’an,Bayang.
Imrotun.2017. Pembelajaran Huruf Hijaiyah Bagi
Anak Usia Dini. UIN Sultan Maulana
Hasanuddin Banten.
Kitab Sunan AT-Tirmidzih, Kumpulan Hadist
Shahih. Libanon: Darul Kuttab Alalamiyah
Bairud.
Surasman Otong.2002. Metode Insani: Kunci
Praktis Membaca Al-Qur’an Baik dan
Benar. Jakarta: Gema Insani Perss. Cet.
Pertama.
Shohib Muhammad. 2007. Kementrian Agama
RI, Al-qur’an Tajwid dan Terjemahan
Dilengkapi Dengan Asbabul Nuzul dan
Hadist Sahih, Revisi: Terjemahan oleh
Lajnah Pentasihan Mushaf Al-qur’an
Kementrian Agama RI,Bogor: Creative
Media Crop Sy9ma.
Satori Djam’an, Komariah Aan. 2011.
Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:
Alfabeta,CV. Cetakan ketiga.
Syaikh Abu Muhammad Al-Biqa’I Al-Atsari.
2016. 40Hadist Keutamaan Al-Qur’an.
Pustaka Syabb. Cetakan Pertama.
Sugiyono,. 2012. Metode Penelitian Pendidikan
Kantitatif, Kualitatif (R&D). Bandung:
Renaka Cipta.
Shihab Quraish M. 2003. TafsirAlmisbah, Pesan,
Kesan dan Keserasian al-Qur-an. Jakarta,
Lentera Hati.
Yusuf Kadar M. 2014. Studi Al-Qur’an. Jakarta:
Edisi ke Dua, Cetakan Pertama,
AMZAH. 2014.