POLA PEMBINAAN GURU DALAM PENYEBUTAN HURUF HIJAIYAH PADA KELAS I DI MI GUPPI BORONG PA’LA’LA

  • Suriani Suriani Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • A. Marjuni Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Hamka Hamka Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahu pola pembinaan guru, 2)
Mengetahui Penyebutan Huruf Hijaiyah pada peserta didik pada kelas I di MI
Guppi Borong Pa’la’la, 3) faktor pendukung dan menghambat pembinaan Guru
dalam penyebutan huruf hijaiyah pada peserta didik kelas I di MI Guppi Borong
Pa’la’la. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian kualitatif deskritif, menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil
penelitian ini menunjukkan: 1) Pola pembinaan yang dilakukan oleh Guru yaitu
mengunakan pola pembinaan kecakapan, pembinaan penyegaran dan
pembinaan lapangan. Juga Metode Iqra’ dan media permainan kartu huruf,
permainan Bongkar pasang dan lirik Lagu sebagai alat yang digunakannya. 2)
penyebutan huruf hijaiyah pada peserta didik kelas I di MI Guppi Borong
Pa’la’la masih dalam kategori rendah dan masih dalam tahap pembinaan, 5
orang peserta didik yang sudah mampu Menyebutkan huru hijaiyah dengan
baik dan 20 orang yang belum bisa menyebutkan huruf hijaiyah dengan baik
dari jumlah peserta didik 25 orang). 3) Faktor Pendukung pembinaan guru
dalam penyebutan huruf Hijaiyah peserta didik kelas I di MI Guppi Borong
Pa’la’la diantaranya, sarana prasarana sekolah, Pemberian metode dan media,
keterlibatan Orang tua di rumah

References

Afrizal.2017. Metode Penelitian Kualitatif.

Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Jurnal Ilmiah Madrasah Ibtidaiyah, 01 (1), Februari 2019 (16-28)

Suriani, A. Marjuni, Hamka

Bungin Burham. 2015. Analisis Data Penelitian

Kualitatif. Jakatra: PT. Rajagrafindo

Persada.

Depertemen Agama Repoblik Indonesia.2009.

Al-Qur’an dan Terjemahannya disertai

Tanda-tanda Tajwid Dengan Tafsir

Singkat. C.VQur’an,Bayang.

Imrotun.2017. Pembelajaran Huruf Hijaiyah Bagi

Anak Usia Dini. UIN Sultan Maulana

Hasanuddin Banten.

Kitab Sunan AT-Tirmidzih, Kumpulan Hadist

Shahih. Libanon: Darul Kuttab Alalamiyah

Bairud.

Surasman Otong.2002. Metode Insani: Kunci

Praktis Membaca Al-Qur’an Baik dan

Benar. Jakarta: Gema Insani Perss. Cet.

Pertama.

Shohib Muhammad. 2007. Kementrian Agama

RI, Al-qur’an Tajwid dan Terjemahan

Dilengkapi Dengan Asbabul Nuzul dan

Hadist Sahih, Revisi: Terjemahan oleh

Lajnah Pentasihan Mushaf Al-qur’an

Kementrian Agama RI,Bogor: Creative

Media Crop Sy9ma.

Satori Djam’an, Komariah Aan. 2011.

Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:

Alfabeta,CV. Cetakan ketiga.

Syaikh Abu Muhammad Al-Biqa’I Al-Atsari.

40Hadist Keutamaan Al-Qur’an.

Pustaka Syabb. Cetakan Pertama.

Sugiyono,. 2012. Metode Penelitian Pendidikan

Kantitatif, Kualitatif (R&D). Bandung:

Renaka Cipta.

Shihab Quraish M. 2003. TafsirAlmisbah, Pesan,

Kesan dan Keserasian al-Qur-an. Jakarta,

Lentera Hati.

Yusuf Kadar M. 2014. Studi Al-Qur’an. Jakarta:

Edisi ke Dua, Cetakan Pertama,

AMZAH. 2014.

Published
2020-01-09
Section
Artikel
Abstract viewed = 127 times