PENGARUH PENGGUNAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MUHAMMADIYAH ROMANG LOMPOA KECAMATAN BAJENG BARAT KABUPATEN GOWA

  • Fitri Fitri Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Saprin Saprin Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ibrahim Nasbi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penggunaan kosakata peserta didik kelas
IV MI Muhammadiyah Romang Lompoa Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa, 2)
Mengetahui kemampuan menulis cerita peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah
Romang Lompoa kecamatan bajeng barat kabupaten gowa, 3) Mengetahui seberapa
besar pengaruh penggunaan kosakata terhadap kemampuan menulis cerita peserta didik
kelas IV MI Muhammadiyah Romang Lompoa Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten
Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Romang Lompoa Kecamatan
Bajeng Barat Kabupaten Gowa yang berjumlah 23 orang dan jenis sampel jenuh maka
sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian yang digunakan
adalah butir-butir tes digunakan untuk mengetahui penggunaan kosakata dan
kemampuan menulis cerita peserta didik.Untuk mengelola data yang dianalisis dengan
menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistic inferensial. Melalui analisis
data, diperoleh kesimpulan, yaitu: 1) Penggunaan kosakata peserta didik kelas IV MI
Muhammadiyah Romang Lompoa Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa berskor
rata-rata sebesar 46.731 dimana hasil ini tergolong pada kategori tidak baik, 2)
Kemampuan Menulis cerita peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Romang
Lompoa Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa berskor rata-rata 38.3043 dimana
hasil ini tergolong pada kategori tidak baik, 3) Pengaruh penggunaan kosakata terhadap
kemampuan menulis cerita peserta didik kelas IV MI Muhammadiyah Romang Lompoa
Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa sebesar 29% dengan sisanya 71% dipengaruhi
oleh variabel lain yang tidak diteliti.

References

Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’an dan

Terjemahnnya, Bandung: Yayasan

Penyelenggara Penerjemah/Penafsir Al-

Qur’an.

Mundziroh Siti, Dkk. “Peningkatan Kemampuan

Menulis Cerita Dengan Menggunakan

Metode Picture And Picture Pada Siswa

Sekolah Dasar,” Universitas Sebelas

Maret: Basastra Jurnal Penelitian

Bahasa, Sasta Indonesia Dan

Pengjarannya, 2013.

Tarigan Henry Guntur. 2015. Pengajaran

Kosakata, Angkasa Bandung.

Published
2020-01-09
Section
Artikel
Abstract viewed = 121 times