PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD INPRES SERO GOWA

  • Safira Safira Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Afiif Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah penerapan
model Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis argumentasi peserta
didik kelas IV di SD Inpres Sero Gowa.Jenis penelitian ini kuantitatif dengan
pendekatan quasi experimental menggunakan desain Nonequivalent control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Inpres Sero
Gowa yang terdiri dari 60 orang.Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum
penerapan model Think Talk Write (TTW) kemampuan menulis argumentasi peserta
didik kelas IV A atau kelas eksperimen berada dikategori rendah.Setelah penerapan
model Think Talk Write(TTW) kemampuan menulis argumentasi peserta didik kelas IV
A atau kelas eksperimen berada dikategori tinggi diperoleh nilai rata-rata sebesar 78.37
sedangkan di kelas IV B atau kelas control dengan penerapan metode konvesional
diperoleh rata-rata sebesar 62.43. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan rata-rata
hasil penelitian setelah penerapan model Think Talk Write (TTW) kemampuan menulis
argumentasi peserta didik kelas IV A atau kelas eksperimen lebih tinggi dari sebelum
diterapkan model Think Talk Write (TTW) maupun kelas control yang menggunakan
metode konvesional. Pada analisis inferensial untuk uji hipotesis diperoleh harga t = -
6,692, df = 29 dan sig. (2 tailed) atau p-value = 0,000 < 0,05, artinya nilai signifikan
lebih kecil dari taraf kesalahan atau HOditolak dan HI diterima artinya atau terdapat
perbedaan nilai rata-rata kelas ekperimen dan kelas kontrol sebelum dan setelah diberi
perlakuan. Implikasi pada penelitian ini yaitu peserta didik dapat membantu dalam
meningkatkan kemampuan menulis argumentasi menjadi lebih baik,menarik, serta
dapat memahami pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan.

References

Ardiansyah, Agus, “Meningkatkan Hasil

Belajar Pada Materi Pokok Hidro Karbon

Melalui Model Pembelajaran Kooperatif

Tipe TTW (Think Talk Write) Bermuatan

Karakter Siswa Kelas X-4 Sman 6

Banjarmasin.”(Quantum, Jurnal Inovasi

Pendidikan Sains, Vol. 4, No.1, April

. (diakses Pada Tanggal 23 Januari

Djamara, Samsul Bahri. Guru dan Anak Dalam

Interaktif Idukatif. Cet. II; Jakarta: Pt.

Rineka Cipta, 2000.

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Cet. XI;

Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Imam, Jalaluddin As-Sayuti, Imam Jalaluddin

Al-Mahalli,Terjemahan Tafsir Jalalain

Berikut Asbabun Nuzul Jilid ICet. Ke- VIII

Bandung: Sinar Baru Algesindo 2010.

Nata, Abudin. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. II;

Jakarta: Kencana, 2012.

Rusman. Model-Model Pembelajaran

Megembangkan Profesionalisme Guru. Cet.

VI; Jakarta: Rajawali Pers 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi

Dilengkapi Dengan Metode R & D, Cet.

XIX; Bandung: Alfabeta, 2011.

Winayawati, L, Implementasi Model

Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi

Think-Talk-Writeterhadap Kemampuan

Menulis Rangkuman dan Pemahaman

Matematis Materi Integral Jurnal

(UNNES Journal Of Research

Mathematics Education, URJME 1.1

diakses Pada Tanggal 23 Januari

Published
2020-01-09
Section
Artikel
Abstract viewed = 141 times