PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD INPRES SERO GOWA

Main Article Content

Safira Safira
Ahmad Afiif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah penerapan
model Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan menulis argumentasi peserta
didik kelas IV di SD Inpres Sero Gowa.Jenis penelitian ini kuantitatif dengan
pendekatan quasi experimental menggunakan desain Nonequivalent control group design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Inpres Sero
Gowa yang terdiri dari 60 orang.Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum
penerapan model Think Talk Write (TTW) kemampuan menulis argumentasi peserta
didik kelas IV A atau kelas eksperimen berada dikategori rendah.Setelah penerapan
model Think Talk Write(TTW) kemampuan menulis argumentasi peserta didik kelas IV
A atau kelas eksperimen berada dikategori tinggi diperoleh nilai rata-rata sebesar 78.37
sedangkan di kelas IV B atau kelas control dengan penerapan metode konvesional
diperoleh rata-rata sebesar 62.43. Berdasarkan hasil analisis data menunjukan rata-rata
hasil penelitian setelah penerapan model Think Talk Write (TTW) kemampuan menulis
argumentasi peserta didik kelas IV A atau kelas eksperimen lebih tinggi dari sebelum
diterapkan model Think Talk Write (TTW) maupun kelas control yang menggunakan
metode konvesional. Pada analisis inferensial untuk uji hipotesis diperoleh harga t = -
6,692, df = 29 dan sig. (2 tailed) atau p-value = 0,000 < 0,05, artinya nilai signifikan
lebih kecil dari taraf kesalahan atau HOditolak dan HI diterima artinya atau terdapat
perbedaan nilai rata-rata kelas ekperimen dan kelas kontrol sebelum dan setelah diberi
perlakuan. Implikasi pada penelitian ini yaitu peserta didik dapat membantu dalam
meningkatkan kemampuan menulis argumentasi menjadi lebih baik,menarik, serta
dapat memahami pembelajaran lebih efektif dan menyenangkan.

Article Details

How to Cite
Safira, S., & Afiif, A. (2020). PENGARUH PENERAPAN MODEL THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD INPRES SERO GOWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 1(1). https://doi.org/10.24252/jipmi.v1i1.12037
Section
Artikel

References

Ardiansyah, Agus, “Meningkatkan Hasil
Belajar Pada Materi Pokok Hidro Karbon
Melalui Model Pembelajaran Kooperatif
Tipe TTW (Think Talk Write) Bermuatan
Karakter Siswa Kelas X-4 Sman 6
Banjarmasin.”(Quantum, Jurnal Inovasi
Pendidikan Sains, Vol. 4, No.1, April
2013). (diakses Pada Tanggal 23 Januari
2019)
Djamara, Samsul Bahri. Guru dan Anak Dalam
Interaktif Idukatif. Cet. II; Jakarta: Pt.
Rineka Cipta, 2000.
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Cet. XI;
Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Imam, Jalaluddin As-Sayuti, Imam Jalaluddin
Al-Mahalli,Terjemahan Tafsir Jalalain
Berikut Asbabun Nuzul Jilid ICet. Ke- VIII
Bandung: Sinar Baru Algesindo 2010.
Nata, Abudin. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. II;
Jakarta: Kencana, 2012.
Rusman. Model-Model Pembelajaran
Megembangkan Profesionalisme Guru. Cet.
VI; Jakarta: Rajawali Pers 2016.
Sugiyono, Metode Penelitian Administrasi
Dilengkapi Dengan Metode R & D, Cet.
XIX; Bandung: Alfabeta, 2011.
Winayawati, L, Implementasi Model
Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi
Think-Talk-Writeterhadap Kemampuan
Menulis Rangkuman dan Pemahaman
Matematis Materi Integral Jurnal
(UNNES Journal Of Research
Mathematics Education, URJME 1.1
2012. diakses Pada Tanggal 23 Januari
2019.