TINGKAT PENGUASAAN PEMBELAJARAN MODEL TEMATIK GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 BAU-BAU

Main Article Content

Sumiraz Sumiraz
Ibrahim Nasbi
Immawati Nur Aisyah Rivai

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penguasaan pembelajaran tematik guru Guru
MIN 1 Bau-Bau yang bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai
pelaksanaan pembelajaran tematik guru MIN 1 Bau-Bau.Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini
adalah 5 orang guru yang mengajar di kelas III. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah panduan observasi, panduan wawancara dan panduan
dokumentasi berupa dokumen pendukung bahan skripsi seperti foto, kegiatan lembar
kerja siswa. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil analisis
data dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif, dikkemukakan bahwa 1)
Perencanaan pembelajaran tematik di MIN 1 Bau-Bau sudah berjalan dengan baik.
Hal ini dapat dilihat pada pengembangan KI, KD, indikator, penetapan jaringan
tema, penyusunan silabus, penyusunan RPP, pengembangan media dan sumber
belajar serta penilaian dalam pembelajan tematik; 2) tingkat penguasaan penerapan
pembelajaran tematik guru kelas III di MIN 1 Bau-Bau belum sepenuhnya sesuai
dengan apa yang diharapkan atau masuk dalam kategori kurang baik. Karena
berdasarkan hasil observasi tampak bahwa guru kurang mampu menciptakan
suasana pembelajaran yang menyenangkan, selain itu juga guru masih kurang
mampu mengaitkan antara materi satu dengan materi lainnya sehingga batasan
antar materi juga masih jelas dan masih terpisah-pisah.

Article Details

How to Cite
Sumiraz, S., Nasbi, I., & Aisyah Rivai, I. N. (2021). TINGKAT PENGUASAAN PEMBELAJARAN MODEL TEMATIK GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 BAU-BAU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 3(2). https://doi.org/10.24252/jipmi.v3i2.22684
Section
Artikel

References

Fauzah, Zaidatul. (2012). “Efektifitas
Pembelajaran Tematik dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa
SD Inpres Gunung Sari Baru Kec.
Rappocini Kota Makassar”. Skripsi.
Makassar: Fak. Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin, 2012.
Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.
Jakarta: Rajawali Pers.
Irene, Childe. (2013). “Implementasi
Pembelajaran Tematik Pada Siswa
Kelas Rendah di SD Negeri Balekerto
Kecamatan Kaliangkrik”. Skripsi.
Yogyakarta: Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Yogyakarta.
Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian
Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan
Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Leksono, Anggun Bowo. (2014). “Penerapan
Pembelajaran Tematik Kelas II di SD
Negeri Watuadeg Kecamatan
Cangkringan”. Skripsi. Yogyakarta:
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
Negeri Yogyakarta.
Moleong, J. Lexy. (2014). Metode Penelitian
Kualitatif. Cet. 32; Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Mufarrokah, Anissatul. (2009). Strategi Belajar
Mengjar. Teras: Yogyakarta: Teras.
Mulyasa. (2015). Menjadi Guru Profesional
Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan
Menyenangkan. Bandug: PT Remaja
Rosdakarya.
Mulyono. (2012). Konsep Pembiayaan Pendidikan.
Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Noor, Juliansyah. (2016). Metode Penelitian
Jakarta: Kencana.
Poerwati, Loeloek Endah dan Sofan Amri.
(2013). Panduan Memahami Kurikulum
2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran
Mengembangan Profesionalisme Guru.
Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi
(Mixed Methods). Bandung: Alfayang.