TINGKAT PENGUASAAN PEMBELAJARAN MODEL TEMATIK GURU MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 1 BAU-BAU

  • Sumiraz Sumiraz Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Ibrahim Nasbi Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Immawati Nur Aisyah Rivai Program Studi Pendidikan Madrasah Ibti Daiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penguasaan pembelajaran tematik guru Guru
MIN 1 Bau-Bau yang bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai
pelaksanaan pembelajaran tematik guru MIN 1 Bau-Bau.Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini
adalah 5 orang guru yang mengajar di kelas III. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah panduan observasi, panduan wawancara dan panduan
dokumentasi berupa dokumen pendukung bahan skripsi seperti foto, kegiatan lembar
kerja siswa. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil analisis
data dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif, dikkemukakan bahwa 1)
Perencanaan pembelajaran tematik di MIN 1 Bau-Bau sudah berjalan dengan baik.
Hal ini dapat dilihat pada pengembangan KI, KD, indikator, penetapan jaringan
tema, penyusunan silabus, penyusunan RPP, pengembangan media dan sumber
belajar serta penilaian dalam pembelajan tematik; 2) tingkat penguasaan penerapan
pembelajaran tematik guru kelas III di MIN 1 Bau-Bau belum sepenuhnya sesuai
dengan apa yang diharapkan atau masuk dalam kategori kurang baik. Karena
berdasarkan hasil observasi tampak bahwa guru kurang mampu menciptakan
suasana pembelajaran yang menyenangkan, selain itu juga guru masih kurang
mampu mengaitkan antara materi satu dengan materi lainnya sehingga batasan
antar materi juga masih jelas dan masih terpisah-pisah.

References

Fauzah, Zaidatul. (2012). “Efektifitas

Pembelajaran Tematik dalam

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

SD Inpres Gunung Sari Baru Kec.

Rappocini Kota Makassar”. Skripsi.

Makassar: Fak. Tarbiyah dan

Keguruan UIN Alauddin, 2012.

Hasbullah. (2012). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.

Jakarta: Rajawali Pers.

Irene, Childe. (2013). “Implementasi

Pembelajaran Tematik Pada Siswa

Kelas Rendah di SD Negeri Balekerto

Kecamatan Kaliangkrik”. Skripsi.

Yogyakarta: Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Yogyakarta.

Kunandar. (2016). Langkah Mudah Penelitian

Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan

Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Leksono, Anggun Bowo. (2014). “Penerapan

Pembelajaran Tematik Kelas II di SD

Negeri Watuadeg Kecamatan

Cangkringan”. Skripsi. Yogyakarta:

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas

Negeri Yogyakarta.

Moleong, J. Lexy. (2014). Metode Penelitian

Kualitatif. Cet. 32; Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Mufarrokah, Anissatul. (2009). Strategi Belajar

Mengjar. Teras: Yogyakarta: Teras.

Mulyasa. (2015). Menjadi Guru Profesional

Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan

Menyenangkan. Bandug: PT Remaja

Rosdakarya.

Mulyono. (2012). Konsep Pembiayaan Pendidikan.

Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Noor, Juliansyah. (2016). Metode Penelitian

Jakarta: Kencana.

Poerwati, Loeloek Endah dan Sofan Amri.

(2013). Panduan Memahami Kurikulum

Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran

Mengembangan Profesionalisme Guru.

Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi

(Mixed Methods). Bandung: Alfayang.

Published
2021-08-15
Section
Artikel
Abstract viewed = 54 times