EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW (KECEPATAN BERPIKIR) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS IV MIN SEPABATU KECAMATAN TINAMBUNG KABUPATEN POLEWALI MANDAR

  • Nur Ardia Waris Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Maulana Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Umar Sulaiman Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Rosdiana Rosdiana Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen design yang bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum dan setelah penggunaan model quick on
the draw dan penggunaan model quick on the draw efektif terhadap hasil belajar peserta
didik kelas IV MIN Sepabatu Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar.
Populasi sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan jumlah
peserta didik kelas IV MIN Sepabatu yang berjumlah 18 orang. Dengan menggunakan
metode pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi yang diolah dengan
menggunakan analisis statistik deksriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil belajar
peserta didik kelas IV MIN Sepabatu dengan analisis deskriptif peserta didik sebelum
menggunakan model quick on the draw rata-rata nilai yang diperoleh yakni 59,50
sedangkan setelah menggunakan model quick on the draw rata-rata yakni 82,56. Untuk
hasil analisis inferensial dengan uji paired sample t-test menggunakan SPSS 26
menunjukan nilai sig < 𝛼 (nilai sign < 0,05) (0.000 < 0,05) dalam artian H0 ditolak dan
H1 diterima, dengan tingkat kepercayaan 95% dengan demikan penerapan model quick
on the draw efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV MIN Sepabatu
Kecamatan Tinambung Kabupaten Polewali Mandar, hal ini ditunjukan nilai sig < 𝛼
(nilai sign < 0,05) (0.000 < 0,05) dalam artian H0 ditolak dan H1 diterima, dengan
tingkat kepercayaan 95%. Implikasi dari penelitian ini adalah guru diharapkan memilih
model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan bahan dan tujuan pembelajaran.
Calon peneliti diharapkan dapat merekomendasikan model pembelajaran yang efektif
untuk proses pembelajaran peserta didik dan dapat dilakukan penelitian serupa tapi
harus menyesuaikan pada materi pembelajaran.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu

Model Praktik, Jakarta: Asdi Mahasatya,

Arifin Imam, Insih Wilujeng, dan Jumadi,

“The Effect of Quick on The Draw

Model Assisted by The Physics

Learning Book Integrated Pancasila

Values on Critical Thinking Skill”

Jurnal Penelitian dan Pengembangan

Pendidikan Fisika Vol. 6 Issue 1,

Ginnis, Paul. Trik & Taktik Mengajar. Jakarta:

Indeks, 2008.

Kementrian Agama RI, Mushaf Al-Qur’an.

Jakarta Timur: Maghfirah Pustaka.

Lestiyaningsih, Hertika dkk. “Penerapan

Pembelajaran Quick On The Draw

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Pada Sub Pokok Bahasan

Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII

Semester Ganjil SMP Negeri 10

Jember Tahun Ajaran 2012/2013”,

Jurnal Kadikma, Vol. 4 No. 2,

Agustus 2013

Neolaka Amos dan Neolaka A Amialia Grace

A. Landasan Pendidikan: Dasar

Pengenalan Diri Sendiri Menuju

perubahan Hidup. Cet I; Depok:

Kencana, 2017.

Riyanto, Agus. Statistik Deskriptif Untuk

Kesehatan, Cet. I; Yogyakarta: Nuha

Madika, 2013. Riyadi Arman , Budi Eko Soetjipto, dan

Achmad Amirudin, “The

Implementation of Cooperative Learning

Model Fan-N-Pick and Quick on the Draw

to Enhance Social Competence and

Cognitive Learning Outcome for Social

Studies” Jurnal Of Humanities and Social

Sciense Vol. 21 Issue 4, 2016.

Saebani, Ahmad Bani. Metode Penelitian. Cet.

I; Bandung: Pustaka Setia, 2008.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif

dalam Kurikulum 2013. Cet I:

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan.

Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan

(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D) Cet. XXVI; Bandung: Alfabeta,

Published
2021-08-15
Section
Artikel
Abstract viewed = 72 times