PENGARUH PERILAKU MENYIMPANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIS TONRONG KABUPATEN BULUKUMBA

Main Article Content

Muh Ilham
Rosdiana
Hamka

Abstract

Penelitian ini merupakan penelititan expost facto dengan desain penelitian regresi liniear sederhana yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perilaku
menyimpang terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V MIS Tonrong Kabupaten Bulukumba. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 23 peserta didik dan sampelnya
berjumlah 16 peserta didik dengan menggunakan teknik perposive sampling. Adapun instrumen yang gunakan adalah angket berupa angket tertutup dan dokumentasi berupa
nilai raport. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa pada kategori perilaku menyimpang berada pada kategori tinggi dengan persentase 50 %. Sedangkan Prestasi
belajar peserta didik berada pada kategori rendah dengan persentase 44%. Hasil analisis inferensial mengenai pengaruh perilaku menyimpang terhadap prestasi belajar peserta didik
kelas V MIS Tonrong Kabupaten Bulukumba menunjukkan bahwa nilai dari hasil analisis thitung = 10,761 sedangkan nilai ttabel = 1,761 artinya nilai thitung lebih besar dari pada nilai
ttabel. Dari hasil analisis p-value = 0,000 < 0,05 atau nilai signifikasi lebih kecil dari taraf kesalahan yang ditentukan. Dengan demikian maka 𝐻0 ditolak dan 𝐻1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perilaku menyimpang terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V MIS Tonrong Kabupaten Bulukumba yaitu sebesar 89,2% dan sisanya
10,8% di pengaruhi oleh variabel lain.

Article Details

How to Cite
Ilham, M., Rosdiana, & Hamka. (2022). PENGARUH PERILAKU MENYIMPANG TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIS TONRONG KABUPATEN BULUKUMBA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 4(1), 60-68. https://doi.org/10.24252/jipmi.v4i1.27189
Section
Artikel