ANALISIS FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN PADA LINGKUP MADRASAH IBTIDAIYAH
Main Article Content
Abstract
Bagian terakhir dari manajemen dalam sebuah institusi pendidikan adalah pengawasan (controlling). Pengawasan (controling) pada lingkup Madrasah Ibtidaiyah merupakan tahap
evaluasi melalui pengontrolan, supervisi, dan pengarahan. Pengawasan (controling) yang ideal dilakukan oleh pihak yang berkompeten, berjalan melalui berbagai tahap dan
berada pada sasaran yang proporsional. Pengawasan dalam institusi pendidikan diarahkan pada pelaksanaan program secara keseluruhan yang muaranya adalah kepada
perbaikan mutu institusi pendidikan, baik sekolah, pesantren, madrasah maupun lembaga pendidikan lainnya. Dengan demikian, pengawasan dalam sebuah institusi
pendidikan termasuk pada lingkup Madrasah Ibtidaiyah sangat urgen, sehingga semua pihak yang menjalankan pengawasan mesti memahami langkah-langkah dan strategi pelaksanaannya, memahami titik perbedaan antara pengawasan dan pengendalian, serta memahami tugas pengawas sekolah sebagai ujung tombak dalam tugas pengawasan
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.