PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 2 GOWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia interaktif PowerPoint di kelas V MIN 2 Gowa 2) Mendeskripsikan hasil belajar IPA Peserta didik kelas V MIN 2 Gowa sebelum penerapan model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia interaktif PowerPoint 3) Mendeskripsikan hasil belajar IPA peserta didik kelas V MIN 2 Gowa setelah penerapan model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia interaktif PowerPoint 4) Menganalisis pengaruh Penerapan model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia interaktif PowerPoint terhadap hasil
belajar IPA Peserta didik Kelas V MIN 2 Gowa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis Pre-experiment design dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh sehingga diperoleh jumlah sampel yaitu 22 orang peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes hasil belajar dan lembar observasi. Hasil belajar IPA peserta didik kelas V MIN 2 Gowa sebelum penerapan memperoleh rata-rata sebesar 53,86 dan paling banyak berada pada kategori kurang sebanyak 19 peserta didik. Sedang hasil belajar
IPA peserta didik kelas V MIN 2 Gowa setelah penerapan memperoleh nilai rata-rata 85 dan paling banyak berada pada kategori baik sebanyak 13 peserta didik. Hal ini dapat dilihat pada analisis uji t paired sampel t-test yang menunjukkan pengaruh penerapan model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia interaktif PowerPoint dengan memperoleh nilai thitung 12.544 dengan ttabel 2.086. sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan multimedia interaktif PowerPoint berpengaruh terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V MIN 2 Gowa.
Article Details
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.