PERENCANAAN DAN PENGADAAN OBAT DI PUSKESMAS LAU KABUPATEN MAROS

  • Fatma Fatma Stikes Salewangang Maros
    (ID)
  • Rusli Rusli Poltekes Kemenkes Makassar
  • Dwi Fitrah Wahyuni Stikes Salewangang Maros
    (ID)

Abstract

ABSTRAK
Perencanaan obat dalam kegiatan pengadaan obat yang lemah mempengaruhi ketersediaan obat di puskesmas lau di kabupaten maros.Tujuan penulisan ini yaitu mendeskripsikan mekanisme pelaksanaan perencanaan dan pengadaan obat yang dilakukan puskesmas.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bersifat observasional.Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pelaksanaan pengadaan obat di puskesmas di kabupaten maros terdapat dua macam sumber pembiayan obat yaitu, melalui anggaran pendapatan belanja daerah dan Jaminan kesehatan nasional. Perencanaan obat yang bersumber dari dana anggaran pendapatan belanja daerah dilakukan melalui penyusunan laporan kebutuhan obat yang dibuat setiap tahun. Perencanaan dilakukan diakhir tahun untuk memenuhi kebutuhan obat puskesmas selama satu tahun kedepan. Sementara itu proses pengadaan obat dilakukan dengan menyusun laporan pemakaian dan lembar permintaan obat yang diajukan kepada gudang farmasi. Perencanaan obat yang berasal dari pembiayaan jaminan kesehatan nasional dilakukan menggunakan dokumen rencana kerja anggaran yang dibuat diawal tahun berdasarkan jumlah kebutuhan.Mekanisme pengadaan obat dilakukan melalui pemesanan dalam e-catalog sesuai dengan kebutuhan.Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan perencanaan dan pengadaan obat di Puskesmas di Kabupaten Maros sudah sesuai dengan Permenkes Nomor 74 Tahun 2016.

Kata kunci :perencanaan obat, pengadaan obat, puskesmas, peraturan

 

References

Asi, A., Sakung, J. and Kadri, A. (2019) ‘MANAJEMEN PENGELOLAAN OBAT DI PUSKESMAS SNGURARA KELURAHAN DUYU KOTA PALU’, Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1).

Kandou, R. D. et al. (2016) ‘Evaluasi Perencanaan Dan Pengadaan Obat Di Berdasarkan Analisis Abc-Ven’, UNSRAT Manado, 5(3), pp. 7–11.

Kesehatan, M. (2014) PERMENKES RI NO.75. JAKARTA, INDONESIA.

Kesehatan, M. (2016) PERMENKES NO 74. JAKARTA.

Pratiwi, E. et al. (2019) ‘GAMBARAN PERENCANAAN DAN PENGADAAN OBAT DI PUSKESMAS RAWAT JALAN KABUPATEN ROKAN HULU TAHUN 2018’, Jurnal Penelitian Farmasi Indonesia, 8, p. 1.

Rahmawatie, E. and Santosa, S. (2015) ‘Sistem informasi perencanaan pengadaan obat di Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali’, Pseudocode, 2(1), pp. 45–52.

Rosmania, F. A. and Supriyanto, S. (2015) ‘Analisis Pengelolaan Obat Sebagai Dasar Pengendalian Safety Stock pada Stagnant dan Stockout Obat’, Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 3(1), pp. 1–10.

Published
2020-12-05
Abstract viewed = 1936 times