PENGARUH BAHAN KIMIA TERHADAP PENGGUNAAN PESTISIDA LINGKUNGAN

  • ADIBA ARIF Jurusan Kimia FMIPA Universitas Hasanuddin
    (ID)

Abstract

Penggunaan Pestisida adalah suatu bahan kimia yang digunakan untuk membunuh atau mengendalikan hama. Pestisida dapat digolongkan berdasarkan fungsi mekanisme biologisnya atau metode aplikasi. Setiap penggunaan pestisida membawa beberapa resiko yang terkait.  Penggunaan pestisida yang tepat mengurangi risiko ini terkait ke tingkat yang dianggap dapat diterima oleh badan pengawas pestisida seperti Amerika Serikat Environmental Protection Agency (EPA) dan Badan Pengatur Manajemen Hama (PMRA) dari Kanada. Pestisida memegang peranan penting dalam melindungi tanaman, ternak, dan untuk mengontrol sumber-sumber vektor penyakit (vector-borne diseases). Penggunaan pestisida oleh petani tidak terelakan. Penggunaan pestisida yang memiliki kandungan bahan aktif pada suatu lingkungan akan menimbulkan kemungkinan terjadinya pencemaran air tanah oleh suatu kontaminan.

References

Anonimous. Prinsip-prinsip Pemahaman Pengendalian Hama Terpadu. Konsep Pengendalian Hama Terpadu. Direktorat Jenderal Tanaman Pangan dan Direktorat Bina Perlindungan Tanaman.B.I. Jakarta. 1993.

Bimas. Surat Keputusan Menteri Pertanian/Ketua Badan Pengendali BIMAS. 1990.

Faedah, A. Gayatri, Koesnadi dan Y. Chan. Awas pestisida “Ngendon” dalam Makanan Kita. Majalah Terompet (Teropong Masalah Pestisida), Edisi IV Jakarta :Pesticide Action Network (PAN)- Indonesia. 1993.

Frank C. Lu. Toksikologi Dasar (Azas, Organ Sasaran dan Penilaian Resiko)Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia. 1995.

Putra Manuaba, I. B. Cemaran Pestisida Klor-Organik pada Air Danau Buyan Buleleng Bali. Jurnal Kimia (Journal ofChemistry). 2007.

Sulistiyono. Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Petani Bawang Merah dalam Penggunaan Pestisida. (Kasus di Kabupaten Nganjuk Propinsi Jawa Timur). Thesis Program Pascasarjana. IPB. 2002.

Taba, Husni. Evaluasi Penyuluhan Dan Analisis Usahatani Penggunaan Pestisida Nabati Babadotan (Ageratum conyzoides) Pada Hama Wereng Coklat (Nilaparvata lugens stal). Jurnal Agrisistem. 2007

Published
2017-02-21
Abstract viewed = 27272 times