THE EXISTENCE OF ISLAMIC SCHOOL EDUCATION IN PREVENTING TERRORISM IN ISLAMIC BOARDING SCHOOL OF AL-MUKMIN NGRUKI SOLO

  • Abudzar Al Qifari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Azhar Arsyad UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muljono Damopolii UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Kasjim Salenda UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Preventing Terrorism

Abstract

This research aims at revealing the existence of Islamic school education in preventing terrorism in Islamic boarding school of Al-Mukmin Ngruki Solo. This qualitative research involved the Director of PPIM, Head of PPIM, Educators, Education Personnel, Head of Dormitory, Santri (students), and Santri’s Parents. The data collection method in this study were observation, interview, and documentation. The research instruments were the researchers themselves. The results revealed that the curriculum used was KTSP 2013 and the system was a modern Islamic boarding school, but the reason why the Islamic boarding school was labeled as the place of terrorism cadres due to the alumni who became suspects in the Bali bombings and its founder became a suspect as well. The supporting factor is from the alumni association that is needed by the community and the inhibiting factor did not exist at all.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap keberadaan pendidikan pesantren dalam pencegahan terorisme di Pondok Pesantren Al-Mukmin Ngruki Solo. Penelitian kualitatif ini melibatkan Direktur PPIM, Kepala PPIM, Pendidik, Tenaga Kependidikan, Kepala Asrama, Santri, dan Orang Tua Santri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan adalah KTSP 2013 dan sistemnya adalah pesantren modern, namun alasan pesantren dicap sebagai tempat kader terorisme karena alumni yang menjadi tersangka bom Bali dan pendirinya. juga menjadi tersangka. Faktor pendukungnya adalah dari ikatan alumni yang dibutuhkan masyarakat dan faktor penghambatnya tidak ada sama sekali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansari, & Supeno, E. I. (2021). Implementasi nilai- nilai ta’lim muta’allim dalam mencegah masuknya paham radikalisme di pondok pesantren. Jurnal Lisan Al-Hal, 15(2), 359–380. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/lisanalhal/article/view/1492/1136.

AR, S. (2020). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 37–51. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3715.

Arifin, H. M. (1996). Ilmu Pendidikan Islam (IV). Jakarta: Bumi Aksara.

Awwas, I. S. (2003). Dakwah dan Jihad Abubakar Ba’Asyir. Yogyakarta: Wihdah Press.

Bahri, S. (2018). Peran pondok pesantren dalam mencegah paham radikalisme di kabupaten rejang lebong. Kaganga : Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 1(2), 107–121. https://doi.org/10.31539/kaganga.v1i2.483.

Botma, A., & Abdullah, A. W. (2022). Penguatan Literasi sebagai Upaya Preventif terhadap Radikalisme-Ekstremisme Beragama di Pondok Pesantren Assalaam Manado Abdullah Botma Abdurrahman Wahid Abdullah Pendahuluan Salah satu penyebab faktor menjamur dan mengakarnya ideologi. Jurnal Ilmiah Iqra’, 16(1), 39–54. https://doi.org/10.30984/jii.v16i1.1887.

Bronfenbrenner, U. (1986). Ecology of the Family As A Context for Human Development Research Perspectives, in Developmental Psychology. Jakarta: Erlangga.

Budianto, M. R. R., Kurnia, S. F., & Galih, T. R. S. W. (2021). Perspektif Islam Terhadap Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 55–61. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.776.

Bungin, B. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya) (VIII). Jakarta: Kencana.

Cook, D. A., & Artino, A. R. (2016). Motivation to learn: an overview of contemporary theories. Medical Education, 50(10), 997–1014. https://doi.org/10.1111/medu.13074.

Cresswell, J. (1998). Research Design: Qualutative & Quantitative Approach (Thousand O). CA: Sage Publications.

Dahlan, A. (2011). Pendekatan Public Relations Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki dalam Membangun Opini Publik. PPs UIN Sunan Kalijaga.

Damopolii, M. (2011). Pesantren Moderen IMMIM Pencetak Muslim Modern. Jakarta: Rajawali Press.

Depertemen Agama Republik Indonesia. (2007). AL-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Departemen Agama RI.

Farukh, O. A. (2004). Aliran-Aliran Filsafat Islam (M. M. Syarif (ed.)). Bandung: Nuansa Cendikia.

Hendropriyono, A. (2009). Terorisme Fundamentalis Krinten, Yahudi, dan Islam. Jakarta: PT Kompas Media Masa.

Ilmi, S., & Ardiansyah. (2020). Peran Pesantren dalam Mencegah Gerakan Radikalisme di Kalimantan Barat. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 15(1), 67–85. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v15i1.3378.

Kaelan. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner: Bidang Sosial, Budaya, Filsafat, Seni, Agama, dan Humaniora. Yogyakarta: Paraglyph Press.

Makhmudah, S. (2017). Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Modern dan Islam. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 4(2), 202–217. https://doi.org/10.53627/jam.v4i2.3173.

Morissan. (2014). Metode Penelitian Survei (Cet. II). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mujib, A. (2019). Hakekat Ilmu Pengetahuan dalam Persfektif Islam. Ri’ayah, 4(1), 44–59. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/view/1504.

Rtzer, G., & Goodman, D. J. (2011). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana Predana Media Grup.

Saat, S., & Mania, S. (2018). Pengantar Metodologi Penelitian (Panduan Bagi Peneliti Pemula). Makassar: Sikubu.

Siddik, H. (2022). Konsep Dasar Pendidikan Islam (Perspektif Al-Qur’an, AL-Hadis, Filosofis, Yuridis Formal, Psikologis, dan Sosiologis. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 14(1), 35–51. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i5.590.

Tafsir, A. (1998). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Zaharuddin. (2021). Filsafat Ilmu Pengetahuan Islam Berbasis Teknologi dalam Perspektif Epistemologi. Alphabet Jurnal Wawasan Agama Risalah Islamiah, Teknologi Dan Sosial (Al-Waarits), 1(1), 1–15. https://www.neliti.com/id/publications/351527/filsafat-ilmu-pengetahuan-islam-berbasis-teknologi-dalam-perspektif-epistemologi.

Published
2022-12-27
How to Cite
Al Qifari, A., Arsyad, A., Damopolii, M., & Salenda, K. (2022). THE EXISTENCE OF ISLAMIC SCHOOL EDUCATION IN PREVENTING TERRORISM IN ISLAMIC BOARDING SCHOOL OF AL-MUKMIN NGRUKI SOLO. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 25(2), 339-348. https://doi.org/10.24252/lp.2022v25n2i13
Section
Article
Abstract viewed = 168 times