POTRET PENDIDIKAN ISLAM: Perspektif Pembaruan Pemikiran dan Gerakan Islam Indonesia Kontemporer

  • Muljono Damopolii Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Snapshot of Islamic Education in this country can be explained through the historical reality, starting from developmental era to reformation era nowadays. Therefore, Islamic transformation whether thought aspect or movement, which can be understood clearly through explanation about: the first, innovation science epistemology, which emphasizes on religion science and general science have the same embryo is the unity of God. The second, the modern institution especially high education level relating with real institution condition that Islamic education is subordinate. The third, educational contem- porary issues that including Islamic education generally.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. Amin, Studi Agama: Normativitas atau Historisitas?, cet. I, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Anwar, Dewi Fortuna, “Format Politik Orde Baru dan Agenda Pengem-bangan Demokrasi Politik”, dalam Syarofin Arba MF., (ed.), Demitologisasi Politik Indonesia Mengusung Elitisme dalam Orde Baru, Jakarta: PT. Pustaka Cidesindo, 1998.

Azra, Azyumardi, “Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum: Gagasan dan Solusi”, Makalah, disampaikan pada acara Studium General di IAIN Alauddin Makassar, 25 Agustus 2004.

-------, “Masalah dan Kebijakan Pendidikan Islam di Era Otonomi Daerah”, Makalah, dipresentasikan pada Konferensi Nasional Manajemen Pendidikan di Hotel Indonesia, Jakarta, 8–10 Agustus 2002.

-------, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu, 1999.

CD Holy Quran, Keluaran Kelima, Versi 6.50 with Indonesian and English Translation oleh Perusahaan Perangkat Lunak “Sakhr”, 1997.

Damopolii, Muljono, “Corak Pembaruan Pesantren Modern Pendidikan Al-Qur’an IMMIM Tamalanrea Makassar (Perspektif Komponen Kelembagaan dan Keorganisasian)”, Laporan Penelitian, Makassar: UIN Alauddin, 2005.

Fadjar, A. Malik, Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia, 1999.

Lembar Soal Ujian Komprehensif Program Doktor (S3) PPs UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, tanggal 2 Mei 2005.

Nata, Abuddin, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada Media, 2003.

-------, Tokoh-tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2005.

“Pengambilan Sidik Jari Kontraproduktif”, Harian REPUBLIKA, 8 Desember 2005, h. 2. “Program Pengembangan IAIN Alauddin Makassar menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar”, Executive Summary, Makassar: IAIN

Alauddin Makassar, 2005.

Supriyoko, Ki, “UU Guru, antara Hak dan Kewajiban”, Harian MEDIA INDONESIA, 6 Desember 2005.

Suwito, “Pendidikan yang Memberdayakan”, Pidato Pengukuhan Guru Besar Sejarah Pemikiran dan Pendidikan Islam, Jakarta: Institut Agama Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2002.

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, cetakan ketiga, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000.

“Undang-undang Guru Disahkan”, Harian KOMPAS, 7 Desember 2005.

Undang-undang Rebublik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), Bandung: Citra Umbara, 2003.

Undang-undang Rebublik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), Bandung: Citra Umbara, 2003.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 2 Th. 1989) dan Peraturan Pelaksanaannya, cetakan ketiga, Jakarta: Sinar Grafika, 1999.

“UU Guru dan Dosen: Diberi Waktu 10 Tahun Dapatkan Sertifikasi”, Harian MEDIA INDONESIA, 7 Desember 2005.

Published
2007-06-23
How to Cite
Damopolii, M. (2007). POTRET PENDIDIKAN ISLAM: Perspektif Pembaruan Pemikiran dan Gerakan Islam Indonesia Kontemporer. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 10(1), 52-67. https://doi.org/10.24252/lp.2007v10n1a4
Section
Vol.10 No.1
Abstract viewed = 2150 times