PENGARUH PENGORGANISASIAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD INPRES BANGKALA II KOTA MAKASSAR

  • Ridwan Idris Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Evi Lestari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengorgani­sa­si­an dan mutu pen­di­dik­andi SD In­pres Bangkala II Kota Makassar, dan untuk mengetahui pe­nga­ruh pengorganisasian terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah ter­sebut. Penelitian ini menggunakan pen­de­kat­an kuantitatif dengan metode expost fac­to. Sampelnya adalah 17 tenaga pendidik dan ke­pendidikan dari SD Inpres Bang­kala II Kota Makassar. Data diperoleh melalui instrumen angket dan do­ku­mentasi, dan dianali­sis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Ha­sil pe­nelitian menunjukkan bahwa peng­or­ganisasian di SD Inpres Bangkala II Ko­ta Makassar menunjukkan hasil yang belum maksimal atau berada pada ka­te­go­ri rendah (58,82%) dan mutu pendidikan menunjukkan hasil yang baik yang ber­­ada pada kategori sedang (100%). Hasil uji regresi menunjukkan peng­or­ga­ni­sa­sian berpengaruh terhadap pe­ning­katan mutu pendidikan sebesar 50%. Ini ber­ar­ti bahwa mu­tu pendidikan ditentukan oleh faktor lain. Faktor-faktor tersebut ada­lah pe­rencanaan, pelaksanaan dan faktor evaluasi pembelajaran.

Abstract:

This research aims at knowing the description of the organizationality and the quality of edu­cation in the elementary school of Inpres Bangkala II Makassar and knowing the effect of organizationality toward the education quality im­prove­ment in the school. This research was a quantitative approach using expost facto method. The sam­ple was 17 teachers from the elementary school of Inpres Bang­ka­la II Makas­sar. The data were collected using a questionnaire and docu­men­tation, and analyzed using descriptive and inferential statistics. The results of the research showed that the organizational structure of the school was in the low category (52,82%) and the quality of education was in the medium category (100%). The result of reg­res­sion analysis showed that the organizational structure influenced the educational quality improvement of the school with 50% con­tribution. This means that the qua­lity of education of that school was determined by other factors. Those fac­tors were planning, implementation and evaluation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, S. (2016). Eksperime-expost-facto-korelasional-komparatif. Kompasiana, 20 Agustus 2016.

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Al-Qurtubi, S. (2005). Jami' al-Bayân li al-Ahkâm al-Qur'an, juz 1, Mauqi'u al-Tafâsir: Dalam Software Maktabah Samilah.

Bafadal, I. (2003). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Daryanto. (2006). Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Departemen Agama RI. (2006). Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta.

Effendi, S. & Masri S. (1995). Metode Penelitian Survey. Jakarta.

Edward, S. (2011). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Yogjakarta: IRCiSoD.

Hajar, A. (2009). “Aplikasi Fungsi Pengorganisasian Dalam Kepemimipinan Di SMA Negeri 1 Wa¬tam¬pone.” Skripsi, Makassar: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.

http://www.risalahislam.com/2014/02/manusia-terbaik-paling-bermanfaat ramah.html?m=1. Diakses pukul 17.47 WITA, 14 maret 2017.

http://digilib.uin-suka.ac.id/837/1/BAB%20I,%20BAB%20IV,%20DP.pdf diakses 06 Februari 2017. Diakses pukul 18.21 WITA.

https://www.researchgate.net/publication/316281230_Evaluasi_Program_Pembelajaran_dalam_Meningkatkan_Mutu_Pendidikan. Diakses 15 Agustus 2017 pukul 22.22 WITA.

Indonesia, Republik, “Undang-Undang Dasar 1945 No. 20 Tahun 2003. Pasal 3,” dalam ABD.

Jamiluddin. (2017). “Manajemen Pengorganisasian Yayasan Hasyim Asy’ari Yogyakarta”, Blog Jami¬ludin, http://digilib.uin suka.ac.id, diakses (06 februari 2017) pukul 22.22 wita.

Kadir. (2015). Statistika Terapan. Jakarta: Rajawali Pers.

Karlina. (2016). Guru SD Inpres Bangkala II Kota Makassar. Mei 2016.

Komariah, Aan, dan Engkoswara. (2012). Andministrasi Pendidikan. Bandung: Alvabeta.

Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alvabeta.

Malayu, H. (2008). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mawadi. “Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta.”

Mahmud, S. (1976). Al-Hawary Idârah al-Asâs wa al-Ushul al-Ilmiyah. Dar al-Kutub: Mesir.

Nasution, S. (2011). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nasution, S. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Nawawi, H. (2003). Manajemen Strategi Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan dengan Ilustrasi Di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Gadja Mada.

Normawati. (2015). “Manajemen Mutu Pendidikan (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Mo¬del Palu).” Disertasi, Bidang Pendidikan dan Keguruan PPs UIN Alauddin Makassar.

Peraturan Pemerintah No. 13 tahun 2015, Pasal 2 ayat 1 revisi atas Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005.

Riduwan. (2008). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung.

Republik Indonesia. “Undang-Undang Dasar 1945 No. 20 Tahun 2003. Pasal 3,” dalam ABD.

Sagala, S. (2011). Manajemen Startejik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Saefullah. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Siagian, S. P. (2007). Fungsi-fungsi Manajerial. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Siswanto. (2009). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Shihab, Q. (2006). Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an (Volume 11). Jakarta: Lentera Hati, Cet. IV.

Subana, dkk. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Suryadi. (2009). Manajemen Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Sarana Panca Karya Nusa.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Al¬fabeta.

Syamsudduha. (2004). Manajemen Pesantren Teori dan Praktek. Yogyakarta: Graha Guru.

Syukur, F. (2013). Manajemen Pendidikan. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.

Tim, Dosen. (2012). Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Manajemen Pen¬di¬dikan, Bandung: Alvabeta.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1989).

Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. 2 ;Jakarta: Balai Pustaka.

Terry. (2003). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Thabran-AL. (2005). Mu'jâm al-Ausâth, juz 2, (Mauqi'u al-Islam: Dalam Software Maktabah Syamilah.

Usman, H. (2006). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Umar bin Muhammad, Ar-Razi, Tafsir Ar-Râzi, (dalam Software Maktabah Syamilah, Juz 8

Widoyoko, S. E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2017-06-27
How to Cite
Idris, R., & Lestari, E. (2017). PENGARUH PENGORGANISASIAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD INPRES BANGKALA II KOTA MAKASSAR. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(1), 18-30. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1a2
Section
Vol. 20 No. 1
Abstract viewed = 1365 times