PENGARUH PENGORGANISASIAN TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SD INPRES BANGKALA II KOTA MAKASSAR
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengorganisasian dan mutu pendidikandi SD Inpres Bangkala II Kota Makassar, dan untuk mengetahui pengaruh pengorganisasian terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Sampelnya adalah 17 tenaga pendidik dan kependidikan dari SD Inpres Bangkala II Kota Makassar. Data diperoleh melalui instrumen angket dan dokumentasi, dan dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengorganisasian di SD Inpres Bangkala II Kota Makassar menunjukkan hasil yang belum maksimal atau berada pada kategori rendah (58,82%) dan mutu pendidikan menunjukkan hasil yang baik yang berada pada kategori sedang (100%). Hasil uji regresi menunjukkan pengorganisasian berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan sebesar 50%. Ini berarti bahwa mutu pendidikan ditentukan oleh faktor lain. Faktor-faktor tersebut adalah perencanaan, pelaksanaan dan faktor evaluasi pembelajaran.
Abstract:
This research aims at knowing the description of the organizationality and the quality of education in the elementary school of Inpres Bangkala II Makassar and knowing the effect of organizationality toward the education quality improvement in the school. This research was a quantitative approach using expost facto method. The sample was 17 teachers from the elementary school of Inpres Bangkala II Makassar. The data were collected using a questionnaire and documentation, and analyzed using descriptive and inferential statistics. The results of the research showed that the organizational structure of the school was in the low category (52,82%) and the quality of education was in the medium category (100%). The result of regression analysis showed that the organizational structure influenced the educational quality improvement of the school with 50% contribution. This means that the quality of education of that school was determined by other factors. Those factors were planning, implementation and evaluation.Downloads
References
Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arifin, S. (2016). Eksperime-expost-facto-korelasional-komparatif. Kompasiana, 20 Agustus 2016.
Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.
Al-Qurtubi, S. (2005). Jami' al-Bayân li al-Ahkâm al-Qur'an, juz 1, Mauqi'u al-Tafâsir: Dalam Software Maktabah Samilah.
Bafadal, I. (2003). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Daryanto. (2006). Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Departemen Agama RI. (2006). Al-Qur’an dan Terjemahan. Jakarta.
Effendi, S. & Masri S. (1995). Metode Penelitian Survey. Jakarta.
Edward, S. (2011). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan. Yogjakarta: IRCiSoD.
Hajar, A. (2009). “Aplikasi Fungsi Pengorganisasian Dalam Kepemimipinan Di SMA Negeri 1 Wa¬tam¬pone.” Skripsi, Makassar: Fak. Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin.
http://www.risalahislam.com/2014/02/manusia-terbaik-paling-bermanfaat ramah.html?m=1. Diakses pukul 17.47 WITA, 14 maret 2017.
http://digilib.uin-suka.ac.id/837/1/BAB%20I,%20BAB%20IV,%20DP.pdf diakses 06 Februari 2017. Diakses pukul 18.21 WITA.
https://www.researchgate.net/publication/316281230_Evaluasi_Program_Pembelajaran_dalam_Meningkatkan_Mutu_Pendidikan. Diakses 15 Agustus 2017 pukul 22.22 WITA.
Indonesia, Republik, “Undang-Undang Dasar 1945 No. 20 Tahun 2003. Pasal 3,” dalam ABD.
Jamiluddin. (2017). “Manajemen Pengorganisasian Yayasan Hasyim Asy’ari Yogyakarta”, Blog Jami¬ludin, http://digilib.uin suka.ac.id, diakses (06 februari 2017) pukul 22.22 wita.
Kadir. (2015). Statistika Terapan. Jakarta: Rajawali Pers.
Karlina. (2016). Guru SD Inpres Bangkala II Kota Makassar. Mei 2016.
Komariah, Aan, dan Engkoswara. (2012). Andministrasi Pendidikan. Bandung: Alvabeta.
Kompri. (2015). Manajemen Pendidikan. Bandung: Alvabeta.
Malayu, H. (2008). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mawadi. “Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta.”
Mahmud, S. (1976). Al-Hawary Idârah al-Asâs wa al-Ushul al-Ilmiyah. Dar al-Kutub: Mesir.
Nasution, S. (2011). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nasution, S. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.
Nawawi, H. (2003). Manajemen Strategi Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan dengan Ilustrasi Di Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Gadja Mada.
Normawati. (2015). “Manajemen Mutu Pendidikan (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Mo¬del Palu).” Disertasi, Bidang Pendidikan dan Keguruan PPs UIN Alauddin Makassar.
Peraturan Pemerintah No. 13 tahun 2015, Pasal 2 ayat 1 revisi atas Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005.
Riduwan. (2008). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung.
Republik Indonesia. “Undang-Undang Dasar 1945 No. 20 Tahun 2003. Pasal 3,” dalam ABD.
Sagala, S. (2011). Manajemen Startejik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung: Alfabeta.
Saefullah. (2012). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Siagian, S. P. (2007). Fungsi-fungsi Manajerial. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Siswanto. (2009). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Shihab, Q. (2006). Tafsir Al-Misbah, Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an (Volume 11). Jakarta: Lentera Hati, Cet. IV.
Subana, dkk. (2000). Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Suryadi. (2009). Manajemen Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Sarana Panca Karya Nusa.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Al¬fabeta.
Syamsudduha. (2004). Manajemen Pesantren Teori dan Praktek. Yogyakarta: Graha Guru.
Syukur, F. (2013). Manajemen Pendidikan. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.
Tim, Dosen. (2012). Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Manajemen Pen¬di¬dikan, Bandung: Alvabeta.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1989).
Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. 2 ;Jakarta: Balai Pustaka.
Terry. (2003). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Thabran-AL. (2005). Mu'jâm al-Ausâth, juz 2, (Mauqi'u al-Islam: Dalam Software Maktabah Syamilah.
Usman, H. (2006). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Umar bin Muhammad, Ar-Razi, Tafsir Ar-Râzi, (dalam Software Maktabah Syamilah, Juz 8
Widoyoko, S. E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Copyright (c) 2017 Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).