MENGENALKAN MEDITASI SUFISTIK KE DUNIA PENDIDIKAN

  • Salahuddin Sopu Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Tulisan ini mencoba memaparkan dan mengenalkan praktek meditasi sufi ke da­lam dunia pendidikan. Secara khusus meditasi yang dikenalkan di sini adalah me­ditasi yang dipraktikkan dalam Tarekat Qadiriah Hanafiyah dan diyakini se­bagai salah satu metode menuju penyembuhan fisik, mental dan spiritual, per­lin­du­ngan diri dari segala bahaya, dan pencerahan hati. Meditasi dalam dunia pen­di­dikan kita masih merupakan sesuatu yang asing, tidak dikenal. Ini berbeda mi­salnya dengan negara-negara maju semisal Amerika Serikat dan Eropa yang su­dah memasukkan program meditasi ini ke dalam kurikulum mereka.

Abstract:

This paper attempts to describe and introduce the practice of sufistic meditation into the formal education. In particular, the meditation introduced here is the me­di­ta­ti­on practiced in the Qadiriyah Hanafiah method, believed to be one of the methods toward physical, mental, and spiritual healing, self-protection from all dangers, and hearth enlightenment. Meditation in edu­ca­ti­on field is still unfa­mi­liar or unknown. This is different from the education in the de­ve­loped countries such as United States and Europe that have incorporated this me­di­tation program into their educational curriculum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustian, A. G. (2004). ESQ (Emotional Spiritual Quotient). Jakarta, Penerbit ARGA.

Armstrong, A. (1995). Sufi Terminology, The Mistical Language of Islam, A.S. Noordeen. Malaysia.

Benson, H. (1984). Beyond the Relaxation Response Berkley Books.

Al-Bukhârî, I. (1958). Shahîh al-Bukhari. t.t.: Mathâbi‘ asy-Syu‘ab.

Byrne, R. (2007). The Secret. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Hanafiah, M. A. (1997). Tarekat Qadiriyah Abrariyah. Padang, t.p.

http://marc.ucla.edu/body.cfm?id=77#”

http://www.nbcnews.com/nightly-news/san-francisco-schools-transformed-power-meditation-n276301″

Humphrey, N. (1999). Meditasi: Jalan ke dalam Diri, Cara Memanfaatkan Meditasi untuk Pengembangan Diri. Cet. I; Jakarta: Dinastindo.

Ibn Hanbal, A. Musnad Imam Ahmad, 212, 18/195; Al-Muntakhab min al-Musnad, 1/102.

Khrisna, A. Sehat dalam Sekejap dengan Meditasi Dinamis Ananda (MeDiNa). Jakarta, PT. Gramedia Pustaka.

Murata, S. (1992). The Tao of Islam: A Sourcebook on Gender Relationship in Islamic Thought. New York: State University of New York Press,

O’Riordan, L. R.N. (1999). Seni Penyembuhan Sufi. Jakarta: Serambi.

Rahman, A. (2004). Sastra Ilahi, Ilham Sirriyah Tuangku Syekh Muhammad Ali Hanafiah. Penerbit Hikmah.

Schimmel, A. (1975). Mistical Dimension of Islam. Chapel Hill: The University of Carolina Press.

Al-Suyuthi, J. Bab al-Qaul al-Asybah fi hadits Man arafa nafsahu faqad ‘arafa Rabbahu).

Published
2017-06-27
How to Cite
Sopu, S. (2017). MENGENALKAN MEDITASI SUFISTIK KE DUNIA PENDIDIKAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(1), 31-40. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1a3
Section
Vol. 20 No. 1
Abstract viewed = 874 times