PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA PESERTA DIDIK YANG DIBERI TUGAS KELOMPOK DENGAN TUGAS INDIVIDU DI KELAS IX MTs. MADANI ALAUDDINPAOPAO KABUPATEN GOWA
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara peserta didik yang diberi tugas kelompok dengan peserta didik yang diberi tugas individu. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX. Sampelnya terdiri dari kelas IXB dan kelas IXC. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa peserta didik kelas IXB memiliki nilai rata-rata kemampuan awal 66,57 dan nilai rata-rata posttest 75,53. Sedangkan, kelas IXC memiliki nilai rata-rata kemampuan awal yaitu 72,97 dan nilai rata-rata posttest adalah 51,50. Hasil analisis data inferensial yaitu; normal dan homogen, sehingga untuk pengujian hipotesis digunakan uji t, dan diperoleh thitung = 6,194 > ttabel = 2,000 dengan nilai sig.(2-tailed) < α atau 0,000 < 0,05, sehingga H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika peserta didik kelas IX MTs. Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa antara yang diberi tugas kelompok dengan tugas individu. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemberian tugas kelompok lebih efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Abstract:
This study aims to find out: differences in the learning outcomesamong learners who are given group assignments with learners given individual assignments.This type of research is a quasi experimental research. Population in this study were all students of class IX. The sample consisted of class IXBand class IXC. Data analysis techniques used are descriptive statistics and inferential statistics.The results of descriptive data analysis showed that the students of class IXB had an average initial ability score of 66,57 and a posttest average of 75,53. Meanwhile, class IXC had an average initial ability score of 72,97 and a posttest average of 51,50. The result of inferential data analysis utilizing the normality and homogeneity test of both classes which were used as research sample proved to be normal and homogeneous. Therefore, the hypothesis testing used t test whih resulted in tcount = 6,194> ttable = 2.000 with sig score. (2-tailed) <α or 0,000 <0,05. Therefore, the H0 is rejected which means that there is a significant difference between group work and individual work in mathematics learning outcome of the students in IX class Islamic junior high school of Madani Alauddin Paopao Gowa regency. Research findings indicate that giving group tasks more effectively can improve learners’ learning outcomes.Downloads
References
Allen, K. N. & Bruce, D. F. (2010). “Affective Learning: A Taxonomy for Tea¬ching Social Work Values.” Journal of Social Work Values and Ethics, vol. 7 no. 2: h. 1-12.
Amanati, L. (2008). Pengaruh Pemberian Umpan Balik Terhadap Motivasi Belajar Ma¬te¬ma¬ti¬ka Siswa. Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.
Azimzadeh, M. (2014). “The Effects of Task Repetition on The Fluency, Accuracy and Com¬ple¬xi-ty of Turkish efl Learner’ Oral Production.”International Journal of Language Academy, vol. 2: h. 95-108.
Faizah, N. (2009). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa de¬ngan Metode Resitasi. Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tar¬biyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Fitri, Rahma, Helma & Hendra, S. (2014). “Penerapan Strategi The Firing LinePada Pem¬be-lajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh.” Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 3 no. 1: h. 18-22.
Hermawati, A. (2008). Perbedaan Hasil Belajar Matematika dengan Pemberian Tugas Secara Ber¬kelompok dan Individual Siswa Kelas VIII SMPN 3
Kertosono. Skripsi, Malang: Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Error! Hyperlink reference not valid. (Diakses 13 Mei 2012).
Ibrahim. Evaluasi Pendidikan. (2012). Jakarta: Rineka Cipta.
Ikramullah. (2016). Perbandingan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Yang Diberi Tugas Kelompok de¬ngan Siswa Yang Diberi Tugas Individu dalam Mata Pelajaran Geografi Kelas IX SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah. Skripsi. Banda Aceh: Jurusan Pendidikan Ge¬ografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Indriani, D. “Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Antara Siswa Yang Diberi Tugas La-tihan Soal Secara Kelompok Dengan Individual Pada Soal Uraian Dalam Pem¬be¬lajaran Matematika (Studi Eksperimen di Kelas VIII MTs ANNUR Kota Cirebon).” Skripsi. Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Ismail dkk. (2014). “Kapita Selekta Matematika,” dalam Ali Hamzah dan Muhlisraini, eds. Pe-ren¬ca¬na¬an dan Strategi Pembelajaran Matematika. Cet. II; Jakarta: Rajawali Pers.
Keyes, M, & Kylie, B. (2008). “Group Learning in Law.” Journal Tittle: Griffith Law Review, vol. 17 no. 1: h. 356-382.
Listiani, A. T. (2014). Hubungan Antara Metode Pemberian Tugas dengan Prestasi Belajar Siswa Pa¬da Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas VIII MTs. Al Futuhiyyah Bumirejo Wo¬no¬so¬bo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fa-kultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Permatasari, Aprilia, I., Bakti, M., & Nanik, D. N. (2014). “Efektivitas Peng¬gu¬na¬an Model Pembelajaran Joyful Learningdengan Metode Pemberian Tugas Terhadap Pres¬tasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 SIMO Tahun Pelajaran 2012/2013.” Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), vol. 3. no. 1: h. 117-122.
Pulungan, I. (2015). “Penggunaan Metode Penugasan Kelompok Pada Workshop Bedah SKL Gu¬ru IPA MTs. Se Kabupaten Serdang Bedagai,”Official Website of Dra. Hj. Intan Pulungan, M.Pd. https://sumut2.kemenag.go.id/files/sumut/file/file/TULISAN¬PENGAJAR/na-db1428569773.pdf (27 Januari 2015).
Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, D. Y. (2013). Perbedaan Kemandirian Siswa dalam Belajar Matematika Melalui Pem¬be-rian Tugas Secara Kelompok dan Individual Kelas VII SMP Negeri 7 Salatiga. Skripsi, Sa-latiga: Jurusan Pendidikan Matematika, Universitas Kristen Satya Wacana. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Sari, P. (2017) “Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui Pen-de¬katan PMRI”. Jurnal Gantang, vol. 2 no. 1, Maret 2017: h. 41-50.
Schmer, Carol, Peggy, W. S., & Jane, P. (2011). “Learning Outcomes Associated with Group Assignments.” Journal of Online Learning and Teaching, vol. 7 no. 3, September 2011: h. 349-353.
Sideeg, A. (2016). “Bloom’s Taxonomy, Backward Design, and Vygotsky’s, Zone of Proximal Development in Crafting Learning Outcomes.” International Journal of Linguistics, vol. 8. no. 2: h. 158-186.
Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar mengajar. Cet VII; Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cet. 11; Bandung: PT Remaja Ro¬da-kar¬ya.
Susanti, H. (2013). Penerapan Metode Pemberian Tugas Menggunakan Mind Mapping Untuk Me¬ning¬katkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 008 Kualu Kecamatan Tambang Ka-bu¬paten Kampar. Skripsi, Riau: Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Uni¬ver-sitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Umroh, F. F . (2016). Pengaruh Metode Pemberian Tugas Secara Kelompok dan Metode Pemberian Tugas Secara Individu Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Mojo Kediri. Skripsi, Kediri: Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI.
Copyright (c) 2017 Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).