PROBLEMATICS OF ONLINE LEARNING IN INDONESIA

  • Haerani Nur Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Hasniar AR The University of Kitakyushu
    (JP)
  • Eka Damayanti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-2441-6700
  • Hadisaputra Hadisaputra Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
Keywords: Online Learning, the Readiness of Learning, Independence, Social Support

Abstract

Abstract:

This study aims to explore the dynamics of online learning in Indonesia and reflect on the effectiveness of the teaching and learning processes. A question of interest is: How have people adapted to these changes? This was investigated via a systematic literature review (SLR), which involved 30 journal articles. Google Scholar was the source of these articles. The literature review reveals that teacher and lecturer readiness, student independence, availability of facilities, and parental support are the principal factors in determining the effectiveness of online learning across all education levels. The adaptation process is marked by deliberate attempts to enhance teaching skills (from teachers and lecturers), undergo the learning process (from students and university students), provide online learning facilities (from education providers such as schools and colleges), and offer support (from parents). Failure to adapt to any of these parties could potentially create issues that affect the effectiveness of online learning. The findings of this research can serve as a foundation for initiating programs aimed at improving the quality of online learning in Indonesia.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dinamika pembelajaran online di Indonesia dan merefleksikan efektivitas proses belajar mengajar. Pertanyaan yang menarik adalah: Bagaimana masyarakat beradaptasi terhadap perubahan ini? Hal ini diselidiki melalui tinjauan literatur sistematis (SLR), yang melibatkan 30 artikel jurnal. Google Cendekia adalah sumber artikel ini. Tinjauan literatur mengungkapkan bahwa kesiapan guru dan dosen, kemandirian siswa, ketersediaan fasilitas, dan dukungan orang tua merupakan faktor utama dalam menentukan efektivitas pembelajaran daring di semua jenjang pendidikan. Proses adaptasi ditandai dengan upaya yang disengaja untuk meningkatkan keterampilan mengajar (dari guru dan dosen), menjalani proses pembelajaran (dari pelajar dan mahasiswa), menyediakan fasilitas pembelajaran online (dari penyelenggara pendidikan seperti sekolah dan perguruan tinggi), dan menawarkan dukungan (dari orang tua). Kegagalan beradaptasi dengan salah satu pihak tersebut berpotensi menimbulkan permasalahan yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran online. Temuan penelitian ini dapat menjadi landasan untuk memulai program yang bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran online di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputra, P. A. T. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 pada Pelayanan Pasien Kanker di Rumah Sakit Tersier di Indonesia: Serial Kasus. JBN (Jurnal Bedah Nasional), 4(1). https://doi.org/10.24843/JBN.2020.v04.is01.p07.

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(2). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314.

Amalia, R. U., Isnaeni, B., & Hanafi, Y. (2020). Analisis kendala peserta didik dalam pembelajaran online materi biologi di Smp Negeri 3 Bantul. Bio Education, 5(2). https://media.neliti.com/media/publications/379316-none-e87251bd.pdf.

Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Psikolog, 16(2). https://doi.org/10.24014/jp.v16i2.10395.

Arini, N. M., & Wiguna, I. B. A. A. (2021). Hambatan Dan Kendala Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pasca Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3). https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/1356.

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 95–99. https://doi.org/10.29210/02733jpgi0005.

Choirunisa, M. I., & Abidin, Z. (2022). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Selama Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1864.

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094.

Fajrin, N. D., & Wulandari, S. (2021). Kendala dan solusi pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar se-Pulau Madura. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 6(4). https://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/download/776/pdf.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan pembelajaran daring matematika pada masa pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514.

Firman, F., Sari, A. P., & Firdaus, F. (2021). Aktivitas Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring Berbasis Konferensi Video: Refleksi Pembelajaran Menggunakan Zoom dan Google Meet. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 130–137. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.969.

Fradisa, L., Primal, D., & Gustira, L. (2022). Analisis Pembelajaran daring dalam pembelajaran IPA di SMA/MA di Indonesia Pasca Pandemi Covid-19: Sebuah Literatur Reviews. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 105(2), 79.

Gloria, J. T. (2021). Stress pada ibu terhadap pembelajaran daring selama Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif, 1(1).

Hanik, N. R., & Wiharti, T. (2021). Tanggapan dan Kendala Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring serta Harapannya Pada Pembelajaran dan Praktikum selama Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4). https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.238.

Husna, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 428–436. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3333.

Husniyyah, S. N., & Azwar, A. G. (2021). Analisa Tingkat Stres Orang Tua Selama Mendampingi Anak Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Seminar Sosial Politik, Bisnis, Akuntansi Dan Teknik (SoBAT) Ke-3.

Indra, R., Lian, G. C., Putri, J. A. I., Valencia, L., Santoso, Y. E. S. U., & Yosua, I. (2021). Gambaran Stres Kerja dan Koping Guru SMA saat Pembelajaran Daring selama Pandemi. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 1(01). https://doi.org/10.35814/mindset.v1i01.2577.

Jariyah, I. A., & Tyastirin, E. (202 C.E.). Proses dan kendala pembelajaran biologi di masa pandemi Covid-19: Analisis respon mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 183–196. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.224.

Khusnah, L. (2020). Persepsi Guru IPA SMP/MTs terhadap Praktikum IPA Selama Pandemi COVID-19. Science Education and Application Journal, 2(2), 112–118. https://doi.org/10.30736/seaj.v2i2.291.

Kuntarto, E., Sofwan, M., & Mulyani, N. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru Dan Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 49–62. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.15742.

Kurniati, T., Yusup, I. R., Hermawati, A. S., Kusumahwardani, D., Wijayanti, D., & Irhamudzikri, I. (2021). Respon guru terhadap kendala proses pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 40–46. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/765.

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring selama masa pandemi Covid 19. Jurnal Psikologi, 10(1). https://doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454.

Mar’aha, N. K., Rusilowatia, A., & Sumarnia, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/660.

Mashuri, K. (2020). Strategi Pembelajaran Daring Guru Sekolah Menengah Pertama Di Era Covid-19 Studi Pada Guru Smp Negeri I Bahorok Kabupaten Langkat. Jurnal Berbasis Sosial, 1(2), 10–18.

Nabila, H., & Sulistiyaningsih, D. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Microsoft Teams Kelas XI SMA NEGERI 9 Semarang. Edusainstech, Prosiding Seminar, FMIPA UNIKUS 2020, 62–71.

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2).

Niani, C. R., & Rahma, C. (2020). Analisis kendala sistem belajar daring terhadap pembelajaran matematika di kampus. Math Educa Journal, 4(2), 114–122. https://doi.org/10.15548/mej.v4i2.1730.

Novita, D., & Hutasuhut, A. R. (2020). Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Unimed Medan, June, 1–11.

Patonah, S., Afandi, A. A., & Fajriani, V. M. (2021). Gambaran Tingkat Stres Orang Tua Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di Esa Trembes Kecama Tan Malo Kabupaten Bojonegoro Tahun 2021. Asuhan Kesehatan: Jurnal Ilmiah Ilmu Kebidanan Dan Keperawatan, 12(2), 12–19.

Praditama, A. G., Suhardi, S., & Hartono, H. (2022). Kelebihan dan Hambatan Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Pertama pada Masa Pandemi COVID-19. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 137–151. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3923.

Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala pembelajaran daring selama pandemic covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/603.

Prayoga, H. D., Fitrianto, A. T., Habibie, M., & Mustafa, P. S. (2022). Implementasi pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK kelas IX sekolah menengah pertama. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 21(1), 1. https://doi.org/10.20527/multilateral.v21i1.10684.

Primandari, A. H., & Kesumawati, A. (2020). Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik Menggunakan Problem Based Learning dan Strategi Blended Learning. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 2(2). https://doi.org/10.20885/rpi.vol2.iss2.art2.

Purwasih, R., & Elshap, D. S. (2021). Belajar Bersama Covid-19:Review Impelementasi, Tantangan Dan Solusi Pembelajaran Daring Pada Guru-Guru Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 940. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3545.

Putra, N. P., Sudarmiani, S., & Rifai, M. (2021). Analisis Kendala Guru dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPS Pada Masa Pandemi COVID-19: Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Kota Madiun. Gema Wiralodra, 12(2), 377–391.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2). https://doi.org/10.31316/esjurnal.v7i2.768.

Rofiah, S. (2021). Pengaruh pembelajaran online terhadap stres akademik siswa di SMA negeri 1 Kepanjen. Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36835/jcbkp.v4i1.970.

Rohimat, S. (2021). Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring Di Sma Negeri 6 Kota Serang Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(2), 90–97. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v3i2.2088.

Rosyanti, L., & Hadi, I. (2020). Dampak Psikologis dalam Memberikan Perawatan dan Layanan Kesehatan Pasien COVID-19 pada Tenaga Profesional Kesehatan. Health Information: Jurnal Penelitian, 12(1), 107–130. https://doi.org/10.36990/hijp.vi.191.

Safitri, S., & Panjaitan, E. U. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Biologi di SMA N 2 Rantau Selatan. Jurnal Edu-Bio:Education and Biology, 03(02), 8–14.

Setiono, P., Handayani, E., Selvia, S., & Widian, W. (2020). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pedidikan Dasar, 3(3). https://doi.org/10.33369/juridikdas.3.3.402-407.

Sholeh, A. (2021). Implementasi Pendekatan Home Visit Upaya Mengatasi Problematika Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemic Covid – 19. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(1), 80–89. https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i1.5155.

Silaen, S. (2021). Potret Model Pembelajaran Daring Online terhadap Perkuliahan Praktikum Masa Pandemi Covid-19. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1490.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347.

Sulistyo, R., & Alyani, F. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Matematika di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.849.

Susanty, S. (2020). Inovasi Pembelajaran Daring Dalam Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2). https://doi.org/10.47492/jih.v9i2.289.

Syelitiar, F., & Putra, A. (2021). Systematic Literatur Review: Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Sepren, 2(2), 23–31. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.490.

Tasdik, R. N., & Amelia, R. (2021). Kendala Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring Matematika di Situasi Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 510–521. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.536.

Thaha, A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147–153.

Toquero, C. M. (2020). Challenges and Opportunities for Higher Education Amid the COVID-19 Pandemic: The Philippine Context. Pedagogical Research, 5(4). https://eric.ed.gov/?id=EJ1263557.

Ulfia, N. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19: Refleksi Para Siswa. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1). https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/Prosiding/article/view/1119.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252.

Wandini, A. S., & Lubis, F. Y. (2021). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran secara Daring pada Belajar dari Rumah (BDR) jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Basicedu, 5(4), 1985–1997.

Wardah, R., & Farisia, H. (2021). Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19: Implementasinya pada Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2008–2017. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.908.

Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Problematika pembelajaran daring dalam perspektif mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 100–115. https://doi.org/10.30651/else.v4i2.5340.

Wulandari, M. A., Arga, H. S. P., Kelana, J. B., Altaftazani, D. H., & Siti, R. (2020). Analisis Pembelajaran “Daring” Pada Guru Sekolah Dasar Di Era Covid-19. P2M STKIP Siliwangi, 7(2). https://doi.org/10.22460/p2m.v7i2p%25p.2002.

Yamamoto, G. T. (2020). The coronavirus and the rising of online education. Journal of University Research, 3(1). https://epale.ec.europa.eu/en/node/155875.

Yanti, N., Syam, F. M., & Fitriani, W. (2020). Gambaran Stress Kerja Guru Selama Pandemi Covid-19 di SD IT Madani Islamic School Payakumbuh. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 247–253. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i2.247-253.

Published
2023-12-22
How to Cite
Nur, H., AR, H., Damayanti, E., & Hadisaputra, H. (2023). PROBLEMATICS OF ONLINE LEARNING IN INDONESIA. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 26(2), 385-397. https://doi.org/10.24252/lp.2023v26n2i12
Section
Article
Abstract viewed = 144 times