PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MTS MADANI ALAUDDIN KABUPATEN GOWA
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menajemen kelas terhadap keaktifan peserta didik di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa dengan jumlah 337 peserta didik dan sampel penelitian yang berjumlah 84 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk manajemen kelas dan skala untuk keaktifan belajar. Teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial dengan regresi sederhana. Berdasarkan teknik analisis data statistik deskriptif, manajemen kelas di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa berada pada kategori sedang dan keaktifan belajar peserta didik di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa berada pada kategori sedang. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,250 lebih besar dari pada nilai t tabel distribusi dengan nilai 1,980 dengan taraf signifikansi sebesar 5% (3,250 > 1,980) = (thitung > ttabel) berarti ada pengaruh manajemen kelas terhadap keaktifan belajar peserta didik di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa.
Abstract:
This study aims to determine the influence of class management on the learner activity in MTs Madani Alauddin Gowa. This research was quantitative research and the approach was Ex Post Facto. The population in this study were all students in MTs Madani Alauddin with 337 learners and the sample of research which amounted to 84 students. The instrument used in this study was a questionnaire for classroom management and scales for learning activity. Data analysis techniques used were descriptive statistics and inferential analysis techniques with simple regression. Based on descriptive statistical analysis, class management at MTs Madani Alauddin Gowa Regency was in the medium category and the learning activity of learners in MTs Madani Alauddin Gowa Regency was in the medium category. While the results of inferential statistical analysis showed the value of t arithmetic of 3.250 is greater than the value of t distribution table with the value of 1.980 with a significance level of 5% (3.250> 1.980) = (t count> t table) means there is influence of classroom management on the learning activities of learners in MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa.Downloads
References
Afiif, A., & Ridwan, I. (2016). “Pengaruh Implementasi Manajemen Kelas terhadap Pe¬rilaku Belajar Mahasiswa pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakul¬tas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar”, Lentera Pendidikan Vol. 19, No. 2: h. 131-145.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cip¬ta.
Danim, S. (2002). Inovasi Pendidikan, Cet. I; Bandung: Pustaka Setia.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar, Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif, Cet. VII; Jakarta: Ra¬jaGra¬findo Persada.
Getteng, A. R. (2014). Menuju Guru Profesional dan Beretika, Cet. IX; Yogyakarta: Grha Guru.
Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasimdo Widiasarana.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Cet. X; Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Ismail, M. I. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Alauddin Uni¬ver¬sity Press.
Muhaimin. (2009). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Priansa, D. Juni. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran, Cet. I; Bandung: Al¬fabeta.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. III; Ja¬karta: Balai Pustaka.
Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Cet. XXII; Jakarta: RajaGrafindo Per¬sa¬da.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif, Bandung: Al¬fabeta.
Sulistyani, S. N. (2012). “Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penerapan Me¬tode Guided Note Taking pada Mata Diklat Memilih Bahan Baku Busana di SMKN 4 Yogyakarta”, Studia Islamika 27, No. 3: h. 137-152.
Supranto, J. (2008). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.
Usman, M. U. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wiyani, N. A. (2013). Manajemen Kelas, Cet.I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yamin, M., & Maisah. (2009). Manajemen Pembelajaran Kelas Strategi Meningkatkan Mu¬tu Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press.
Copyright (c) 2017 Rosdiana Rosdiana, Nuryamin Nuryamin, Mahammad Rusydi Rasyid, Ahmad Afiif
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).