PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MTS MADANI ALAUDDIN KABUPATEN GOWA

  • Rosdiana Rosdiana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nuryamin Nuryamin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mahammad Rusydi Rasyid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Afiif Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menajemen kelas terhadap ke­aktifan peserta didik di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa. Jenis peneli­ti­an ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian yang digu­na­kan adalah Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta di­dik di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa dengan jumlah 337 peserta didik dan sampel penelitian yang berjumlah 84 peserta didik. Instrumen yang diguna­kan dalam penelitian ini adalah angket untuk manajemen kelas dan skala untuk ke­aktifan belajar. Teknik analisis data yang digunakan ialah statistik deskriptif dan teknik analisis inferensial dengan regresi sederhana. Berdasarkan teknik ana­li­sis data statistik deskriptif, manajemen kelas di MTs Madani Alauddin Ka­bu­pa­ten Gowa berada pada kategori sedang dan keaktifan belajar peserta didik di MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa berada pada kategori sedang. Sedang­kan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai t hitung sebesar 3,250 le­bih besar dari pada nilai t tabel distribusi dengan nilai 1,980 dengan taraf signifi­kan­si sebesar 5% (3,250 > 1,980) = (thitung > ttabel) berarti ada pengaruh mana­je­men kelas terhadap keaktifan belajar peserta didik di MTs Madani Alauddin Ka­bu­paten Gowa.

Abstract:

This study aims to determine the influence of class management on the learner acti­vity in MTs Madani Alauddin Gowa. This research was quantitative research and the approach was Ex Post Facto. The population in this study were all stu­dents in MTs Madani Alauddin with 337 learners and the sample of research which amounted to 84 students. The instrument used in this study was a ques­tion­naire for classroom management and scales for learning activity. Data ana­lysis techniques used were descriptive statistics and inferential analysis tech­niques with simple regression. Based on descriptive statistical analysis, class ma­na­gement at MTs Madani Alauddin Gowa Regency was in the medium category and the learning activity of learners in MTs Madani Alauddin Gowa Regency was in the medium category. While the results of inferential statistical analysis showed the value of t arithmetic of 3.250 is greater than the value of t distribution table with the value of 1.980 with a significance level of 5% (3.250> 1.980) = (t count> t table) means there is influence of classroom management on the learning activities of learners in MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afiif, A., & Ridwan, I. (2016). “Pengaruh Implementasi Manajemen Kelas terhadap Pe¬rilaku Belajar Mahasiswa pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakul¬tas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar”, Lentera Pendidikan Vol. 19, No. 2: h. 131-145.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cip¬ta.

Danim, S. (2002). Inovasi Pendidikan, Cet. I; Bandung: Pustaka Setia.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar, Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif, Cet. VII; Jakarta: Ra¬jaGra¬findo Persada.

Getteng, A. R. (2014). Menuju Guru Profesional dan Beretika, Cet. IX; Yogyakarta: Grha Guru.

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Grasimdo Widiasarana.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Cet. X; Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ismail, M. I. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Alauddin Uni¬ver¬sity Press.

Muhaimin. (2009). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Priansa, D. Juni. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran, Cet. I; Bandung: Al¬fabeta.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet. III; Ja¬karta: Balai Pustaka.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Cet. XXII; Jakarta: RajaGrafindo Per¬sa¬da.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif, Bandung: Al¬fabeta.

Sulistyani, S. N. (2012). “Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penerapan Me¬tode Guided Note Taking pada Mata Diklat Memilih Bahan Baku Busana di SMKN 4 Yogyakarta”, Studia Islamika 27, No. 3: h. 137-152.

Supranto, J. (2008). Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga.

Usman, M. U. (2009). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wiyani, N. A. (2013). Manajemen Kelas, Cet.I; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yamin, M., & Maisah. (2009). Manajemen Pembelajaran Kelas Strategi Meningkatkan Mu¬tu Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press.

Published
2017-06-30
How to Cite
Rosdiana, R., Nuryamin, N., Rasyid, M. R., & Afiif, A. (2017). PENGARUH MANAJEMEN KELAS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MTS MADANI ALAUDDIN KABUPATEN GOWA. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(1), 112-126. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1i9
Section
Vol. 20 No. 1
Abstract viewed = 1320 times