PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PADA PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH / SEKOLAH DASAR

  • Elsunarti Elsunarti Program Magister Prodi PGMI UIN Sultan Syarif Kasim Riau
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Pendidikan di sekolah dasar bertujuan agar siswa bisa mendapatkan pema­ha­man, keterampilan, dan keahlian dalam hidup. Agar siswa dapat mmperoleh pe­mahaman, keterampilan dan keterampilan belajar yang dibutuhkan, harus diser­tai dengan pendekatan pembelajaran yang dapat menarik minat siswa. Pen­de­ka­tan dalam pembelajaran dapat meningkatkan kreatifitas berfikir siswa. Kem­am­pu­an pemecahan masalah, pemikiran kritis dan pemikiran kreatif menjadi ke­bu­tuhan bagi siswa untuk menghadapi dunia nyata. Menulis adalah salah satu tun­tutan yang harus dimiliki dalam proses belajar siswa. Menulis adalah bentuk ke­mampuan berbicara dan kemampuan berbahasa setelah mendengarkan, kemam­puan berbicara, dan membaca. Kemampuan berpikir dan bernalar sangat erat kaitannya dengan pemikiran kritis. Kemampuan berpikir kritis di Madrasah Ibti­dai­yah (MI)/Sekolah Dasar (SD) akan lebih menekankan pada be­lajar mandiri dan kreativitas yang bermuara pada perbaikan proses pendidikan.

Abstract:

Education in primary schools is aimed at getting students to gain understanding, skills and skills in life. In order for students to obtain the necessary unders­tanding, skills and learning skills, it must be accompanied by a learning approach that can attract students' interest. Approach in learning can improve student's thinking creativity. Problem solving skills, critical thinking and creative thinking become the need for students to face the real world. Writing is one of the de­mands that must be had in the learning process of students. Writing is a form of speech and language skills after listening, speaking, and reading. The ability to think and reason is closely related to critical thinking. The ability to think cri­tically in Madrasah Ibtidaiyah (MI)/Elementary School (SD) will be more em­phasis on self-learning and creativity that leads to improvement of the edu­ca­tional process.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, S. (2013). “Hubungan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Limapuluh Tahun Pembelajaran 2012/2013”, Skripsi. Medan : FBS Unimed.

Iskandarwassid. (2009). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurhayati. (2013). “Peningkatan Kreativitas dan Prestasi Belajar pada Materi Minyak Bumi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Crossword. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (4), 2013.

Santosa, P. (2005). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: UT.

Shanty, I. L. dkk. (2006). Menulis (Modul). Pekanbaru: Cendikia Insani.

Slamet. (2008). Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indenesia. Surakarta: LPP dan UPT Penerbiatan dan Percetakan UNS Press.

Subana, M. (2009). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Tarigan, H. G. (1982). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published
2017-06-30
How to Cite
Elsunarti, E. (2017). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PADA PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH / SEKOLAH DASAR. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(1), 127-133. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n1i10
Section
Vol. 20 No. 1
Abstract viewed = 1083 times