PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN SIKAP DAN PENGETAHUAN SISWA
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan saintifik dipadu pendidikan karakter yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif atau untuk meningkatkan kompetensi sikap dan pengetahuan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan (4-D) yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subyek penelitian adalah siswa SMAN 2 Kota Bima kelas X tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, instrumen penilaian sikap, tes uraian, pilihan ganda, lembar observasi, dan angket respon siswa. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran secara umum memenuhi kriteria kelayakan, efektif untuk meningkatkan sikap, dan pengetahuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran biologi berorientasi pendidikan karakter dapat meningkatkan kompetensi sikap dan pengetahuan siswa.
Abstract:
The study aimed to find out the development, the validity, the practicality, and the effectiveness of biology learning media based on the scientific approach and the character education to enhance students’ attitudes and knowledge competencies. The study used Research and evelopment method of Thiagarajan’s development model consisting of 4 stages, namely, define, design, develop, and disseminate. The try-out phase of research product was conducted on the 10th grade students of SMAN 2 Kota Bima of academic year 2017/2018. The validation sheet, attitude observation sheet, essay test, multiple choice test, observation sheet, and student’s response questionnaire were used as the instruments of this study. The research findings showed that generally, the biology learning media based on scientific approach and character education orientation was valid, practical, and effective to enhance students’ attitudes and knowledge competencies.
Downloads
References
Abidin, Y. (2012). Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Berorientasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 164–178. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/viewFile/1301/1082
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.
Amran, Perkasa, M., Satriawan, M., Jasin, I., & Irwansyah, M. (2019). Assessing Students 21st Century Attitude and Environmental Awareness: Promoting Education for Sustainable Development through Science Education. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2), 1–5. Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1157/2/022025/pdf
Arsyad, N. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Perangkat Pembelajaran. PPs Universitas Negeri Surabaya.
Budimah, Herpratiwi, & Rosidin, U. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Karakter Materi Kalor SMP Kelas VII di Bandar Lampung. Jurnal Sains dan Pendidikan, 1(1), 1–8. Retrieved from http://pasca.unila.ac.id/wp-content/uploads/2013/07/3.PENGEMBANGAN-MODUL-PEMBELAJARAN-IPA-BERBASIS-KARAKTER-MATERI-KALOR-SMP-KELAS-VII-DI-BANDAR-LAMPUNG.pdf
Lubana, L., Prasetyo, A. P. B., & Cahyono, E. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Kasus dan Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Innovative Science Education, 2(1), 1–7. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/download/1286/1247
Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/viewFile/2898/2927
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mundilarto. (2013). Membangun Karakter melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 153–163. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/121504-ID-membangun-karakter-melalui-pembelajaran.pdf
Mustami, M. K., & Irwansyah, M. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Pendekatan Saintifik di SMA. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 18(2), 236–247. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/925/894
OECD. (2016). PISA 2015. Draft Science Framework. New York: OECD Printeng Office.
Perkasa, M., & Aznam, N. (2016). Pengembangan SSP Kimia Berorientasi Pendidikan Berkelanjutan untuk Meningkatkan Literasi Kimia dan Kesadaran terhadap Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 46–57. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/viewFile/10269/8068
Putri, E. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Menggunakan Metode Problem Solving (Pemecahan Masalah) dengan Metode Ceramah pada Siswa Kelas X IPS SMAN 3 Teladan Bukit Tinggi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2), 99–106. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/download/5174/2915
Putri, H. R., Ibrahim, M., & Soetjipto. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terintegrasi dengan Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(2), 942–948. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/viewFile/503/356
Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahyuni, L. P. E. S., Wiyasa, K. N., & Putra, M. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS dan Sikap Sosial. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–9. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/download/7580/5175
Copyright (c) 2019 Muhammad Irwansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).