PENERAPAN METODE PROJECT-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN METODOLOGI PENELITIAN BIDANG KONSELING
Abstract
Abstrak:
Tujuan penelitian adalah meningkatkan keaktifan dan keterampilan mahasiswa dalam penguasaan metodologi penelitian bidang konseling, terutama keterampilan merumuskan masalah penelitian, keterampilan memilih teori yang relevan dengan masalah penelitian, keterampilan merumuskan tujuan penelitian, keterampilan memilih metode penelitian, keterampilan memilih teknik sampling, keterampilan memilih teknik pengolahan data, dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam memahami metodologi penelitian bidang konseling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini mahasiswa semester VI berjumlah 32 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antusiasme dan aktivitas mahasiswa meningkat dengan penerapan metode Project-Based Learning. Proses pembelajaran metode Project-Based Learning dapat meningkatkan penguasaan mahasiswa tentang metodologi penelitian bidang konseling, Project-Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, khususnya metodologi penelitian kuantitatif bidang konseling, dengan Project-Based Learning mahasiswa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengerjakan tugas sesuai dengan project yang disiapkan sebelumnya.
Abstract:
The study objective was to increase the students’ activities and skills in mastering the research methodology in the field of counseling, especially the skills in formulating research problems, selecting theories relevant to the research problems, formulating research objectives, selecting research methods, selecting sampling techniques, and selecting data analysis techniques, and to improve the students’ learning outcomes in understanding the research methodology in the field of counseling. This study used classroom action research method in two cycles. The research subjects were 32 students of the sixth semester. The sampling technique used was purposive sampling. The results of the study indicated that; the students’ enthusiasm and activity increased with the application of Project-Based Learning method. the learning process using Project-Based Learning method could improve the students’ mastery about research methodology in the field of counseling, Project-Based Learning could improve the students’ learning outcomes, especially quantitative research methodology in the field of counseling, and with Project-Based Learning, the students got on hand-experience in doing assignments in accordance with the project prepared in advance.
Downloads
References
Anggara, S. A. (2017). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa. Arabi: Journal of Arabic Studies, 2(2), 186–196. Retrieved from http://journal.imla.or.id/index.php/arabi/article/download/57/25
Ardimen. (2016). Rekonstruksi Kinerja Pendidik melalui Pembelajaran dan Pelayanan Konseling Berbasis Riset. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(1), 165–180. Retrieved from http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/541
Ardimen. (2017). Improvement of Professional Competence in Writing Proposal of Candidate for Research Counselors. Islamic Counseling, 1(1), 63–94. Retrieved from http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=523751&val=10700&title=Peningkatan Kompetensi Profesional Calon Konselor dalam Menulis Proposal Penelitian
Ardimen, & Gustina. (2018). Penguatan Budaya Meneliti melalui Pembelajaran Berbasis Riset di Perguruan Tinggi. Jurnal Ta’dib, 21(2), 75–85. Retrieved from http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/download/1241/1078
Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2011). Bimbingan dan Konseling. (Y. Santoso, Ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gladding, S. T. (2012). Konseling: Profesi yang Menyeluruh. (Winarno & L. Yuwono, Eds.). Jakarta: Indeks.
Gumono. (2014). Profil Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar di Propinsi Bengkulu. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(3), 201–211. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/viewFile/528/519
Hartono. (2009). Bimbingan dan Konseling dalam Konteks Pendidikan Formal: Suatu Kajian Akademik. Jurnal PPB, 10(1), 1–14. Retrieved from http://karyailmiah.unipasby.ac.id/wp-content/uploads/2019/03/BIMBINGAN-DAN-KONSELING-DALAM-KONTEKS.pdf
Hidayat, D. R., & Badrujaman, A. (2009). Cara Mudah Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Trans Info Media.
Muslih, Y. N., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2017). Konseling Behavioral Menggunakan Teknik Kontrak Perilaku dengan Student’ Logbook untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 34–43. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/download/17432/8789
Nurhayati. (2013). Hubungan antara Motivasi dan Kemampuan Akademik dalam Proses Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Agama Islam Universitas Indonesia Timur. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 8(2), 171–178. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/download/1290/1251
Nurmina, & Hartati, N. (2017). Perilaku Plagiat Mahasiswa antara Niat dan Keterampilan Menulis. Jurnal RAP UNP, 8(2), 170–179. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/viewFile/9229/6949
Prahmana, R. C. I. (2015). Hubungan antara Keterampilan Meneliti dan Pembuatan Skripsi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Numeracy, 2(2), 115–122. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Rully_Prahmana/publication/303878045_HUBUNGAN_ANTARA_KETERAMPILAN_MENELITI_DAN_PEMBUATAN_SKRIPSI_MAHASISWA_PENDIDIKAN_MATEMATIKA/links/575a19f408aed884620b2eaa.pdf
Rais, M., & Ardhana, W. (2013). Project-Based Learning vs Pembelajaran dengan Metode Ekspositori dalam Menghasilkan Kemampuan Belajar Teori Perncangan Mesin. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, LP3 UM, 20(1), 33–44. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/download/3868/890
Rismen, S. (2015). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Penyelesaian Skripsi di Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumbar. Jurnal Lemma, 1(2), 57–62. Retrieved from http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/jurnal-lemma/article/viewFile/538/333
Suhartono. (2014). Pengaruh Kebiasaan Membaca, Kemampuan Berfikir Kritis, dan Penguasaan Struktur Sintaksis terhadap Keterampilan Menulis Ilmiah (Survey pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Bengkulu). Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 43–65. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/viewFile/515/490
Supriyadi. (2010). Model Belajar Learning Community untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, 17(1), 11–22. Retrieved from http://repository.ung.ac.id/get/karyailmiah/178/Model-Belajar-Learning-Community-untuk-Meningkatkan-Keterampilan-Menulis-Ilmiah-Mahasiswa.pdf
Thahir, A. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Sungguminasa. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 20(2), 188–201. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/viewFile/3968/3845
Tim Kurikulum dan Pembelajaran. (2014). Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Titu, M. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. In Prosiding Seminar Nasional (pp. 176–186). Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/33518660.pdf
Copyright (c) 2019 Ardimen . Ardimen, Rina Yulitri, Gustina Gustina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).