PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA KONEKSI MATEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita koneksi matematik siswa kelas VIII 1 MTs Negeri Model Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan tes kemampuan menyelesaikan soal cerita koneksi matematik. Subyek penelitian sebanyak 40 orang siswa kelas VIII-1 MTsN Model Makassar yaitu siswa perempuan berjumlah 19 dan siswa laki-laki 21 orang, serta objek penelitian yaitu kemampuan menyelesaikan soal cerita koneksi matematik. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan hasil; (1) keterlaksanaan model pembelajaran berdasarkan lembar observasi yaitu siklus I terdiri dari dua pertemuan kegiatan siswa berturut-turut yaitu 60% dan 80% dan untuk kegiatan guru berturut-turut adalah 80% dan 90%, serta siklus II terdiri dari dua pertemuan untuk kegiatan siswa berturut-turut adalah 90% dan 100% serta kegiatan guru berturut-turut adalah 100% dan 100%; (2) kemampuan menyelesaikan soal cerita koneksi matematik yang berhasil dicapai siswa dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle pada siklus I untuk indikator 1, indikator 2 dan indikator 3 berturut-turut ada sebesar 92,5%, 67,5%, dan 20%, serta siklus II banyak siswa yang berhasil mengalami peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita koneksi matematik yaitu indikator 1, indikator 2, dan indikator 3 berturut-turut ada sebesar 97,5%, 92,5%, dan 80%.
Abstract:
The study aimed at improving the ability to solve the mathematical connection story problems at class VIII 1 students of MTs Negeri Model Makassar. The study was a classroom action research consisting of 4 stages of planning, implementation, observation, and reflection. The actions were carried out in 2 cycles with each cycle consisting of 2 meetings. The data collection was done by observing, documenting, and testing the ability in solving the mathematical connection story problems. The subjects of the study were 40 students of class VIII-1 MTsN Model Makassar namely 19 female and 21 male students. The object of the research was the ability to solve the mathematical connection story problems. Based on the results of the data analysis, it was found out the results: (1) the implementation of the learning model based on the observation sheet in cycle I consisted of two consecutive student activity meetings of 60% and 80% and for teacher activity were 80% and 90, and cycle II consisted of two meetings for the student's successive activities were 90% and 100% as well as teacher activity in a row is 100% and 100%; (2) the ability to solve the mathematical connection story problems of the students using Learning Cycle model in cycle I for indicator 1, indicator 2 and indicator 3 respectively there are 92,5%, 67,5%, and 20%, and cycle II many students who succeeded in improving the ability to solve the problem of mathematical connection for indicator 1, indicator 2, and indicator 3 there were 97,5%, 92,5%, and 80% respectively.
Downloads
References
Angriani, A. D., Bernard, Nur, R., & Nurjawahirah. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write Pada Peserta Didik Kelas VIII1 MTs Model Makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 4(1), 11–28.
Barcelona, Panjaitan, Marlin. 2013. Kesulitan koneksi matematis siswa dalam penyelesaian soal pada materi lingkaran di SMP. FKIP Pontianak Universitas Tanjungpura.
Hendriana, Heris dan Soemarmo, Utari. 2014. Penilaian pembelajaran matematika. Bandung: Refika Aditama.
Khasanah, Ummi. 2015. Kesulitan menyelesaikan soal cerita matematika pada siswa SMP. FKIP Surakarta Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kusuma Dewi, Sari. 2014. Penerapan model polya untuk meningkatkan hasil belajar dala memecahkan soal cerita matematika siswa kelas V. PGSD Singaraja Universitas Pendidikan Ganesha.
Kusuma Listyotami, Mega. 2011. Upaya meningkatkan kemampuan koneksi matematik siswa kelas VII A SMPN 15 Yogyakarta melalui Model Pembelajaran Learning Cycle “5E”. FMIPA Yogyakarta Universitas Negeri Yogyakarta.
Paizaluddin dan Ermalinda. 2014. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Alfabeta.
Suharti, Darwis, M., & Anas, S. (2015). Pengaruh Pola Asuh Demokratis, Interaksi Sosial Teman Sebaya, Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN Se Kecamatan Manggala di Kota Makassar. Jurnal Daya Matematis, 3(1), 10–19.
Warsono, Hariyanto. 2014. Pembelajaran aktif (teori dan assesmen). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zaerani, S., Mardhiah, & Suharti. (2017). Pengaruh Penguasaan Konsep Teorema Pythagoras Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Balang-Balang. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 279–292.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).