INVESTIGASI MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD DI KECAMATAN SEKARBELA

  • Nur Aprilia Utami Universitas Negeri Yogyakarta
    (ID)
  • Muhammad Nur Wangid Yogyakarta States University
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan tujuan mengetahui sejauh mana kemampuan membaca siswa SD kelas 2 khususnya yang berada di kecamatan Sekarbela, Lombok, NTB. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini  berjumlah 6 orang guru dan 179 orang siswa dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara kepada guru, tes membaca dan penyebaran angket kepada siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan deskriptip kuantitatif dengan melihat persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa SD kelas II yang berada di Kecamatan Sekarbela, Lombok, NTB berdasarkan tes yang dilakukan rata-rata mencapai 59.49 % (kategori rendah) dan persentase rata-rata pengisian angket kemampuan membaca siswa mencapai hasil 57.04% (kategori rendah). Dari hal tersebut jelaslah jika kemampuan membaca siswa masih perlu ditingkatkan. 

Abstract:

This research is a survey research with the aim of knowing the extent of abilitiy of the 2nd grade elementary students especially in Sekarbela Sub-district, Lombok, NTB. This research involved 6 teachers and 179 students. The data were gained through observation, interview to the teachers, reading test and questionnaire distributed to the students. The data obtained were analyzed using quantitative descriptive by looking at the percentage. The result of the research revealed that the reading ability of the 2nd grade students of elementary school in Sekarbela Sub-district, Lombok, NTB. Based on the test, the average reached 59.49% and the average percentage of the questionnaire about the students’ reading ability reached 57.04%. Based these finding, it shows students’ reading skill needs to be improved.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nur Aprilia Utami, Universitas Negeri Yogyakarta
-

References

Akcay, A. (2017). A Research on Book Reading Habits of Turkish Teachers. Education and Training Studies, 5(10), 43–53. Retrieved from http://redfame.com/journal/index.php/jets/article/view/2609/2784

Alawiyah, A. R., Mulyana, E. H., & Apriliya, S. (2018). Model Inkaber sebagai Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 141–151. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/7246

Amin, M. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca Berbasis Permainan bagi Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar. KONFIKS: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 20–46. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/konfiks/article/view/1215

Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). Kebun Buah Learning Media for Early Childhood Counting Ability. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1–8. Retrieved from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/128

Bua, M. T., Santoso, A., & Hasanah, M. (2016). Analisis Minat Membaca Permulaan dengan Cerita Bergambar di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1749–1752. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6744

Doman, G., & Doman, J. (1994). How to Multiply Your Baby’s Intelligence. New York: Paragon press.

Dwiyanti, L., Khan, R. I., & Kurniawati, E. (2018). Development of Smart Adventure Games to Improve the Readiness of the Initial Ability of Reading, and Writing (CALIS) on Early Childhood. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 149–154. Retrieved from https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/91/76

Eberhard-Moscicka, A. K., Jost, L. B., Raith, M., & Maurer, U. (2015). Neurocognitive Mechanisms of Learning to Read: Print Tuning in Beginning Readers Related to Word-Reading Fluency and Semantics but Not Phonology. Developmental Science, 18(1), 106–118. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/24863157

Ernalis, Syahrudin, D., & Abidin, Y. (2016). Optimalisasi Penerapan Model Pembelajaran Reading Aloud with Comprehension (RAC) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Edu Humaniora, 7(1), 1–10. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/download/2783/1812

Goouch, K., & Lambirth, A. (2013). Teaching Early Reading and Phonis (Creative Approaches to Early Literacy). Chennai, India: SAGE.

Hasanudin, C. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Aplikasi Bamboomedia Bmgames Apps Pintar Membaca sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa SD Menghadapi MEA. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 1–12. Retrieved from http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/84

Hidayah, W. N., & Nawawi, A. (2017). Metode Suku Kata untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Peserta Didik Low Vision. JASSI ANAKKU, 18(2), 77–83. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/view/9701/5988

Jeffes, B. (2016). Raising the Reading Skills of Secondary-Age Students with Severe and Persistent Reading Difficulties: Evaluation of the Efficacy and Implementation of A Phonics-Based Intervention Programme. Educational Psychology in Practice Theory, Research and Practice in Educational Psychology, 32(1), 73–84. Retrieved from https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/02667363.2015.1111198

Mustikowati, D., Wijayanti, E., & Darmanto, J. (2016). Meningkatkan Semangat Membaca dan Menulis Siswa Sekolah Dasar dengan Permainan Kata Bersambut. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 39–42. Retrieved from http://jurnal.unublitar.ac.id/index.php/briliant/article/download/5/5

Rachmawaty, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Dinding Kata (Word Wall). INDRIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah Dan Sekolah Awal, 2(1), 28–44. Retrieved from http://journal.umpo.ac.id/index.php/indria/article/view/465

Rahman, B., & Haryanto. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Media Flashcard pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127–137. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2650

Reutzel, D. R., & Cooter, R. B. (2012). Teaching Chilidren to Read, the Teacher Makes the Differece. Boston: Pearson.

Rumidjan, Sumanto, & Badawi, A. (2017). Pengembangan Media Kartu Kata untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 62–68. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/viewFile/1331/697

Sumantri, M., Sudana, D. N., & P., I. B. E. Y. A. (2017). Penerapan Media Gambar dan Kartu Huruf untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 1(1), 1–10. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/11433/7329

Walker, K. E. (2015). Preschool Teachers’ Constructions of Early Reading. Texas Journal of Literacy Education, 3(2), 89–100. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1110948.pdf

Published
2019-06-21
How to Cite
Utami, N. A., & Wangid, M. N. (2019). INVESTIGASI MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS II SD DI KECAMATAN SEKARBELA. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 157-165. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n1i13
Section
Vol. 22 No 1
Abstract viewed = 1069 times