KAJIAN TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN BERBASIS INKLUSI SOSIAL DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN KOLAKA UTARA

  • Nasrullah Nasrullah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fauzan Hidayatullah Universitas Hasanuddin
    (ID)
  • Sri Ananda Saskia UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Asaz Akbar Universitas Muhammadiyah Buton
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan perpustakaan pada program inklusi sosial di Perpustakaan Daerah Kabupaten Kolaka Utara dan keterampilan apa yang berikan perpustakaan kepada masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti, pedoman wawancara, catatan observasi. Hasil penelitian yaitu setelah perpustakaan daerah Kabupaten Kolaka Utara bertransformasi menjadi perpustakaan berbasis inklusi sosial berhasil melaksanakan berbagai layanan dan melibatkan seluruh masyarakat. Layanan inklusi sosial yang dijalankan seperti bimbingan komputer, bimbingan bahasa inggris, bimbingan pemasaran produk, kolaborasi dengan sekolah dan perguruan tinggi, kolaborasi dengan komunitas pegiat literasi, bimbingan di bidang pertanian dan perikanan, bimbingan mengolah bahan pustaka, bimbingan sekolah relawan dan bekerjasama dengan perpustakaan desa. Adapun keterampilan perpustakaan dalam memberikan layanan inklusi sosial yaitu di bidang pendidikan, ekonomi dan inklusi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansori. Efektivitas Program Perpuseru Dalam Mengembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau. Paper Knowledge. Towar and Media History Documents, 49–58 (2015).
Istiqamah, Z. Analisis Sistem Layanan Informasi Dalam Pendayagunaan Koleksi Di Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. Jurnal Ilmu Perpustakaan (2021).
Khairunnisa. Strategi Pengembangan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Dalam Upaya Mewujudkan Masyarakat Literat (Studi Pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi). Ilmu Perpustakaan, 68(1), 1–12 (2020).
Komariah, N., Saepudin, E., & Rukmana, E. N. Pelayanan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di Perpustakaan Desa Jendela Dunia Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 17(1), 112–127 (2021).
Kurniasih, R. I., & Saefullah, R. S. Inklusi Sosial Sebagai Transformasi Layanan di Perpustakaan Daerah Karanganyar. : : Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 7(2), 149–160 (2021).
Ra’is, D. U. Peta Inklusi Sosial Dalam Regulasi Desa. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2),. 88 (2017).
Republik Indonesia. Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 (2007).
Sutarno, N. Perpustakaan dan Masyarakat. Perpustakaan dan Masyarakat Informasi. Vol 3(Vol 3, No. 2) (2006).
Triana, W. Indonesia Provinsi Sumatera Utara Dalam Program Inklusi Sosial Program Studi Ilmu Perpustakaan (2020).
Published
2024-03-31
How to Cite
Nasrullah, N., Hidayatullah, F., Saskia, S. A., & Akbar, A. (2024). KAJIAN TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN BERBASIS INKLUSI SOSIAL DI PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN KOLAKA UTARA. Literatify : Trends in Library Developments, 5(1), 70-84. https://doi.org/10.24252/literatify.v5i1.45683
Section
Artikel
Abstract viewed = 111 times