DIAGNOSA PENYAKIT TROPIS BERBASIS LOGIKA FUZZY DENGAN METODE SISTEM INFERENSI FUZZY MAMDANI MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0

  • Irwan Kasse Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Imran Hasanuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penanganan masalah penyakit tropis patut mendapat perhatian lebih. Permasalahan saat ini adalah penyebaran dokter spesialis yang belum merata di Indonesia. Petugas medis yang ada di daerah mungkin hanya mantri, bidan, atau dokter umum yang kurang ahli dalam menangani penyakit-penyakit khusus, sehingga perawatan dan pengobatan pasien kurang optimal. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mendapatkan hasil diagnosa penyakit tropis berbasis logika fuzzy dengan sistem inferensi fuzzy mamdani menggunakan aplikasi bahasa pemrograman Visual Basic 6.0. Metode yang digunakan adalah metode sistem inferensi fuzzy mamdani yang terdiri dari 4 tahap yaitu fuzzyfikasi, inferensi dengan menggunakan operator mean, komposisi dengan menggunakan operator max dan defuzzyfikasi menggunakan metode prinsip keanggotaan maksimum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil diagnosa penyakit tropis pada simulasi pasien terduga demam berdarah, tipes dan malaria berturut turut dengan resiko menderita penyakit adalah 38,33%, 41,67% dan 51,11%. 

Author Biographies

Irwan Kasse, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Program Studi matematika
Muhammad Imran Hasanuddin, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Progam Studi Matematika

References

Astri Limas Yulianty, M. Zen Samsono, Mike Yuliana, “Aplikasi Metode Binary Search Untuk Mendeteksi Penyakit Tropis

Soedarto DTMH, Penyakit – Penyakit Infeksi Di Indonesia, (Cet. IV ; Jakarta, 1996)

Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Profil Kesehatan Sulawesi Selatan 20008. Makassar: Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan,2008

T. Sutojo, Edy Mulyanto, Vincent Suhartono, Kecerdasan Buatan (Cet, 1; Yogyakarta: Penerbit Andi dan UDINUS Semarang, 2011)

Sri Kusumadewi, Sri Hartati, Agus harjoko, Retantyo Wardoyo, Fuzzy Multi Attribute Decision Making (Fuzzy MADM) (Cetakan Pertama; Yogyakarta: Graha ilmu, 2006)

Muhammad Syaukani, Hari kunanto, “Pemodelan Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Dengan Metode Fuzzy Weighted Product Untuk Diagnosis Penyakit Pneumonia”, Jurnal Teknologi, Volume 5 No 1 (2012): h.23.

Ika Kurnianti Ayuningtiyas, Fajar Saptono, Taufiq Hidayat, “Sistem Pendukung Keputusan Penanganan Kesehatan Balita Menggunakan Penalaran Fuzzy Mamdani”, Makalah ini disampaikan dalam Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007 (SNATI 2007).. Yogyakarta, 16 Juni 2007.

Rika Rosnelly, Retantyo Wardoyo, “Penerapan Fuzzy Multi Criteria Decision Making (FMCDM) Untuk Diagnosis Penyakit Tropis”. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Informatika 2011 (SemNasIF 2011).h 26. UPN Veteran Yogyakarta, 2 Juli 2011.

Published
2015-06-20
How to Cite
[1]
I. Kasse and M. Imran Hasanuddin, “DIAGNOSA PENYAKIT TROPIS BERBASIS LOGIKA FUZZY DENGAN METODE SISTEM INFERENSI FUZZY MAMDANI MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0”, MSA, vol. 3, no. 1, pp. 61 - 65, Jun. 2015.
Abstract viewed = 215 times

Most read articles by the same author(s)