BIAYA MINIMUM PADA PERENCANAAN PRODUKSI DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN UD. HAMING MAKASSAR DENGAN PROGRAM DINAMIK

  • Irwan Kasse Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Tenrianna Tenrianna Universitas Islam negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Artikel ini membahas tentang suatu teknik matematis yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan yang saling berhubungan. Teknik yang dimaksud ini adalah pemrograman dinamik dengan prosedur sistematis untuk menentukan kombinasi keputusan yang optimal. Metode program dinamik yang digunakan pada tulisan ini berfokus pada program dinamik probabilistik dengan pendekatan rekursif backward. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui total biaya minimum dengan menggunakan program dinamik pada perencanaan produksi dan pengendalian persediaan pada UD. Haming Meubel. Berdasarkan persamaan rekursif backward diperoleh peluang mendapatkan total biaya produksi minimum perusahaan sebesar Rp. 3.559.165.000 dalam jangka waktu 15 tahun adalah 6,7%.

Author Biographies

Irwan Kasse, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Program Studi matematika
Tenrianna Tenrianna, Universitas Islam negeri Alauddin Makassar
program Studi matematika

References

Aminuddin, Prinsip-prinsip Riset Operasi. Jakarta: Erlangga, 2005.

Hillier dan Lieberman, Introduction To Operations research, edisi 8. Yogyakarta: ANDI, 2005.

Pardi Affandi, Dewi A, Nur Salam, “Penerapan Teori Kendali Pada Masalah Program Dinamik”, Jurnal Matematika Murni dan Terapan, nomor.1 (Juni 2012: 27-37).

Pratiwi, Diana, Syaripuddin dan Haeruddin. “Perencanaan Produksi Menggunakan Model ARIMA dan Pengendalian Persediaan Menggunakan Program Dinamik untuk Meminimumkan Total Biaya” (Studi Kasus: Produksi Amplang UD. Usaha Devi), Jurnal EKSPONENSIAL, nomor. 1 (Mei 2013 ISSN 2085-7829).

Rangkuti, Aidawayati, Penerapan Model Dinamik Probabilistik Pada Produksi kendaraan Bermotor Dalam Negeri Tahun 2009-2013, Jurnal Matematika, Statistika Komputasi Vol. 8 No. 1 Juli 2011.

Ristono, Agus dan Puryani, Penelitian Operasional lanjut. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011

Published
2015-12-20
How to Cite
[1]
I. Kasse and T. Tenrianna, “BIAYA MINIMUM PADA PERENCANAAN PRODUKSI DAN PENGENDALIAN PERSEDIAAN UD. HAMING MAKASSAR DENGAN PROGRAM DINAMIK”, MSA, vol. 3, no. 2, pp. 25 - 33, Dec. 2015.
Abstract viewed = 761 times

Most read articles by the same author(s)