Penerapan Analisis Faktor dalam Menentukan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Memilih Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

  • Ermawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Wahidah Alwi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fifi Elpira Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Analisis Faktor, nilai eigen, Principal Component Analysis (PCA), Rotasi Varimax

Abstract

Jurusan Matematika merupakan salah satu jurusan yang memiliki banyak peminat, dilihat dari jumlah jumlah pendaftar pada penerimaan mahasiswa baru yangdari tahu ke tahun semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada mahasiswa Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Analisis Faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Faktor-faktor tersebut adalah keistimewaan dan fasilitas, Gedung perkuliahan dan Sosial, Promosi, kenyamanan, dan keadaan.

References

Ali Baroroh, Analisis Multivariat dan Time series dengan SPSS 21Jakarta : PT Elex Media Komputindo ,2013.
Al-hasanAbu Muqatil bin Sulaiman bin Basyir al-Azdi al-Balkhiyyi, Tafsir Muqatil bin Sulaiman. Dar Ihya’al-Turas. 1423
Daniel, Mueller. Measuring Social AttitudesLondon: Teacher College,Columbia University. 1982.
Dedi, pengertian Matematika. http://dedi26.blo gspot.com /2013/ap itu matematika.pengertian. html. (diakses 10 mei 2014).
Frederick, Brown. Principles of Education and Psychological Testing.New York : Holt, Rinehart and Winston. 1985.
Hanna, Deva Widyananto. Jurnal Property dan perdagangan sebagai sector dominan pada data bursa saham dengan menggunakan PCA.UKSW : Prosiding seminar nasional sains dan pendidikan. 2010.
Harahab,Novita.Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam menenpuh pendidikan.Medan : Tesis Program Paska Sarjana Ilmu Manajemen USU.
Jhonson, Richard, and Wichern.Applied Multivariate Statistical Analysisi, New Jersey: University of Wisconsin, Prentice Hall inc. 1982.
Kriswanto,Joni.AnalisisFaktor.http://jonikriswanto.blogspot.com/search/label/ analisis faktor.(diakses 16 mei 2014).
McDonald. Factor Analysis and Related MethodsHillsdale,NJ : Lawrence Erlbaum Associates publisher. 1985.
Novita.Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam menenpuh pendidikan pada politeknik LP3Medan :Universitas Sumatra Utara. 2004.
Purwaningsih,Anik. Penentuan rotasi yang sesuai dalam analisis faktor dengan analisis procrustes.Batan : Pusat Pengembangan dan Teknologi dan Komputasi.
Sulaiman bin Ahmad bin Ayyub bin Muthayyar lil Khumyi al-syam abu al-Qasim al-Thabrani, al-Mu’jam al-Ausat, kairoh: Dar al-Haramain.
Santoso, Singgih. Satistik Multivariat. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2014.
Supranto.Analysis Multivariat arti dan Interpretasi.Jakarta: PT RINEKA CIPTA. 2004.
Wijaya.Toni. Analisis multivariate.Yogyakarta : Universitas atmajaya. 2010.
W, Wiersma. Education Measurement and Testing. Boston: Allyn and Bacon , 1986.
Yusrisal.Jurnal Pengujian validitas konstruk dengan menggunakan analisis faktro.(UNIMED : 2008).
Published
2015-04-27
How to Cite
[1]
Ermawati, W. Alwi, and F. Elpira, “Penerapan Analisis Faktor dalam Menentukan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa dalam Memilih Jurusan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar”, MSA, vol. 3, no. 1, pp. 29 - 36, Apr. 2015.
Abstract viewed = 200 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>