Analisis Cluster Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan Berdasarkan Indikator Pendidikan dengan Metode Ward

  • Adiatma Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurul Fitrah
    (ID)

Abstract

Metode Ward merupakan prosedur pengelompokan yang menentukan jarak antar kelompok yang dibuat dengan menggunakan pendekatan analisis varians. Penelitian ini berupaya mengkategorikan kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2022 berdasarkan indikator terkait pendidikan. Menemukan cluster yang optimal semudah melihat data yang dikumpulkan dalam penelitian ini, dengan Indeks Dunn sebesar 0,4998659. Dari indeks tersebut terlihat bahwa cluster yang terbentuk dengan empat anggota menghasilkan indeks Dunn tertinggi dibandingkan dengan cluster yang terbentuk dengan jumlah individu berbeda pada kelompok Kabupaten/Kota. Cluster 1 beranggotakan empat orang, cluster 2 beranggotakan empat belas orang, cluster 3 beranggotakan lima orang, dan cluster 4 beranggotakan satu orang.

References

Baso, I. M., & Hasma, M. M. (2022). Statistik Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan 2022. Makassar: Badan Pusat Satistik Procinsi Sulawesi Selatan.

Berberian, K. S. (1961). Introduction to Hilbert Space. New York: Oxpord University Press.

Bulmer, M., & Carter, M. (1996). Integer Programming with Mathematica. USA: Inc. USA.

Bunkers, M. J., & JR, J. R. (1995). Definition of Climate Regions in the Northerm Plains Using and Objective Cluster Modification Technique. Journal of Climate.

Bychmann, J. A. (2000). Introduction to Cryptography. New York: Inc. USA.

Dwijanto. (1994). Analisis Real. Semarang: IKIP Semarang Press.

Fialine, A. P., Alodia, D. A., Endriani, D., & Widodo, E. (2021). Implementasi Metode K-Medoids Clustering untuk Pengelompokan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Indikator Pendidikan. Mathematics Education and Applied, 2.

Ginan, G. (2008). Teori Bilangan dalam Persamaan Diophantine Journal. Teknik Elektro dan Informatika.

Hasmira, Alwi, W., & Nurfadilah, K. (2023). Penentuan Cluster Hierarki Optimum dalam Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan dengan Indikator Kemiskinan. Jurnal Matematika dan Statistika serta Aplikasinya.

I, B. (2008, Mei 13). Groups DCS. Retrieved Mei 13, 2011, from Groups DCS Stand: http://www.group.dcs.stand.ac.uk

Imasdiani, Purnamasari, I., & Amijaya, F. D. (2022). Perbandingan Hasil Analisis Cluster dengan Menggunakan Metode Average Linkage dan Metode Ward (Studi Kasus : Kemiskinan Di Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2018). Eksponensial, 1.

Khoirunnisa, A., Wibowo, F. A., & Komstiani. (2021). Perbandingan Analisis Agglomerative Hierarchical Clustering Berdasarkan Indikator Pendidikan di Provinsi Jawa Barat. Prosiding Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 7.

Kreyzeq, E. (1978). Introduction Functional Analysis with Application. Canada: John Wiley & Son.

Maki, H. A., Gunawan, Sauri, S., & Handayani, S. (2022). Pola Hubungan Kebijakan dan Pembangunan Pendidikan dan Kebudayaan. Al-Qalam.

Monalisa, S. (2018). Klasterisasi Customer Lifetime Value dengan Model LFRM Menggunakan Algoritma K-Means. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK).

Nababan, T. P. (1992). Teorema Titik Tetap di Ruang Metrik dan Aplikasinya. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Raja, N. A. (2020). Implementasi Algoritma Centroid Linkage dan K-Medoids dalam Meegelompokkan Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan Berdasarkan Indikator Pendidikan.

Ramadani, R., & Salma, A. (2021). Metode Average Linkage dan Ward dalam Pengelompokan Kesejahteraan Sumatera Barat Tahun 2021. Mathematics UNP.

Retno, D., & Annisa. (2013). Perbandingan Metode Cluster Validity Pada, Skripsi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian .

Sari, D. N., & Sukestiyarno, Y. (2021). Analisis Cluster dengan Metode K-Means pada Persebaran Kasus COVID-19 Berdasarkan Provinsi di Indonesia. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Sudarmin, & Aidid, K. M. (2019). Perbandingan Analisis Cluster Metode Average Linkage dan Metode Ward (Kasus: IPM Provinsi Sulawesi Selatan). Journal of Statistics and Its Application on Teaching and Research.

Ulinnuh, N., & Veriani, R. (2020). Analisis Cluster dalam Pengelompokan Provinsi di Indonesia Berdasarkan Variabel Penyakit Menular Menggunakan Metode
Complete Linkage, Average Linkage dan Ward. Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan.

Waluyo, M. (2007). Teknik Analisis Data Multivriat dengan Structural Equation Modelling ( SEM ). TEKMAPRO Teknik Industri FTI UPNV Jatim.
Published
2024-07-12
How to Cite
[1]
Adiatma and Nurul Fitrah, “Analisis Cluster Untuk Pengelompokan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Selatan Berdasarkan Indikator Pendidikan dengan Metode Ward ”, MSA, vol. 12, no. 1, pp. 75-82, Jul. 2024.
Abstract viewed = 38 times