Analisis Sistem Antrian Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Barru

  • Wahidah Alwi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Adiatma Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Nurfadhilah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang antrian pelayanan perekaman pembuatan KTP elektronik pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Barru. Tujuan dari penelitian ini dengan model antrian Multi Channel Single Phase ialah untuk mengetahui bagaimana optimalisasi sistem antrian dan ukuran kinerja sistem pada layanan perekaman pembuatan KTP elektronik pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Barru.  Sistem antrian Multi Channel Single Phase digunakan karena hanya terdapat satu jenis pelayanan dan terdapat beberapa fasilitas pelayanan dalam sistem antrian tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran kinerja selama lima hari diperoleh tingkat efisiensi kinerja dari ukuran steady state dengan nilai 𝜌 < 1 yang artinya kondisi steady state terpenuhi. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian ini, pelayanan perekaman pembuatan KTP elektronik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Barru sudah optimal.

References

[1] J. Wospkrik, Hans. 1991. Teori dan Soal-Soal Operations Research. Jakarta: Erlangga.
[2] Silaban, Desy C. 2014. Analisis Kinerja Sistem Antrian M/M/1. Vol 7 No.3.
[3] Siswanto. 2007. Operation Research Jilid II. Jakarta: Erlangga.
[4] Wahyu K, Andreas. 2017. Riset Operasi. Yogyakarta: Instiper Yogyakarta.
[5] Rangkuti, Aidawayati. 2019. 7 Model Riset Operasi & Aplikasinya. Surabaya: Firstbox Media.
[6] Sismetha, Riska., Marisi Aritonang dan Mariatul kiftiah. 2017. Analisis Model Distribusi Jumlah Kedatangan dan Waktu Pelayanan Pasien Instalasi Rawat jalan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Anugerah Bunda Khatulistiwa Pontianak. Vol 6 No.1.
[7] Qomariyah, Nurul., Shantika Martha dan Siti Aprizkiyandari. 2020. Analisis Model Antrian Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pontianak. Vol 9 No.3.
[8] Sinaga, Riana. 2015. Analisis Sistem Antrian Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung: Studi pada Loket Pelayanan Pencatatan dan Penerbitan Akta Kelahiran Bayi Berumur 0-60 Hari. Vol 19 No.2.
[9] Meflinda, Astuti dan Mahyarni. 2011. Operations Research (Riset Operasi). Pekan Baru: UR PRESS.
[10] Iman, Masfuhurrizqi., dkk. 2014. Penentuan Model dan Pengukuran Kinerja Sistem Pelayanan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Layanan Tembalang. Vol 3 No.4.
[11] Anisah, Siti., Sugito dan Suparti. 2015. Analisis Antrian dalam Optimalisasi Sistem pelayanan Kereta Api di Stasiun Purwosari dan Solo Balapan. Vol 4 No.3.
[12] Sari, Nia Puspita., dkk. 2016. Penerapan Teori Antrian pada Pelayanan Teller Bank X Kantor Cabang Pembantu Puri Sentra Niaga. Vol 6 No.1.
Published
2023-08-24
How to Cite
[1]
Wahidah Alwi, Adiatma, and Andi Nurfadhilah, “Analisis Sistem Antrian Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Barru ”, MSA, vol. 11, no. 1, pp. 133-140, Aug. 2023.
Abstract viewed = 185 times