PENGARUH PERAN GANDA TERHADAP KEJADIAN STRES KERJA PADA GURU WANITA SELAMA MASA PANDEMI COVID 19

  • Fatmawaty Mallapiang
    (ID)
  • Wardah UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nildawati
    (ID)
  • Azriful Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Stres kerja merupakan masalah umum yang terjadi pada masyarakat akibat pekerjaan, salah satunya adalah guru sekolah dasar. Secara biologis guru wanita sangat berisiko terhadap stres, karena wanita secara sosial juga dituntut untuk mampu mengorganisir tugas dalam satu waktu, sehingga ini merupakan salah satu sumber stres kerja bagi seorang guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran ganda terhadap kejadian stres kerja pada guru wanita selama masa pandemi covid 19. Desain penelitian yang digunakan yaitu mix method Study yaitu penelitian kuantitaif dan kualitatif. Deskriptif kuantitatif untuk melihat karakteristik responden dan tingkat stres sedangkan analisis kualitatif untuk melihat bagaimana peran ganda  terhadap kejadian stres kerja pada guru Wanita.  Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 32 guru Wanita  sekolah dasar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari 32 orang yang berpartisipasi, terdapat 1 orang dengan stres  kategori rendah, 27 orang (84,4%), stres kategori sedang dan 4 orang (12,5%) dengan stres kategori tinggi. Hasil wawancara memperlihatkan bahwa peran ganda, suasana lingkungan kerja selama masa pandemi Covid-19 menjadi sumber stres kerja guru wanita sekolah dasar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-06-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 319 times