PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENGELOLAAN TATA RUANG WILAYAH KABUPATEN BULUKUMBA DALAM PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYAH

  • Ninda Angraini H Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Safriani Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Pengelolaan, Peran Pemerintah Daerah, Tata Ruang, Siyasah Syar’iyyah

Abstrak

Pemerintah daerah kabupaten dan kota diberikan kewenangan dalam penyelenggaraan penataan ruang meliputi pengaturan, pembinaan, pengawasan terhadap pelaksanaan penataan ruang wilayah kabupaten/kota dan kawasan strategis kabupaten dan kota. Penelitian ini berujuan untuk mengetahui bagaimana peran Pemerintah Kabupaten Bulukumba dalam Pengelolaan Tata Ruang Wilyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan normatif dan syar’i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pemerintah dalam pengelolaan penataan ruang dilakukan melalui fungsi koordinasi, penyusunan program dan pelaksanaannya, menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan tehnik bidang perencanaan penataan ruang wilayah kabupaten dan kawasan strategi kabupaten, mengadakan pengaturan, pengawasan terhadap pelaksanaan  penataan ruang,  melakukan  pembinanaan, serta  mengadakan  kerja  sama antar daerah dalam pengelolaan tata ruang.  Dalam  sejarah  pemerintahan Islam,  konsep penataan wilayah dimulai sejak Rasulullah dan para sahabatnya hijrah ke Madinah, dan  kehadiran Rasulullah secara perlahan mengubah Madinah menjadi pusat peradaban, perdagangan, pendidikan,serta pemerintahan yang sebelumnya Madinah hanya sebuah wilayah yang menjadi perlintasan para pedagang.

Referensi

Jurnal

Safriani, Andi. “Urgensi Pengaturan Ruang Terbuka Hijau Berdasarkan Undang-Undang N0. 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.” Jurisprudentie 2, no. 2 (2015).

Syam, Rusdinamin dan Usman Jafar. “Peran Pemerintah Kabupaten Gowa Dalam Pelestarian Lingkungan Perspektif Siyasah Syar’iyyah”. Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 3 (2020).

Yanti, Arisda dan Rahmiati. “Pengelolaan Bumdes dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Kalebentang Kabupaten Takalar.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 1, no. 3 (2020).

Buku

Rahmiati. Terampil Menulis Karya Ilmiah. Makassar: Alauddin University Press, 2012.

Simanjuntak, Bungaran Antonius. Dampak Otonomi Daerah di Indonesia: merangkai sejarah politik dan Pemerintahan Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. 2013.

Wahid, Yunus. Pengantar Hukum Tata Ruang. Jakarta: Prenadamedia Grup. 2016.

Website

Aska, Nursyam. Pengembangan dan Perencanaan Wilayah dan Kota (PPWK) dalam Perspektif Islam. Diakses tanggal 30 agustus 2020. https://uin-alauddin.ac.id/tulisan/detail/pengembangan-dan-perencanaan-wilayah-dan-kota-ppwk-dalam-presfektif-islam

Diterbitkan
2022-05-29
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 71 times