Pengaruh Iklan Online dan Harga terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening pada Konsumen Tokopedia di Kota Makassar
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk menganalisis pengaruh iklan online terhadap keputusan pembelian. Kedua, untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian. Ketiga, untuk menganalisis pengaruh iklan online terhadap minat beli. Keempat, untuk menganalisis pengaruh harga terhadap minat beli. Kelima, untuk menganalisis pengaruh minat beli terhadap keputusan pembelian. Keenam, untuk menganalisis pengaruh iklan online terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening. Ketujuh, untuk menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probabilitas dengan jumlah sampel sebanyak 105 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan bantuan smartPLS versi 3.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, iklan online berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kedua, harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Ketiga, iklan online berpengaruh positif dan signnifikan terhadap minat beli. Keempat, harga berpengaruh positif dan signnifikan terhadap minat beli. Kelima, minat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Keenam, iklan online berpengaruh positif dan signnifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening. Ketujuh, harga berpengaruh positif dan signnifikan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening.
Kata Kunci: Iklan Online, Harga, Keputusan Pembelian, Minat Beli