MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MEDIA GAMBAR

  • Uswatun Hasanah Universitas Jember
    (ID)
  • Singgih Bektiarso Universitas Jember
    (ID)
  • Sudarti Universitas Jember
    (ID)

Abstract

This study aims to determine the effect of the science process skills approach and picture media on the interest and learning outcomes of physics class XI students at SMAN 1 Gambiran.  This type of research is quantitative with a confirmatory causal research design.  The number of samples used was 160 respondents from all XI MIPA classes. Data collection techniques through interviews, documentation and questionnaires.  Data analysis used descriptive analysis techniques and SEM analysis.  Based on the research results, it is known that the science process skills approach affects interest in learning, science process skills affect learning outcomes with a significant level of 10%, Picture media has an effect on interest and learning outcomes. So from this research it is hoped that teachers can apply and improve science process skills and picture media to increase student interest and learning outcomes

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinugraha, F. 2018. Pendekatan Keterampilan Proses Sains dalam Bentuk Proyek Karya Ilmiah untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Dinamika Pendidikan. 11(1): 14-29.
Agustina, P., A. Saputra, dan A. Y. Clara . 2018. Hubungan Keterampilan Proses Sains dengan Hasil Belajar Mahasiswa Calon Guru Biologi pada Matakuliah Praktikum Anatomi Hewan Tahun Akademik 2017/2018. SNPS. 1 (1): 66-73.
Akbar, A. A., dan Tarman. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 1 (1): 40-48.
Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilam Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta: DEPDIKNAS.
Choiruhi, I., S. Bektiarso, Sudarti. 2020. Analisis Penerapan Pendekatan Scientific Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 5(1): 29-35.
Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta
Fakinah, I., E. N. Taib, dan E. Agustina. 2018. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XII Mas Darul Aitami Aceh Selatan. Prosiding Seminar Nasional Biotik. 6(1): 735-741.
Hanna, D., Sutarto, A. Harijanto. 2016. Model Pembelajaran Tema Konsep Disertai Media Gambar pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5(1): 23-29.
Indrawati. 2010. Model-model Pembelajaran Pembelajaran Fisika. Jember: FKIP Universitas Jember.
Kline, R. B. 2005. Principles and Practice of Structural Equation Modeling (2nd Edition ed). New York: The Guilford Press,
Krismiyati. 2017. Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office. 3 (1): 43-50.
Markawi, N. 2017. Pengaruh Keterampilan Proses Sains, Penalaran, dan Pemecahan Masalah terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif. 3(1) : 11-25.
Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mustari, M. 2015. Pengaruh penggunaan media gambar lewat komputer terhadap hasil belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fsika. 4 (2): 269-280.
Pujiningrum, L., S. Admoko. 2017. Penerapan Model Pembelajaan Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Materi Getaran Harmonik di MAN Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). 6 (3):203-208.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Metaputri, N. K., dan N. N. Garminah. 2016. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Minat Belajar terhadap Keterampilan Proses Sains pada Siswa kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 4(1): 89-97.
Ramayulis. 2018. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 2 ( 2): 214-222.
Safitri, A., Kabiba. 2020. Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Ranomeeto. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. 2 (1):24-3.
Soemitro, R. H. 1990. Metodologi Penelitian Hukum dan Jurimetri. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sudjana, N. 2005. Media Pengajaran. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Triatno. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Untari, Esti. 2017. Problematika dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Sekolah Dasar di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. 3(1): 259-270.
Winarni, E. W. 2011. Penelitian Pendidikan. Bengkulu: FKIP UNIB.
Published
2022-03-23
How to Cite
Hasanah, U., Bektiarso, S., & Sudarti. (2022). MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MEDIA GAMBAR. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 10(1), 49-55. https://doi.org/10.24252/jpf.v10i1.27775
Section
Articles
Abstract viewed = 276 times