Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Sumber Belajar Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

  • Anggi Wulan Sekar Tanjung Universitas Jember
    (ID)
  • Singgih Bektiarso Universitas Jember
    (ID)
  • Albertus Djoko Lesmono Universitas Jember
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang dihasilkan dari penggunaan model pembelajaran berbasis masalah yang disertai dengan sumber belajar lingkungan terhadap hasil belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Posttes-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 4 Jember tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini terpilih dua kelas yang dijadikan sebagai sampel penelitian yaitu XI IPA 3 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis masalah disertai belajar sumber lingkungan terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran berbasis masalah disertai belajar sumber lingkungan terhadap kemampuan berfikir kritis siswa SMA

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. D. P. Nasional, “Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional,” 2003.

D. Ahmatika, “Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan inquiry/discovery,” Euclid, vol. 3, no. 1, 2016.

A. R. Permata, M. Muslim, and I. Suyana, “Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi momentum dan impuls,” in Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 2019, vol. 8, pp. SNF2019-PE.

M. Arif and M. Hayudiyani, “Identifikasi kemampuan berpikir kritis siswa kelas x tkj ditinjau dari kemampuan awal dan jenis kelamin siswa di smkn 1 kamal,” J. Ilm. Edutic Pendidik. dan Inform., vol. 4, no. 1, pp. 20–27, 2017.

R. Abdulrozzak, “Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2016.

A. R. M. Ilmi and E. Puspita, “Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik SMA Pada Era Pembelajaran Tatap Muka Terbatas,” J. Rekayasa, Teknol. dan Sains, vol. 6, no. 1, pp. 1–4, 2022.

K. N. Karyawati, I. W. Suja, and A. Sudiatmika, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA,” J. Pendidik. dan Pembelajaran IPA Indones., vol. 12, no. 3, pp. 129–139, 2022.

W. Novriani, “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Negeri 87 Kota Bengkulu.” UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2022.

A. Nirwana and I. Wilujeng, “Pengaruh Pembelajaran IPA Model Problem Based Learning Berbantuan Diagram Vee Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMP,” Phys. Sci. Educ. J., pp. 8–15, 2021.

A. E. Alzianina, C. Caswita, and S. H. Noer, “Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa,” J. Pendidik. Mat. Univ. LAMPUNG, vol. 4, no. 2, 2016.

L. Pramuji, A. Permanasari, and D. Ardianto, “Multimedia interaktif berbasis stem pada konsep pencemaran lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa,” JSEP (Journal Sci. Educ. Pract., vol. 2, no. 1, pp. 1–15, 2020.

Published
2023-01-15
How to Cite
Wulan Sekar Tanjung, A., Bektiarso, S., & Djoko Lesmono, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Sumber Belajar Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 67-75. https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.35163
Section
Articles
Abstract viewed = 639 times