PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOORATIF TIPE WORD SQUARE BERBASIS LARI ESTAFET TERHADAP HASIL BELAJAR

  • Hasni Hasni
  • Muhammad Yusuf Hidayat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Designs yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran hasil belajar fisika yang diajar dengan model pembelajaran word square berbasis lari estafet, (2) Gambaran hasil belajar peserta didik yang tidak diajar dengan model pembelajaran word square berbasis lari estafet, dan (3) Perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif  word square berbasis lari estafet dan  pembelajaran langsung pada kelas IX SMP Negeri 2 Parigi.. Desain penelitian ini yaitu  The Matching Only Post-Test Control Group Design. Populasi  penelitian berjumlah 47 orang dan sampel penelitian berjumlah 28 orang. Berdasarkan hasil analisis statistik menunjukkan bahwa thitung sebesar 1,315 dan ttabel sebesar 2,05 sehingga thitung < ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif word square berbasis lari estafet dan yang diajar dengan pembelajaran langsung pada kelas IX SMP Negeri 2 Parigi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Huda Mohamad Saiful, dan Wahyu

Kurniawati 2016, ’Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Word Square ditinjau dari Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Sonosewu Sonopakis Ngestiharjo Kasihan Bantul tahun Ajaran 2016/2017’ Universitas PGRI Yogyakarta .

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani, 2016,

Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena, Jakarta.

Majid, Abdul, 2014, Strategi Pembelajaran,

PT Remaja Rosdakarya, Bandung. Muriana, Alit Dwa GD,2014, Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Desa Tista,Universitas PendidikanGanesha. Vol. 2 No.1.

Rusyan, Tabrani, 2006, Kunci Sukses

Belajar, PT Sinergi Pustaka Indonesia. Bandung.

Sihhatul, Faizah, 2012, Studi Komparasi

Metode Scrambel dan Metode Word Square dalam Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MI NU Maslakul Huda Jekulo Kudus, STAIN KUDUS.

Sudjana, Nana dan Ibrahim, 2009,

Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algensindo, Bandung.

Sukandheni, Luh Putu, I Nengah Suadnyana

dan DB. Kt. Ngr. Semara Putra, 2014, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Gugus Budi Utomo Denpasar Timur,Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 No. 1.

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad,

, Belajar dengan Pendekatan Pailkem, PT Bumi Aksara, Jakarta.

Wisahati, Aan Sunjata, dan Teguh Santosa,

, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan, Jakarta.

Yaumi, Muhammad, 2012, Desain

Pembelajaran Efektif, UIN Alauddin Press, Makassar.

Published
2017-03-01
How to Cite
Hasni, H., & Hidayat, M. Y. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOORATIF TIPE WORD SQUARE BERBASIS LARI ESTAFET TERHADAP HASIL BELAJAR. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(1), 39-44. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i1.2968
Section
volume 5 Nomor 1, 2017
Abstract viewed = 1021 times