Perbandingan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Berbasis Lari Estafet dan Pembelajaran Langsung

  • Jusman Jusman prodi pendidikan madrasah ibtidaiyah, fakultas tarbiyah dan keguruan,UIN Alauddin Makassar.
  • Hasni Hasni UIN Alauddin Makassar.
  • Hajeriati Hajeriati UIN Alauddin Makassar.
  • Pertiwi Pertiwi UIN Alauddin Makassar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif  word square berbasis lari estafet dan  pembelajaran langsung pada kelas IX SMP Negeri 2 Parigi Kab. Gowa. Varibel penelitian yaitu model pembelajaran kooperatif word square  berbasis lari estafet, pembelajaran langsung, dan hasil belajar. Populasi penelitian yaitu Kelas  IX  SMP Negeri 2 Parigi dengan tekhnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak kelas/random kelas dengan teknik macthing. instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes hasil belajar fisika dan lembar observasi dengan tekhnik analisis yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. hasil penelitian menunjukkan Rata-rata atau mean adalah jumlah semua  nilai dalam suatu sebaran dibagi dengan jumlah kasus, dalam hal ini nilai  rata-rata yang diperoleh adalah 76,67 pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif word square berbasis lari estafet (kelas eksperimen) pada materi listrik statis sedang pada kelas dengan menggunakan model pembelajaran langsung (kelas pembanding) diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 71,54. Pada analisis inferensial menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas pembanding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. Pembelajaran Kreatif dan Inovatif . Jakarta: Publisher. 2009.

Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.

Fraenkel, Jack R. dan Norman E.Wallen. How To Design and Evaluasi Recearch In

Education. New York : Mc-Graw-Hill. 2009.

Gafur Abdul. Desain Pembelajaran (Konsep, Model dan Aplikasinya dalam

Perencanaan Pembelajaran). Yogyakarta: Ombak. 2012.

Huda Mohamad Saiful, dan Wahyu Kurniawati ’Keefektifan Penggunaan Model

Pembelajaran Kooperatif Word Square ditinjau dari Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Sonosewu Sonopakis Ngestiharjo Kasihan Bantultahun Ajaran 2016/2017’( Universitas PGRI Yogyakarta) (2016). Tidak diterbitkan.

Husdarta dan Yudha M. Saputra. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani

dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta. 2013.

Irianto, Sugeng Yuli dan Wasi. Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTS Kelas IX.

Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas. 2009.

Iskandar , Syaifuddin. Materi Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Universitas

Samawa. 2008.

Kementerian Agama RI. Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahnya. Bandung: Syaamil

Quran. 2007.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran

Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena. 2016.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2014.

Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Mudlofir, Ali. Pendidik Profesional (Konsep, Strategi dan Aplikasinya dalam

Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jakarta: Raja Grafindo

Persada. 2014.

Muriana, Alit Dwa GD, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Desa Tista’ (Universitas Pendidikan Ganesha).(2014). Diterbitkan.

Purwanto. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011.

Puspita, Daina dan Iip Rohina. Ipa Terpadu Alam Sekitar untuk Smp /Mts Kelas IX.

Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas. 2009.

Rahman , Ulfani. Nuansa Baru Psikologi Belajar. Makassar: UIN Press. 2013.

Retnawati, Heri. Validitas Reabilitas dan Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.2016.

Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafindo Persada. 2014.

Rusyan, Tabrani. Kunci Sukses Belajar. Bandung: PT Sinergi Pustaka Indonesia.

Sartika, Lola, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Word Square Yang Diawali Tugas Rumah Berupa Ringkasan Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 1 IX Koto Sungai Lasi Kab. Solok’ (Universitas Bung Hatta). (2012) Tidak diterbitkan.

Sihhatul, Faizah. ‘Studi Komparasi Metode Scrambel dan Metode Word Square

dalam Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MI NU Maslakul Huda Jekulo Kudus’(STAIN KUDUS). (2012). Tidak diterbitkan.

Soedijanto. Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita. Jakarta: Kompas Media

Nusantara. 2008.

Subana, Sudrajat. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia. 2001.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya. 2008.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar

Baru Algensindo. 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukandheni, Luh Putu, I Nengah Suadnyana dan DB. Kt. Ngr. Semara

Putra.’Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Gugus Budi Utomo Denpasar Timur’.(Universitas Pendidikan Ganesha)(2014) Diterbitkan

Tiro, Muhammad Arif. Dasar-Dasar Statistika Edisi Ketiga. Makassar: Andira

Publisher. 2008.

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. Belajar dengan Pendekatan Pailkem.

Jakarta: PT Bumi Aksara. 2014.

Wisahati, Aan Sunjata, dan Teguh Santosa. Pendidikan Jasmani Olahraga dan

Kesehatan. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan. 2010.

Yaumi, Muhammad. Desain Pembelajaran Efektif. Makassar: UIN Alauddin Press.

Published
2021-10-31
How to Cite
Jusman, J., Hasni, H., Hajeriati, H., & Pertiwi, P. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Berbasis Lari Estafet dan Pembelajaran Langsung. Al-Khazini: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 145-154. https://doi.org/10.24252/al-khazini.v1i2.24246
Section
Artikel
Abstract viewed = 211 times