Perbandingan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Berbasis Lari Estafet dan Pembelajaran Langsung
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif word square berbasis lari estafet dan pembelajaran langsung pada kelas IX SMP Negeri 2 Parigi Kab. Gowa. Varibel penelitian yaitu model pembelajaran kooperatif word square berbasis lari estafet, pembelajaran langsung, dan hasil belajar. Populasi penelitian yaitu Kelas IX SMP Negeri 2 Parigi dengan tekhnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak kelas/random kelas dengan teknik macthing. instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes hasil belajar fisika dan lembar observasi dengan tekhnik analisis yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. hasil penelitian menunjukkan Rata-rata atau mean adalah jumlah semua nilai dalam suatu sebaran dibagi dengan jumlah kasus, dalam hal ini nilai rata-rata yang diperoleh adalah 76,67 pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif word square berbasis lari estafet (kelas eksperimen) pada materi listrik statis sedang pada kelas dengan menggunakan model pembelajaran langsung (kelas pembanding) diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 71,54. Pada analisis inferensial menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas pembanding.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Daryanto. Pembelajaran Kreatif dan Inovatif . Jakarta: Publisher. 2009.
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.
Fraenkel, Jack R. dan Norman E.Wallen. How To Design and Evaluasi Recearch In
Education. New York : Mc-Graw-Hill. 2009.
Gafur Abdul. Desain Pembelajaran (Konsep, Model dan Aplikasinya dalam
Perencanaan Pembelajaran). Yogyakarta: Ombak. 2012.
Huda Mohamad Saiful, dan Wahyu Kurniawati ’Keefektifan Penggunaan Model
Pembelajaran Kooperatif Word Square ditinjau dari Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Sonosewu Sonopakis Ngestiharjo Kasihan Bantultahun Ajaran 2016/2017’( Universitas PGRI Yogyakarta) (2016). Tidak diterbitkan.
Husdarta dan Yudha M. Saputra. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani
dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta. 2013.
Irianto, Sugeng Yuli dan Wasi. Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTS Kelas IX.
Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas. 2009.
Iskandar , Syaifuddin. Materi Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran. Universitas
Samawa. 2008.
Kementerian Agama RI. Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahnya. Bandung: Syaamil
Quran. 2007.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran
Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena. 2016.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2014.
Mardalis. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Mudlofir, Ali. Pendidik Profesional (Konsep, Strategi dan Aplikasinya dalam
Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jakarta: Raja Grafindo
Persada. 2014.
Muriana, Alit Dwa GD, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Word Square terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Desa Tista’ (Universitas Pendidikan Ganesha).(2014). Diterbitkan.
Purwanto. Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011.
Puspita, Daina dan Iip Rohina. Ipa Terpadu Alam Sekitar untuk Smp /Mts Kelas IX.
Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas. 2009.
Rahman , Ulfani. Nuansa Baru Psikologi Belajar. Makassar: UIN Press. 2013.
Retnawati, Heri. Validitas Reabilitas dan Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.2016.
Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafindo Persada. 2014.
Rusyan, Tabrani. Kunci Sukses Belajar. Bandung: PT Sinergi Pustaka Indonesia.
Sartika, Lola, ‘Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Word Square Yang Diawali Tugas Rumah Berupa Ringkasan Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 1 IX Koto Sungai Lasi Kab. Solok’ (Universitas Bung Hatta). (2012) Tidak diterbitkan.
Sihhatul, Faizah. ‘Studi Komparasi Metode Scrambel dan Metode Word Square
dalam Meningkatkan Keterampilan Problem Solving Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MI NU Maslakul Huda Jekulo Kudus’(STAIN KUDUS). (2012). Tidak diterbitkan.
Soedijanto. Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita. Jakarta: Kompas Media
Nusantara. 2008.
Subana, Sudrajat. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia. 2001.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
Rosdakarya. 2008.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar
Baru Algensindo. 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukandheni, Luh Putu, I Nengah Suadnyana dan DB. Kt. Ngr. Semara
Putra.’Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Word Square Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Gugus Budi Utomo Denpasar Timur’.(Universitas Pendidikan Ganesha)(2014) Diterbitkan
Tiro, Muhammad Arif. Dasar-Dasar Statistika Edisi Ketiga. Makassar: Andira
Publisher. 2008.
Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. Belajar dengan Pendekatan Pailkem.
Jakarta: PT Bumi Aksara. 2014.
Wisahati, Aan Sunjata, dan Teguh Santosa. Pendidikan Jasmani Olahraga dan
Kesehatan. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan. 2010.
Yaumi, Muhammad. Desain Pembelajaran Efektif. Makassar: UIN Alauddin Press.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]