PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP
Abstract
The research aims to find out the differences in increasing conceptual understanding. students who are taught and not taught use the quantum teaching model assisted by a video-based contextual laboratory. The type of research used is a quasi-experimental research, using Matching pretest-posttest control group design. The results showed that the Quantum Teaching learning model using the Video Based Contextual Laboratory had an effect on the understanding of physics concepts for students.
Downloads
References
Alice, dkk. 2020.”Efektivitas Penggunaan Model Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Jurnal of Education Technology. Vol.4 No.2 hlm. 96-102.
Amaliyah, dkk. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR terhadap Hasil Belajar”. Indonesian Jurnal of Science and Mathematics Education. Vol.2 No.3 hlm.372-379.
Anggereni,Santih. dkk. 2019. “Perbandingan Pengetahuan Prosedural Menggunkan Model Discovery Terbimbing Dengan Model Inquiry Terbimbing”. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol.7.No.2. hlm 156-161.
Ary Y. & A. Sobandi. 2016. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol.1 No.1 hlm. 11-18.
Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Astuti, dkk. 2018. “Penggunaan Video Based Laboratory (VBL) dalam Menentukan Nilai Modulus Elastisitas Penggaris Aluminium”. Unnes Physics Education Journal. Vol. 7. No.1:h.91-96.
Asyafah,A. 2019. “Menimbang model pembelajaran” . Indonesian Journal of Islamic Education.Vol.6 No.1, hlm.19-32.
Budi,K.& Sahat, S. 2013. “Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Fisika”.Jurnal Tekhnologi Pendidikan. Vol.6 No.2 .hlm 133-140..
Dedy dkk. 2012 . “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas Viii Di Smp Negeri 7 Kota Bengkulu”. Jurnal Exacta. Vol. X No. 1, hlm. 82.
DePorter Bobby, dkk. 2000. Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Bandung : Kaifa PT Mizan Pustaka.
Dina Yuliati,dkk. 2014. “Pengaruh Model Quantum Teaching and Learning dengan Pemanfaatan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri di Gugus XI Kecamatan Buleleng”. E-Jurnal mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesa Jurusan PGSD. Vol.2 No.1. Hlm 1-11.
Elisa,dkk. 2017. “Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Dan Aktivitas Mahapeserta didik Melalui Phet Simulation”. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran. Vol.1 No.1.. Hlm.15-20.
Fahrudhin, dkk. 2018. “Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 1. No.1: hlm.14-20.
Hanafy, Muh. Sain. 2017. Model Pembelajaran. Watampone: Syahadah.
Hikmawati, F. 2017. Metodologi Penelitian. Depok:PT.Raja Grafindo.
Ikasmayanti, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe TANDUR Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “lensa”. Vol.3 No. 2 hlm.282-287.
Kevin, H.T & Frely S.A. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kuantum (Quantum Teaching) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar” Jurnal Pendidikan Progresif. Vol.5. No.1. hlm. 83-102.
Nurcholis, Ahmad. 2013. “Pembelajaran Quantum Teaching dalam Perspektif Al-Quran”. Vol XXVIII. No.3. Hlm. 389-400.
Nurdyansyah dan Eni, F.F. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Teaching Center.
Nurul Siki, dkk. 2021. “Karakteristik Keefektivan Quantum Teaching dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Renjana Pendidikan Dasar. Vol.1 No.2 hlm.85-89.
Parwati, Nyoman dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran, Edisi 1. Depok: Rajawali Pers.
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ramli, Muhammad. 2012. Media dan Tekhnologi Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.
Retnawati, Heri. 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parayama Publishing.
Robet. 2013. “Pembuatan Materi Belajar Dengan Pendekatan Video-Based Teachi2ng”. Jurnal Time. Vol II. No.2: h.39-41.
Rohani. 2019. “Media Pembelajaran”. Diktat. Sumatera Utara: Fakultas Tarbiyah dan Keg2uruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Rusman. 22016. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.
Setiono, 2dkk. “Problem Based Teaching Dalam Pembelajaran Fisika Menggunakan Simulation Based Laboratory (Sbl) Dan Video Based Laboratory (Vbl)”. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika.h.25-36.
Simak, E.Y.F. “Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP.hlm.1-11.
Soenarto, Sunaryo. 2012. “Media Pembelajaran Tekhnologi dan Kejuruan”. Diktat. Yogyakarta: Fakultas Tekhnik Universitas Negeri Yogyakarta.
Sudjana. Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja.
Sundari. 2015. “Model-Model pembelajaran dan pemerolehan bahasa kedua/asing” .Jurnal pujangga. Vol.1 No.2, hlm.109.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methodes). Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta:PEDAGOGIA.
Tawil, M dan Dadi R. 2011. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Simulasi Komputer Pada Topik Superposisi Gelombang Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa” JSPF Vol.7 No.2 hlm. 108-119.
Tayeb, Tamrin. 2017. “Analasis dan Manfaat Model Pembelajaran”.Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol.4 No.2. .hlm.48-55.
Wiwin, S. & Tri, N.H.Y. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Getasan”. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online). Vol.2 No. 1 hlm.148-159.
Yasa, I Made Ari Mertha. 2012. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Guided Inquiry Labs Dan Individual Guided Inquiry Labs Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta didik ditinjau dari Gaya Kognitif”. Jurnal IPA Undiksha”.hlm 1-16.
Yuliani, dkk. 2018. “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Kelas Viii Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran Koopearatif Tipe Group Investigation”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.2. No.2 : h.91-100.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.